5 Trik Siasati Ruang Tanpa Jendela

Wahyu ArdiyantoSeptember 25, 2017

ruangan di rumah tak selamanya dilengkapi ventilasi

RumahCom – Ruangan di rumah tak semuanya dilengkapi dengan ventilasi. Umumnya ruang yang tak dilengkapi ventilasi seperti kamar mandi, dapur, atau ruang ganti. Tanpa jendela sebenarnya tidak menjadi masalah, selama penataan ruang diatur secara tepat.

(Baca juga: Segarkan Jendela dengan Tanaman Gantung Kreasi Sendiri)

Harus ada harmonisasi antara furnitur, lantai, dan dinding pada ruangan tanpa jendela. Jangan salah, ruang tanpa jendela juga bisa tampil menarik. Kuncinya, Anda harus menerapkan kelima trik berikut ini.

1. Warna

Dekorasi ruangan dengan warna cerah guna menciptakan kesan luas dan memberi kesegaran. Terapkan pada dinding, atap, atau lantai. Warna cerah tidak terbatas pada warna putih. Warna-warna pastel seperti kuning muda, pale peach, hijau lembut, atau cotton blue dapat dijadikan pilihan.

Anda juga bisa menggunakan lantai tegel kunci untuk menciptakan nuansa cerah. Padukan dengan warna dari furnitur untuk menciptakan kesan kontras dan atraktif. Perlu diingat agar tidak berlebihan dalam menggunakan warna-warna kontras karena akan membuat ruangan terasa sesak.

2. Cermin

Cermin dapat berfungsi menciptakan ilusi luas sebuah ruang. Tambahkan cermin besar pada sisi dinding shingga tercipta kesan luas. Ini akan membuat siapa pun yang masuk tidak merasa terkurung saat berada di dalam.

Selain itu, cermin dapat difungsikan sebagai pemantul cahaya yang membuat ruang lebih terang.

3. Cahaya optimal

Ruangan tanpa ventilasi cenderung minim cahaya, karena itu Anda harus menciptakan cahaya yang baik agar ruang berfungsi optimal. Hindari warna gelap yang akan menelan cahaya. Gunakan desain plafon gantung. Anda dapat menyematkan penerangan menyebar di balik plafon gantung.

Dengan perencanaan terperinci, cahaya dapat diatur sehingga tercipta ruang yang terang dengan cahaya yang merata. Jika memungkinkan, Anda juga dapat membuat skylight pada plafon. Skylight membuat ruang mendapat pencahayaan alami, terutama di siang hari.

Skylight juga berguna menghilangkan kesan pengap pada ruangan.

4. Dekorasi alami

Tanaman selalu berhasil memberikan efek positif pada ruangan, termasuk ruang tanpa jendela. Tanaman menciptakan kesan natural pada ruang yang memiliki keterbatasan. Letakkan satu atau dua pot tanaman sehingga akan mempercantik dan menghidupkan suasana di dalam ruang.

Adanya tanaman juga dapat memecah perhatian dari ketiadaan jendela. Tanaman juga dapat membersihkan udara dan membawa suasana luar ke dalam ruang.

5. Furnitur dan aksesori menonjol

Selain tanaman, Anda dapat menggunakan aksesori lain untuk mendekorasi ruang tanpa jendela. Ornamen kayu, skulptur cantik, atau lukisan dinding dapat membuat ruangan tampil lebih cantik.

Aksesori juga dapat mencuri perhatian, apalagi jika mendapat pencahayaan yang tepat. Namun jangan menyematkan terlalu berlebihan. Aksesori juga membuat ruangan jadi terlihat berbeda. 

Mau punya rumah dengan tampilan yang cantik? Cek di sini untuk hunian cantik dengan harga mulai dari Rp300 jutaan!

Dian Probowati

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

7 Jenis Jendela untuk Rumah Modern Minimalis

RumahCom - Jendela merupakan bangunan yang memiliki fungsi utama sebagai ventilasi udara dan jalan masuknya cahaya. Karenanya, jendela menjadi faktor yang sangat mempengaruhi kesehatan lingkungan se

Lanjutkan membacaMei 30, 2016

Beragam Ide Menata Tempat Duduk di Samping Jendela

RumahCom - Membuat sebuah pojokan di dekat jendela yang nyaman untuk Anda bersantai, membaca buku, atau menyesap kopi dan teh, bisa menjadi sebuah tantangan. Pilihan materi, furnitur, dan tema yang di

Lanjutkan membacaJuni 15, 2016

Cara Menghilangkan Bau Asap di Dapur Tak Berjendela

RumahCom - Karena luas rumah yang terbatas, sebagian orang mengubah area taman belakang menjadi bangunan. Akibatnya, sirkulasi udara di dapur tak maksimal. Asap pun masuk ke ruangan. Saat memasak

Lanjutkan membacaSeptember 7, 2016

Jendela Terlihat Sempit? Tidak Lagi!

RumahCom - Memiliki jendela yang besar di rumah tampak lebih menarik dipandang. Selain itu jendela yang besar juga memberikan kesan ruang rumah lebih besar. Jika Anda memiliki ukuran rumah yang ti

Lanjutkan membacaFebruari 10, 2017

Masukan