Gaya Baru untuk Padu Padan Furnitur Kayu

Wahyu ArdiyantoSeptember 22, 2017

Furnitur kayu memiliki pesona yang luar biasa

RumahCom – Furnitur kayu faktanya memang punya pesona yang luar biasa dalam menghias sebuah ruang. Asalkan Anda cerdik memadupadankan dengan elemen lain, furnitur kayu akan menciptakan kesan klasik sekaligus elegan.

(Baca juga: Kiat Merawat Furnitur Kayu di Musim Hujan)

Selain itu, karakteristiknya yang khas juga akan membuat ruangan terlihat jadi berbeda. Tapi jangan menganggap bahwa furnitur kayu hanya bisa diterapkan untuk tema tradisional saja. Pasalnya, furnitur kayu bisa juga kok bersanding apik dengan ruang yang modern dan kekinian.

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat furnitur kayu terlihat lebih memukau.

1. Pilih warna cat yang sesuai

Warna cat dinding memiliki fungsi tersendiri dalam sebuah ruangan. Misalnya warna putih yang berfungsi untuk menambah kesan luas, warna cokelat memberikan kesan hangat, warna abu-abu memberikan kesan modern, atau cat berwarna biru yang memberikan kesan sejuk.

Warna cat dinding pada sebuah ruang akan memberikan pengaruh besar pada tampilan ruang secara keseluruhan. Sementara perlu Anda ingat bahwa tidak semua warna cocok dipadankan dengan furnitur kayu.

Karena itu, jika Anda memiliki furnitur kayu, pikirkan dahulu warna cat yang cocok untuk dipadankan dengan furnitur kayu yang umumnya berwarna cokelat. Warna putih, krem, broken white, kuning, salem, merupakan beberapa pilihan warna yang cocok dipadupadankan dengan furnitur kayu.

2. Padukan dengan kain yang sesuai

Kain yang dimaksud dalam hal ini adalah seluruh unsur bermaterial kain di dalam hunian Anda. Misalnya, gorden, taplak meja, sprei, dan sarung bantal sofa. Furnitur kayu akan tampak lebih hidup jika dipadankan dengan kain bermotif.

Anda dapat memilih motif batik, floral, abstrak, kotak-kotak, atau atau motif lain yang unik. Jika furnitur kayu berada di ruang keluarga, jangan lupa menambahkan alas karpet untuk membuatnya semakin hidup. Anda bisa memilih jenis karpet tebal berbahan bulu untuk menciptakan kesan elegan dan mewah.

3. Perkuat unsur tradisional dengan ornamen kayu

Furnitur kayu identik dengan kesan tradisional. Karena itu, jangan tanggung-tanggung dalam menciptakan nuansa tradisional yang sudah tercipta dengan sendirinya. Perkuat kesan tradisional dengan menambahkan beragam ornamen kayu lain di sekitarnya.

Misalnya, skulptur dari kayu, lukisan dinding, atau hiasan meja dari kayu. Anda juga bisa memajang oleh-oleh traveling khas Indonesia. Meski sederhana, keberadaan ornamen-ornamen kayu ini dapat memperkuat kesan tradisional yang ingin ditampilkan.

Selain cocok diaplikasikan pada rumah bergaya tradisional, furnitur kayu juga tampak elegan jika diterapkan pada hunian bergaya minimalis. Dan untuk pilihan hunian bergaya minimalis dengan harga mulai dari Rp300 jutaan, cek di sini aneka pilihannya!

Dian Probowati

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Padu Padankan Warna Merah di Rumah ala Feng Shui

RumahCom - Menurut feng shui, warna merah merupakan bagian dari elemen api. Warna ini mencerminkan lambang kehangatan, kegembiraan, dan gairah. Sama halnya dengan diri Anda, rumah pun juga memerlukan

Lanjutkan membacaFebruari 1, 2016

Panduan Jitu untuk Mengecat Furnitur Kayu

RumahCom – Tampilan furnitur yang itu-itu saja terkadang membuat tampilan ruangan jadi terasa membosankan. Padahal ada cara yang bisa membuatnya agar nampak seperti baru atau terlihat berbeda. Caran

Lanjutkan membacaJuni 14, 2017

Bingung Padu Padan Warna di Rumah? Nih, Panduan Fengsuinya!

RumahCom - Fengsui memang selalu dihubungkan dengan penataan hunian, termasuk soal warna. Keindahan sebuah hunian tentu tak lepas dari keserasian dan kombinasi warna cat yang digunakan untuk dekorasi

Lanjutkan membacaJuli 5, 2017

Cara Mudah Perbaiki Furnitur Kayu MDF yang Rusak

RumahCom – Furnitur yang terbuat dari material kayu partikel atau MDF board menjadi pilihan paling ekonomis bagi banyak orang ketika ingin menghias rumah dengan perabot kayu. Meski murah meriah saya

Lanjutkan membacaJuli 16, 2017

Masukan