Trik Seputar Dapur yang Harus Anda Tahu

Wahyu ArdiyantoSeptember 18, 2017

rahasia dapur yang membuat Anda makin betah

RumahCom – Bukan zamannya lagi dapur kotor akibat cipratan minyak, sisa bahan makanan, atau sisa makanan. Rumah-rumah modern sekarang sebisa mungkin menciptakan dan menjaga dapur tetap bersih dan nyaman, sehingga dapat digunakan untuk sarapan atau saat makan bersama.

(Baca juga: Inilah Barang-barang Dapur yang Banyak Kumannya!)

Nah, agar betah berlama-lama di dapur sekaligus makin lihai dalam membuat menu yang enak, berikut adalah rahasia dapur yang harus Anda tahu!

1. Cara menyimpan daging agar tidak menimbulkan bau amis

Saat akan menyimpan daging di dalam kulkas, potong-potonglah daging sesuai dengan yang akan dikonsumsi. Lalu, masukkan ke dalam plastik kedap udara dan simpan di dalam freezer. Sebisa mungkin suhu kulkas tidak lebih dari 4 derajat Celcius. Hal ini juga berlaku dalam menyimpan ikan.

2. Mencegah bau kulkas

Meski tidak digunakan untuk menyimpan daging, kulkas kerap berbau tak sedap. Hal ini bisa disebabkan oleh sisa makanan yang membusuk, suhu kulkas yang kurang dingin, atau ada kebocoran di dalam kulkas.

Selain Anda harus memperbaikinya—jika memang ada kebocoran—hal lain yang bisa dilakukan adalah menyimpan vanila atau teh di dalam kulkas. Aroma tak sedap dari kulkas akan diserap oleh teh atau vanila tersebut.

3. Menghilangkan bau ikan di dapur

Bau amis yang ditimbulkan saat memasak ikan biasanya akan memenuhi dapur. Untuk mengatasinya, geprek kayu manis hingga aromanya menyeruak, lalu panaskan di atas wajan.

Biarkan aroma kayu manis yang segar memenuhi ruangan dapur Anda. Atau cara lainnya adalah merebus serai hingga mendidih dan biarkan aromanya menyebar di penjuru ruangan.

4. Menghilangkan rasa panas setelah memegang cabai

Usai memasak makanan pedas seperti yang menggunakan cabai atau lada, tangan cenderung ikutan panas.

Untuk mengatasinya, cuci tangan Anda dengan sabun cuci piring, setelah itu benamkan tangan yang sudah dikeringkan ke dalam beras untuk beberapa saat hingga panasnya mereda.

5. Mencuci sayuran

Beberapa jenis sayuran hijau terutama kangkung memiliki rongga yang memudahkan tanah masuk ke dalamnya. Bukan hanya tanah, kadang ulat pun ada di dalam rongga tersebut. Mencucinya sebentar belum tentu membuat kangkung benar-benar bersih.

Untuk membersihkannya, rendamlah kangkung di dalam air garam selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih yang mengalir.

6. Cara menyimpan sayur di kulkas

Sayur, bawang, atau bumbu lainnya sebaiknya tidak disimpan di dalam plastik kresek ketika disimpan di dalam kulkas. Bagian luas plastik akan berembun yang jika menetes ke permukaan sayur akan membuat sayur mudah busuk. Letakkan sayur tanpa perlu dibungkus plastik di dalam kulkas.

7. Menghilangkan bau amis dari peralatan makan

Seafood memang enak, masalahnya aroma yang ditinggalkannya di peralatan makan sangat susah dihilangkan. Peras jeruk nipis lalu campurkan dengan baking soda dan gosokkan ke permukaan peralatan makan Anda. Bilas dengan air bersih lalu cuci kembali dengan sabun cuci piring.

8. Mencegah pasta lengket di panci

Saat merebus pasta, kadang beberapa bagiannya menempel pada dasar panci, terutama jika Anda jarang mengaduknya. Biasakan untuk menambahkan mentega atau minyak zaitun ke dalam air yang ada di dalam panci yang digunakan untuk merebus pasta.

Itulah tips yang bisa bikin Anda betah di dapur. Cek di sini untuk pilihan hunian yang nyaman agar Anda juga betah di rumah dengan harga mulai dari Rp200 jutaan!

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Menata Dapur Anti Sumpek

RumahCom - Dengan banyaknya tutorial memasak yang beredar di internet, belajar memasak pun menjadi lebih mudah. Bagi keluarga muda, terutama para istri, memasak sendiri menu baru menjadi sebuah 'prest

Lanjutkan membacaAgustus 14, 2017

Tips Menata Dapur Sempit agar Terasa Lega

RumahCom – Dapur menjadi salah satu ruangan di rumah yang identik dengan kesan berantakan dan sempit. Pasalnya ruangan ini menjadi tempat beraktivitas seperti meracik makanan yang melibatkan bumbu d

Lanjutkan membacaAgustus 31, 2017

Cara Gampang Bikin Dapur Rumah Tipe 45 Lebih Lapang

RumahCom - Rumah dengan luas bangunan hanya 45 meter persei jelas memiliki keterbatasan ruang. Hampir setiap ruangnya berukuran sangat mungil, termasuk dapur.Ukuran dapur cenderung tak lebih dari 2x3

Lanjutkan membacaSeptember 4, 2017

Inilah 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Merenovasi Dapur

RumahCom – Apakah Anda tengah berencana untuk merenovasi dapur dalam waktu dekat? Dapur adalah salah satu ruangan penting dalam rumah. Beberapa orang mendandani dapurnya supaya lebih betah memasak d

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2017

Masukan