Tips Agen: Cara Smart Jual Smart Home

Wahyu ArdiyantoSeptember 25, 2017

Harga perangkat rumah pintar semakin terjangkau

RumahCom – Anda tentu pernah mendengar rumah atau perumahan yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih atau yang dikenal dengan istilah smart home?

(Baca juga: Tips Agen: Jurus Sukses Saat Open House)

Ya, smart home atau rumah yang dilengkapi perangkat pintar memungkinkan penghuninya bisa mengontrol perangkat elektronik yang ada di dalamnya, bahkan dari jarak jauh.

Meski teknologi ini sudah lama dikenal banyak orang, namun belum banyak yang mengaplikasikan smart home device pada huniannya. Namun seiring berjalannya waktu, harga perangkat rumah pintar semakin terjangkau dan banyak digunakan untuk mencegah terjadinya kriminalitas.

Yang menjadi pertanyaan, apakah keberadaan fitur smart home bisa mendongkrak harga penjualan sebuah properti?

Pasalnya, tidak semua orang butuh atau bisa mengoperasikan perangkat canggih ini. Walaupun di negara maju seperti Amerika Serikat hampir 50 persen masyarakatnya sudah atau berencana memasang perangkat rumah pintar, menurut survei tahun 2016 dari Coldwell Banker

Apa yang membuatnya disebut rumah “pintar”?

Bentuk kata “rumah pintar” bisa bermakna luas. Menurut survei Coldwell Banker, orang-orang menganggap rumah pintar apabila sudah memiliki pengamanan otomatis (seperti kunci gembok dan alarm), kontrol suhu ruangan, pencahayaan, dan perangkat keamanan lain (misalnya detektor asap).

Survei Coldwell Banker juga menyebutkan bahwa mereka yang membeli perangkat rumah pintar tidak hanya datang dari kalangan pecinta teknologi. Jadi, jika Anda berencana menjual atau menjualkan rumah yang dilengkapi dengan fitur rumah pintar, jangan ragu menyebutkannya sebagai salah satu selling point yang patut dibanggakan.

Bahkan menurut survei konsumen, beberapa fitur yang timeless seperti sistem keamanan, pengaturan suhu ruangan, dan lampu otomatis bisa meningkatkan harga jual rumah mulai 3 sampai 5 persen!

Sayangnya, perkembangan teknologi yang begitu cepat bisa membuat perangkat rumah pintar dan aksesorisnya memerlukan update secara berkala. Jadi pastikan sebelum menjual ke pasaran Anda mengetahui tren smarthome device terbaru dan bandingkan dengan yang sudah terpasang saat ini.

Bisa disesuaikan dengan desain ruangan

Bentuk perangkat rumah pintar yang semakin canggih membuatnya fleksibel pada berbagai gaya desain rumah, baik rumah bergaya minimalis ataupun tema lainnya. Dan yang tak kalah pentingnya bisa dipasang pada setiap sudut ruangan.

Jadi, sebagai agen properti Anda harus bisa meyakinkan pembeli bahwa kehadiran perangkat smart home sama sekali tidak mengganggu rencana renovasi ataupun rombakan desain ruangan sesuai dengan keinginan.

Jangan lupa menjelaskan dengan rinci cara mengoperasikan fitur smart home pada waktu open house. Untuk urusan ini, sebaiknya Anda mempelajari sebelumnya supaya dapat menguasai teknik pengoperasian dan mempresentasikannya dengan baik.

Selalu update pengetahuan Anda mengenai fitur smart home beserta banderol harga pemasangannya. Hal ini dilakukan supaya Anda lebih dipercaya sebagai broker professional di bidang penjualan rumah pintar.

Ingin punya rumah dengan fitur-fitur smart home? Cek di sini untuk pilihan hunian di bawah Rp500 jutaan yang dilengkapi fitur smart home!

Isnanini Khoirunisa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Agen: Ketahui 4 Tahap Kepemilikan Rumah

RumahCom – Sebagai agen properti, Anda tak hanya dituntut untuk memahami seluk beluk jual-beli properti. Pengetahuan mengenai serba-serbi kepemilikan rumah juga tak kalah penting. Pasalnya, jasa age

Lanjutkan membacaAgustus 1, 2017

Tips Agen: Cara Dongkrak Harga Jual Rumah dalam Satu Minggu

RumahCom – Sebagai agen properti, Anda pasti ingin berhasil closing atau menjual properti secepat-cepatnya. Selain memuaskan keinginan klien, tentu saja Anda juga bisa segera mendapatkan komisi yang

Lanjutkan membacaAgustus 14, 2017

Tips Agen: Jurus Sakti Meyakinkan Pembeli

RumahCom – Ada banyak rintangan yang dihadapi seorang agen properti ketika menjalankan profesinya sehari-hari. Salah satunya adalah bagaimana cara meyakinkan kliennya dalam mengambil keputusan.(Baca

Lanjutkan membacaAgustus 21, 2017

Tips Agen: Cara Tawarkan Hunian untuk Klien Jarak Jauh

RumahCom – Siapa bilang menjadi agen adalah profesi yang mudah? Menjadi mediator antara calon penjual dan pembeli dalam sebuah transaksi properti memerlukan sikap yang netral dan profesional.(Baca j

Lanjutkan membacaAgustus 28, 2017

Masukan