Kiat Agar Kucing Kesayangan Tidak Buang Kotoran Sembarangan

Wahyu ArdiyantoSeptember 24, 2017

ketahui penyebab mereka buang air sembarangan

RumahCom – Kucing adalah hewan peliharaan yang bisa jadi teman kecil yang ramah dan menggemaskan untuk dipelihara di rumah. Namun jika belum dilatih, hewan berbulu ini bisa mengeluarkan kotoran di sembarang tempat.

(Baca juga: Cara Bersihkan Bulu Kucing dan Anjing di Rumah)

Tempat yang nyaman dan hangat seperti karpet atau sofa biasanya akan menjadi sasaran mereka. Sementara bau kotoran yang kuat bisa membuat Anda menjadi jijik atau kewalahan membersihkannya.

Untuk mencegahnya, tentu Anda harus melatih mereka untuk buang air dan kotoran di tempat yang sudah disediakan. Namun pertama-tama Anda harus mengetahui penyebab mereka buang air sembarangan.

Sebab ada beberapa kucing terlatih yang tetap membuang kotoran sembarangan karena mereka memiliki kondisi yang kurang sehat. Namun ada pula yang karena kebiasaan yang buruk.

Alasan #1 Kebiasaan

Apabila masalahnya terdapat di segi kebiasaan, maka Anda harus mengetahui penyebab pastinya.

  • Jika Anda baru saja pindah rumah, menambah anggota keluarga, atau memiliki hewan peliharaan baru, kucing Anda bisa saja merasa terancam. Perubahan lingkungan tempat tinggal atau jadwal rutin bisa memberi efek negatif terhadap kebiasaannya, termasuk untuk buang air.
  • Jika kucing Anda terbiasa buang air di lokasi tertentu, dia akan terus mengulanginya. Jadi ketika ia mencium bau urin atau kotoran di sebuah area, maka ia merasa benar untuk membuang kotorannya lagi disana.
  • Perhatikan bagaimana cara si kucing membuang air. Apakah Ia benar-benar pipis atau hanya sedikit menyemprot? Biasanya kucing menandai area tetitorinya dengan menyemprotkan air urin.

Alasan #2 Kotak pembuangan kotoran

Ketika kucing Anda mulai buang kotoran sembarangan, maka perhatikan apa ada yang salah dari kotak pembuangan kotorannya? Sebab kucing yang murung atau tidak menyukai kotak pembuangannya tidak akan menggunakannya untuk membuang kotoran.

Coba pikirkan, apakah Anda mau buang air di toilet yang kotor dan bau? Tentu saja tidak, kan. Jadi sangat penting untuk menjaga kebersihan dan (bila perlu) estetika dari litter box itu sendiri. Bahkan ada beberapa kucing yang membutuhkan wadah pembuangan dari kertas litter supaya lebih lembut dan nyaman.

Mengubah kebiasaan si kucing

Ketika Anda sudah mengetahui alasan mengapa kucing buang kotoran sembarangan, maka Anda bisa mulai mengubah kebiasaannya. Tentu saja butuh waktu yang tidak cepat.

  • Jika kucing Anda buang air di tempat yang tidak seharusnya, Anda harus membersihkan kotoran hingga baunya sampai tuntas. Tutup area tersebut menggunakan plastik atau alumunium foil supaya tidak menjadi target toilet si manis. Anda bisa membersihkan dengan pembersih berbahan dasar enzim supaya lebih ampuh.
  • Jika ada kucing baru yang Anda adopsi, berikan wadah pembuangan yang berbeda. Beri mereka area tempat tinggal yang berbeda hingga akhirnya merasa nyaman satu sama lain.
  • Apabila kucing Anda merasa terancam dengan keberadaan bayi baru, tamu, atau perubahan lain, berikan waktu untuk mereka menyesuaikan diri.
  • Pindah ke rumah baru adalah perubahan besar bagi kehidupan si kucing. Pastikan tidak ada bau hewan peliharaan lama (jika membeli rumah seken) yang tertinggal disana supaya kucing Anda merasa nyaman menempati dan membuat teritori barunya.

Jika Anda ingin punya hewan peliharaan, ada baiknya jika Anda punya halaman atau teras yang bisa dimanfaatkan sebagai kandang atau tempat bermainnya. Cek di sini untuk pilihan rumah dengan taman mulai harga Rp500 jutaan! 

Isnaini Khoirunisa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Cara Unik Usir Kucing di Plafon Rumah

RumahCom - Seorang pembaca bernama Yulia Nada (19 tahun) mengirimkan pertanyaan tentang bagaimana cara mengusir kucing liar yang kerap berada di plafon rumah. Hal ini mungkin kerap Anda alami juga

Lanjutkan membacaSeptember 8, 2016

Punya Kucing? Baca Ini Agar Rumah Anda Selalu Bersih!

RumahCom – Memiliki hewan peliharaan yang tingkah polahnya lucu, seperti kucing, tentunya sangat menggemaskan dan bisa jadi teman yang menyenangkan. Dan menurut sebuah penelitian, bermain-main dan m

Lanjutkan membacaOktober 9, 2016

Jauhkan Kucing Liar dari Halaman Rumah

RumahCom - Populasi kucing di kota besar selalu bertambah banyak. Hampir setiap saat Anda melihat anak kucing tanpa induknya berkeliaran di jalanan, termasuk area rumah Anda. Melihat banyaknya kuci

Lanjutkan membacaJanuari 6, 2017

5 Kiat Agar Kucing Tidak Tidur Sembarangan di Rumah

RumahCom - Salah satu tingkah yang paling menyebalkan dari hewan peliharaan, khususnya kucing, mereka sering kali tidur sembarang.Sofa ruang tamu, sofa ruang televisi, bahkan tempat tidur kita sendiri

Lanjutkan membacaJanuari 23, 2017

Masukan