Rumah Rp600 Jutaan di Depok Naik Pesat

Boy LeonardSeptember 17, 2017

Harga rumah tapak di Depok mengalami kenaikan cukup signifikan pada kuartal kedua 2017, setelah sebelumnya terkoreksi tajam.

RumahCom – Harga rumah tapak di Depok mengalami kenaikan cukup signifikan pada kuartal kedua 2017, setelah sebelumnya terkoreksi tajam.

Rumah.com Property Index menunjukkan bahwa harga rumah di Depok di bawah Rp600 juta pada kuartal kedua (Q2) 2017 berada pada harga Rp5.900.000/m2 atau naik 4,29% secara quarter-on-quarter (q-o-q). Kenaikan ini mengindikasikan pemulihan setelah pada kuartal sebelumnya (Q1) mengalami penurunan hingga 5,48% secara (q-o-q).

Garis tren jangka panjang menunjukkan harga rumah di kategori ini sedang turun. Secara year-on-year (y-o-y), harga rumah di bawah Rp600 juta di Depok mencapai 2,8 %.

Sementara itu, volume suplai rumah di bawah Rp600 juta di Depok stagnan cenderung mengalami penurunan sebesar 0,9% Q2 2017 (q-t-q).

(Simak juga: Apartemen Depok Capai Rp16 juta/m2)

Suplai rumah di bawah Rp600 jutaan cenderung menurun karena kecenderungan harga properti di Depok mengalami peningkatan pesat. Apalagi, Pemerintah Kota Depok mengeluarkan peraturan penetapan luas tanah minimal, yakni 120m2.

“Peraturan ini sebenarnya banyak diprotes oleh pengembang, namun Pemkot Depok mengambil keputusan ini untuk menjaga keseimbangan kawasan. Seperti kita tahu, Depok sekarang sudah mulai padat,” ujar Country Manager Rumah.com, Wasudewan.

“Kawasan Depok sebenarnya lebih banyak menyerap pasar kelas menengah namun dengan luas lahan 120m2, pengembang kesulitan memasang harga yang sesuai untuk kelas menengah,” tambah Wasu.

Hunian di bawah Rp600 juta berupa stok lama atau proyek lama yang disetujui sebelum keluarnya peraturan penetapan luas lahan, atau hunian baru yang berada di perbatasan Depok-Bogor, seperti Sawangan dan Pondok Rajeg, dengan harga lahan yang masih terjangkau.

Berdasarkan listing perumahan baru Rumah.com, perumahan baru di Depok yang berada dekat pusat kota (Margonda dan sekitarnya) dibandrol mulai Rp800 juta, seperti di Cipayung Royale Residence.

(Simak juga: Panduan Harga Properti Terkini)

Sementara rumah yang dibandrol di bawah Rp600 juta berada di sekitar Sawangan atau kawasan lain yang berbatasan dengan Bogor, seperti Agathis Residence, yang dibandrol mulai Rp500 jutaan.

“Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai detail sebuah perumahan, termasuk akses tol terdekat, stasiun, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hingga analisis harganya di Review Properti Rumah.com,” Wasu menutup.

Tertarik mencari rumah di Depok? Lihat pilihannya di sini dengan harga di bawah 600 jutaan!

Boy Leonard

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengembang BUMN Wajib Sediakan Apartemen MBR

RumahCom – Kebutuhan akan hunian yang terjangkau tiap hari makin bertambah. Di satu sisi, pemain yang tergerak untuk mengembangkan tempat tinggal bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) relatif

Lanjutkan membacaSeptember 12, 2017

67% Masyarakat Indonesia Puas dengan Tren Harga Properti

RumahCom – Berdasarkan hasil survei yang dirilis Rumah.com Property Affordability Sentiment Index 2017, sebanyak 63% responden mengaku puas dengan kondisi pasar properti Indonesia pada semester 1 20

Lanjutkan membacaSeptember 15, 2017

Defisit 11 Juta Rumah, Ini Saat yang Tepat Investasi Properti

RumahCom - Sektor properti Indonesia belum juga menunjukkan gairahnya dalam beberapa tahun terakhir. Industri properti Indonesia bergairah adalah pada tahun 2016 lalu.Namun CEO Lippo Group James Riady

Lanjutkan membacaSeptember 16, 2017

Masukan