6 Barang ini Tak Perlu Anda Beli, Uangnya Bisa untuk DP Rumah!

Wahyu ArdiyantoSeptember 5, 2017

Ada banyak cara untuk memiliki rumah idaman

RumahCom – Ada banyak cara untuk memiliki rumah idaman, salah satunya dengan mulai melakukan tinjauan ulang tentang barang yang kita beli sehari-hari. Meskipun terkesan kecil dan sepele, namun beberapa barang sekali pakai ini seringkali kita beli dalam jumlah yang lumayan besar sehingga lumayan menyedot porsi bujet belanja bulanan.

(Baca juga: Pembeli Rumah Pertama Harus Tahu 8 Hal ini!)

Padahal jika berhenti dibeli, Anda jadi bisa berhemat dan meningkatkan jumlah tabungan untuk uang muka pembelian rumah, loh! Tidak percaya? Simak daftar belanjaannya berikut ini.

1. Minuman Kemasan

Membeli minuman kemasan botol dianggap sebagai pengeluaran yang kurang penting. Baik dalam bentuk soda, kopi, teh, maupun air mineral. Minuman tersebut mengandung pengawet dan pemanis yang tinggi dan tentunya menimbulkan sampah plastik.

Rata-rata harga minuman kemasan botol antara Rp3 ribu sampai Rp10 ribu. Bayangkan jika tiap hari Anda membeli sebotol dan dikalikan 1 bulan. Berapa yang bisa Anda hemat?

Minimalisir hal tersebut dengan membawa air di botol isi ulang dari rumah. Pembelian galon air minum kemasan juga bisa dihindari dengan cara membeli alat pemurni air yang menyaring air keran menjadi air siap minum.

2. Pengharum Ruangan

Pengharum ruangan mengandung bahan kimia yang berbahaya apabila terkena kontak langsung dengan anak-anak. Harganya yang cukup mahal, mulai dari Rp10 ribu – Rp35 ribu perbulan untuk satu pewangi.

Daripada membeli pewangi ruangan sekali pakai, Anda bisa menghilangkan bau tak sedap di ruangan dengan bahan alami. Misalnya menggunakan bubuk kopi yang diletakkan di wadah mangkuk lucu atau dibungkus dan digantung pada sudut lemari.

3. Produk Pembersih

Ketika bersih-bersih rumah, seperti mengepel lantai, mengelap kaca dan perabot Anda mungkin terbiasa menggunakan produk pembersih kemasan. Padahal kandungan bahan kimianya bisa merusak permukaan perabot jika digunakan terus menerus.

Produk pembersih di pasaran berkisar antara Rp10 ribu hingga Rp50 ribuan. Bayangkan penghematan yang bisa Anda lakukan jika membuat bahan pembersih sendiri?

Ya, buat sendiri bahan pembersih dengan mencampurkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1 dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk wewangian.

4. Popok Sekali Pakai

Saat ini, popok yang bisa dipakai ulang atau dikenal dengan clodi (clothing diaper) menjadi tren di kalangan orang tua baru, menggantikan popok sekali pakai. Pasalnya, selain ramah lingkungan dan ekonomis, penggunaan clodi terbukti minim resiko alergi pada kulit bayi.

Pilih jenis clodi dari bahan dan harga yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Dekorasi Pesta

Ada beberapa momen penting dalam hidup ini yang membuat Anda ingin merayakannya dengan pesta. Misalnya ulang tahun, pertunangan, ataupun kelahiran buah hati.

Akan tetapi, membeli dekorasi pesta dengan harga yang mahal tentu saja merupakan sikap pemborosan. Agar lebih berkesan, sebaiknya buat dekorasi yang sederhana dan dibuat dengan tangan sendiri.

6. Koran, Majalah dan Buku

Di era digital seperti saat ini segala sesuatu bisa Anda unduh secara online, loh! Tidak hanya musik, namun juga yang berhubungan dengan dunia informasi seperti majalah, koran, dan tabloid.

Bahkan jika Anda nyaman membaca lewat layar gawai, tidak ada salahnya membeli buku digital atau ebook ketimbang membeli buku fisik. Tentunya lebih praktis dan hemat biaya.

Cara berhemat seperti ini tentunya dapat membantu Anda agar lebh cepat punya rumah. Cek di sini untuk pilihan rumah jika bujet Anda di bawah Rp200 juta! 

Isnaini Khoirunisa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

5 Tips Cepat Punya DP Rumah untuk Fresh Graduate

RumahCom - Setelah lulus kuliah, ini saatnya Anda memasuki realitas kehidupan. Hidup tak lagi disokong orang tua tentu harus waspada.Di usia pekerja baru seperti ini, meski sudah memiliki penghasilan

Lanjutkan membacaAgustus 4, 2017

Hobi Ini Bantu Anda Mengumpulkan Modal DP Rumah

RumahCom - Namanya juga baru mulai kerja, rasanya nggak mungkin, deh, jika langsung sanggup mengumpulkan modal untuk membeli rumah. Kata-kata tersebut kerap ada di dalam benak Anda jika orangtua atau

Lanjutkan membacaAgustus 31, 2017

Cara Gampang Bikin Dapur Rumah Tipe 45 Lebih Lapang

RumahCom - Rumah dengan luas bangunan hanya 45 meter persei jelas memiliki keterbatasan ruang. Hampir setiap ruangnya berukuran sangat mungil, termasuk dapur.Ukuran dapur cenderung tak lebih dari 2x3

Lanjutkan membacaSeptember 4, 2017

Rumah 140 Jutaan Tawarkan Diskon Menggiurkan Saat Tengah Malam!

RumahCom – Rumah.com Property Show akan segera dibuka pada Rabu, 6 September 2017 di ICE BSD, Tangerang, Banten. Ajang yang akan berlangsung selama lima hari ini sangat ditunggu oleh para pencari pr

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2017

Masukan