Ini Alasan Mengapa Milenial Harus Segera Cicil Rumah

Wahyu ArdiyantoSeptember 20, 2017

penting untuk segera mencicil rumah

RumahCom – Di antara Anda semua jika ditanya kapan punya rumah, pasti masih banyak yang menjawab: “Nanti saja setelah menikah!” Atau ada pula yang mengajukan alasan baru akan punya rumah jika berhasil mencapai posisi tertentu di karirnya.

(Baca juga: Tips agar Gaul Lancar, Cicilan KPR Lancar)

Padahal mencicil rumah sebaiknya jangan ditunda. Sebaiknya begitu Anda settled dengan pekerjaan, itulah saatnya Anda harus segera mulai mencari rumah impian. Dan ini alasan lain mengapa Anda harus segera cicil rumah.

1. Harga rumah yang cenderung meningkat

Bukan rahasia lagi jika harga properti selalu bertambah setiap tahunnya. Jika Anda menunggu hingga usia tertentu untuk mulai membeli rumah, tentunya di saat Anda mencapai usia tersebut maka harga rumah sudah selangit. Bahkan Anda belum tentu mampu membayar cicilannya.

2. Lahan yang makin sempit

Tak hanya harganya yang terus naik, lahan untuk perumahan di kota besar tentunya makin menyusut seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk.

Jika tak segera mencari rumah yang lokasinya sesuai dengan keinginan Anda, bisa-bisa Anda mendapatkan rumah yang lokasinya superjauh, bahkan Anda keburu lelah duluan untuk mencapainya.

3. Jangka waktunya lebih fleksibel

Bayangkan jika Anda baru mulai membeli rumah di usia 40 tahun. Mengingat usia produktif Anda hanya tersisa 15 tahun lagi, Anda pun tak bisa mengambil jangka waktu KPR yang lama, sesegera mungkin harus dilunasi.

Padahal, jika Anda mulai mengajukan KPR di usia 20-an, kemungkinan bank akan lebih cepat menyetujuinya dan Anda bisa mengambil waktu cicilan yang panjang sehingga cicilan bulanannya tak terlalu membebankan.

4. Umur masih produktif

Serius, deh, di usia muda, Anda akan lebih semangat mencari tambahan penghasilan dibandingkan memasuki usia paruh baya nantinya. Pasalnya, semangat Anda masih membara, dan tenaga pun masih kuat.

Menjalani beberapa pekerjaan sekaligus pun masih sanggup dilakukan, sehingga Anda masih bisa mencari berbagai pemasukan untuk mencicil biaya KPR. Sambil menjalani pekerjaan rutin, Anda pun dapat membuka usaha sampingan. Misalnya usaha yang dilakukan secara online.

5. Bebas utang lebih cepat

Lebih cepat mencicil KPR, lebih cepat pula Anda menyelesaikan cicilannya. Jika cicilan selesai di saat usia Anda belum terlalu lanjut, Anda masih punya waktu untuk mengalokasikan dana yang tadinya untuk KPR menjadi dana lainnya.

Misalnya, digunakan untuk traveling bersama keluarga. Anda pun akan lega lebih cepat karena sudah bebas utang.

Jadi kapan Anda mau ambil rumah? Cek di sini untuk aneka pilihan perumahan dengan harga di bawah Rp200 juta!

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Syarat dan Keuntungan Cicil Rumah Subsidi Lewat BPJS

RumahCom - Antusiasme masyarakat dalam memiliki hunian, terutama untuk hunian pertama, begitu tinggi, mendorong Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) untuk ikut terjun memfasili

Lanjutkan membacaApril 6, 2017

Mau Cicil Rumah Dengan Bunga Rendah? Pakai BPJS Saja!

RumahCom - Fasilitas Pembiayaan Perumahan Pekerja (FP3) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJS-TK) diminati banyak orang. Fasilitas ini bisa digunakan oleh peserta yang belum perna

Lanjutkan membacaApril 7, 2017

Bisakah Cicil Rumah Tanpa DP?

RumahCom – Permasalahan klasik yang hingga kini masih dianggap sebagai batu sandungan bagi pencari properti adalah uang muka atau down payment (DP). Meski Bank Indonesia telah mengecilkan persentase

Lanjutkan membacaJuli 17, 2017

Hindari 7 Hal ini agar Pengajuan KPR Anda Tidak Ditolak

RumahCom – Pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kerap membuat pemohon merasa harap-harap cemas. Pasalnya, kemungkinan untuk ditolak cukup besar jika belum memiliki pengalaman sebelumnya. Padahal p

Lanjutkan membacaSeptember 19, 2017

Masukan