5 Cara agar Nyaman Tinggal di Apartemen Mungil

Wahyu ArdiyantoSeptember 25, 2017

mencari apartemen berukuran luas memang sulit

RumahCom – Hari gini mencari apartemen berukuran luas memang sulit. Kalaupun ada, sudah pasti harganya selangit. Bahkan saat ini ukuran luas standar apartemen pun cenderung mungil. Maklum harga tanah dan hunian, apalagi di tengah kota, semakin melonjak.

(Baca juga: Panduan Beli Apartemen yang Aman dan Bebas Deg-degan)

Namun demikian, jangan jadikan ruangan sempit sebagai halangan untuk tinggal di apartemen. Ingat, kelebihan tinggal di apartemen adalah aksesibilitas dan faasilitas. Dan sebetulnya ada banyak cara untuk menjadikan apartemen Anda yang mungil menjadi nyaman dihuni.

Kuncinya, lakukan penataan ruang dengan tepat. Dan berikut adalah enam cara untuk membuat apartemen Anda nyaman ditinggali.

1. Isi dengan kegemaran Anda

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat Anda nyaman dan betah tinggal di apartemen tentu saja mengisi apartemen dengan hal-hal kegemaran Anda.

Jika Anda menyukai musik lengkapi dengan speaker Bluetooth dan ipod dock. Jika Anda gemar menonton film, lengkapi dengan televisi dan dvd player, atau berlangganan televisi kabel. Jika Anda gemar bermain game, jangan lupa angkut perangkat game ke apartemen.

Jika Anda gemar membaca siapkan pojok membaca yang cozy, misalnya dengan karpet dan bean bag. Hal-hal ini akan membuat Anda lebih nyaman di apartemen.

2. Rajin membuka jendela

Biasakan untuk membuka jendela apartemen di pagi dan malam hari. Udara pagi akan membuat ruang apartemen lebih sejuk sehingga menambah energi dan mood positif sebelum beraktivitas. Selain itu, membantu sirkulasi udara tetap lancar sehingga apartemen terasa nyaman.

Jangan lupa membersihkan kaca jendela setiap satu minggu sekali untuk menjaga kejernihan kaca agar tak menghalangi pandangan Anda. Kaca yang jernih akan membuat Anda relaks saat memandang view keluar.

3. Tanaman dalam ruang

Taruh 1-2 tanaman pot di dalam ruang apartemen. Sebagian orang menghindari hal ini karena dianggap akan mempersempit ruang. Namun adanya tanaman dalam ruang sangat berguna untuk membuat udara tetap sejuk dan membuat tampilan apartemen tetap segar.

Anda bisa menempatkan tanaman pot pada rak dinding, di pinggir jendela, atau di sudut ruang sehingga tidak memakan tempat atau mengganggu aktivitas Anda. Pilih tanaman yang mudah dirawat dan tidak perlu disiram setiap hari, misalnya kaktus, lidah mertua, atau sirih gading.

4. Cerdik memilih furnitur

Tinggal di apartemen mungil mengharuskan Anda lebih kreatif dan cerdas, terutama dalam memilih furnitur. Pilih furnitur berdesain sederhana namun modern. Hindari menggunakan furnitur dengan banyak ornamen, seperti kayu ukir, dan sebagainya.

Hal itu akan membuat ruang apartemen tampak ‘penuh’. Saat ini sudah banyak, kok, pasaran yang menjual furnitur yang didesain khusus untuk apartemen mungil. Anda tinggal pilih sesuai selera.

5. Area tidur senyaman mungkin

Hal ini tak kalah penting untuk dilakukan, buatlah area di sekitar tempat tidur Anda senyaman mungkin. Pilih kasur yang nyaman dengan ukuran yang tepat. Usahakan tidak ada pernak-pernik yang mengganggu di sekitar area tidur.

Jika menyukai suasana temaram, siapkan lampu meja di pinggir kasur menggunakan drawer. Singkirkan peralatan elektronik dari sekitar area tidur. Dengan begitu Anda akan merasa nyaman saat beristirahat dan dapat menggunakan waktu tidur dengan maksimal.

6. Ruang penyimpanan

Tinggal di apartemen mungil menuntut Anda untuk selalu rapi dan bersih. Sedikit saja berantakan akan membuat apartemen tak nyaman dihuni. Karena itu lengkapi apartemen Anda dengan banyak ruang penyimpanan.

Anda bisa menyediakan satu lemari untuk ‘gudang’ atau lengkapi apartemen Anda dengan furnitur multifungsi yang sekaligus didesain sebagai ruang penyimpanan. Dengan demikian, apartemen Anda tidak tampak sesak dengan barang-barang dan selalu terlihat rapi.

Anda akan merasa betah dan nyaman tinggal di apartemen dengan enam cara di atas. Dan untuk pilihan apartemen dengan harga di bawah Rp300 jutaan, cek aneka pilihannya di sini!

Dian Probowati

Reston Sitorus
Dec 13, 2018
Wah ide dan tips yang bagus untuk dicoba, kemugkinan akan saya coba terapkan di hunian saya tinggal.
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

6 Tips Hadirkan Gaya Minimalis untuk Apartemen

RumahCom – Bosan dengan tampilan apartemen yang ditata standar? Ubah saja tampilan ruangnya agar menghadirkan nuansa baru yang memberikan energi positif. Dan gaya minimalis salah satu yang patut And

Lanjutkan membacaSeptember 19, 2017

Penjualan Apartemen Mewah di Jakbar Naik 15%

RumahCom – Sebagai salah satu kawasan yang digadang sebagai The Next Central Business District (CBD), wilayah administrasi Jakarta Barat terus menunjukkan pamor yang menawan. Salah satunya di sektor

Lanjutkan membacaSeptember 20, 2017

Deretan Rumah Mungil Seleb Ini Bisa Menginspirasi Anda

RumahCom – Bergelimangan harta membuat para selebriti apalagi yang ternama pasti memiliki rumah tinggal dengan nuansa mewah. Sebut saja selebriti tanah air dengan rumah megah diantaranya Raffi Ahmad

Lanjutkan membacaSeptember 22, 2017

5 Perabotan Hemat Ruangan untuk Rumah Mungil

RumahCom – Jika rumah Anda berukuran mungil atau bergaya minimalis, tentunya Anda harus mengatur perabotan dengan sangat efisien agar nantinya tidak membuat rumah makin terasa sempit.(Baca juga: Tip

Lanjutkan membacaSeptember 22, 2017

Masukan