Tak Ada Garasi Tak Boleh Punya Mobil. Ini Cara Bikin Garasi Minimalis

Fathia AzkiaSeptember 18, 2017

RumahCom – Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan aturan setiap pemilik mobil harus memiliki garasi menuai pro dan kontra.

Regulasi tersebut sebenarnya telah tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Transportasi, Pasal 140 yang mengatakan:

  1. Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.
  2. Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor dilarang menyimpan kendaraan bermotor di ruang milik jalan.
  3. Setiap orang atau badan usaha yang akan membeli kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari kelurahan setempat.
  4. Surat bukti kepemilikan garasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menjadi syarat penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.
  5. Ketentuan lebih lanjut mengenai kepemilikan kendaraan bermotor diatur dengan peraturan gubernur.

Baca juga: Begini Cara Cari Uang dari Garasi Rumah Anda!

Menurut Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, seseorang yang hendak membeli kendaraan roda empat namun tidak memiliki garasi, maka Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tidak akan diterbitkan.

“Kalau seseorang tidak bisa tunjukkan bukti garasi, maka STNK-nya tidak bisa diproses, tidak bisa atas nama dia,” katanya seperti dikutip Liputan6.

Andaikata aturan tersebut resmi diberlakukan, maka ada baiknya Anda segera menyulap lahan kosong di depan rumah menjadi garasi. Tidak perlu berukuran besar, garasi minimalis saja rasanya sudah cukup. Contek panduannya berikut ini.

Lihat juga: Pilihan Rumah Rp400 Jutaan Bagi Peserta BPJS-TK

Luas lahan

Tentukan luas lahan yang akan dibangun untuk garasi. Luas garasi tentunya harus lebih lebar dan lebih panjang sekurang-kurangnya satu meter dari ukuran kendaraan yang akan diparkir. Hal ini penting sehingga Anda lebih mudah memarkir mobil dan mobil dapat diparkir dengan nyaman.

Letak garasi

Pikirkan letak garasi di rumah. Pilih lokasi yang memudahkan mobil untuk masuk dan keluar. Anda juga harus memperhatikan arah dan arus kendaraan di jalan yang berbatasan dengan garasi Anda.

Pintu garasi

Ada banyak jenis pintu yang bisa diaplikasikan untuk garasi. Untuk garasi berdesain minimalis, Anda bisa memilih jenis pintu garasi dengan metode lipat, tipe besi yang bisa didorong ke samping, dan pintu dengan sistem ditarik ke atas (rolling door).

Rak penyimpanan

Lengkapi garasi dengan rak penyimpanan. Rak bisa digunakan untuk menyimpan perkakas atau alat-alat montir kebutuhan mobil. Agar garasi tetap rapi dan tak tampak berantakan, pertimbangkan untuk memiliki satu hingga dua storage.

Beruntungnya, rumah baru yang berada dalam area klaster sudah pasti dibekali garasi atau carport yang mampu menampung satu bahkan dua mobil. Tertarik punya rumah baru harga Rp500 juta dengan garasi minimalis? Klik pilihannya di sini.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Cara Unik ‘Mengawinkan’ Garasi dengan Desain Rumah

RumahCom  - Untuk rancangan rumah masa kini, terutama yang terletak di daerah perkotaan, garasi (carport) sudah menjadi salah satu kebutuhan. Ruang untuk menaruh mobil hampir selalu harus ada, mengin

Lanjutkan membacaApril 15, 2016

Agar Garasi Rapi, Ini Triknya!

RumahCom - Garasi seharusnya menjadi tempat memarkir mobil dan kendaraan lainnya di rumah. Akan tetapi, karena ruangannya cukup luas, banyak penghuni yang pada akhirnya membuat ruangan ini menjadi tam

Lanjutkan membacaJuni 2, 2016

Langkah Tepat Hilangkan Tumpahan Oli di Garasi

RumahCom - Lantai garasi rumah sering kali kotor dengan tumpahan minyak atau oli dari mobil yang terparkir. Apalagi jika lantai garasi rumah Anda tidak menggunakan keramik, melainkan permukaan yang ka

Lanjutkan membacaJanuari 18, 2017

Ini Akibatnya Kalau Garasi Dibiarkan Kotor

RumahCom - Dibandingkan bagian rumah lainnya, garasi sering menjadi wilayah yang paling kotor. Anda hanya menggunakannya sebagai ‘kamar’ kendaraan dan sering meletakkan barang yang jarang digunaka

Lanjutkan membacaJuli 13, 2017

Nyaman Berkendara Dimulai dari Rumah

RumahCom - Selain rumah atau kamar, kendaraan terutama mobil menjadi area yang paling sering Anda tempati. Bayangkan, setiap hari Anda bisa menghabiskan waktu lebih dari satu jam untuk menuju dan pula

Lanjutkan membacaJuli 18, 2017

Masukan