Milenial: Kami Butuh Hunian Cicilan Rp3 Jutaan

Fathia AzkiaSeptember 26, 2017

Hunian sederhana tipe 36/60 atau 40/72 nampaknya akan mengalami penurunan peminat

RumahCom – Memilih hunian memang harus disesuaikan dengan kebutuhan di samping keinginan. Begitu pula prinsip yang dianut profesional muda yang sarat akan gaya hidup dinamis.

Kendati pertimbangan jarak dan keterjangkauaan harga dijadikan patokan utama, akan tetapi ternyata mereka juga menuntut kenyamanan dan keamanan demi meningkatkan produktivitas kerja.

Irwandi Febian, seorang profesional muda yang bekerja di industri periklanan di Jakarta mengaku,  jarak dan harga serta fasilitas yang ditawarkan sangat diprioritaskan saat dirinya mencari hunian.

Menurutnya, banyak kaum profesional muda yang memilih tinggal di kost-kostan di bilangan Sudirman atau Kuningan dengan biaya cukup tinggi yakni kisaran Rp2 juta hingga Rp3 jutaan per bulan.

Simak juga: Simak! Perumahan Paling Laris di Bawah Rp500 Juta

“Kalau beli apartemen di Jakarta itu jelas sangat mahal nggak mungkin sanggup. Tapi untuk beli di Bekasi, Depok atau Bogor, itu sudah jauh harganya masih cukup mahal juga sehingga tetap sama berat. Jarak yang terlalu jauh jelas memakan energi dan bisa menyebabkan kurang produktif. Kalau di daerah Ciledug misalnya, ya masih boleh lah karena tidak terlalu jauh dari daerah Senayan, Jakarta,” katanya.

Saat ditanya berapa budget yang membuat generasi milenial mampu mencicil hunian sendiri, Irwandi menyebut angka sekitar Rp3 juta hingga Rp4 jutaan per bulan.

“Di angka itu mungkin masih bisa. Tapi ada nggak apartemen atau kondominium yang cocok dengan harga itu tapi lokasinya tidak jauh dari Jakarta. Kalau ada, saya pribadi sangat tertarik untuk beli dengan cara nyicil,” ia menambahkan.

Seperti umumnya generasi milenial, Irwandi mengaku berusaha setiap saat untuk memberikan hasil terbaik dan berkarya di bidang yang diminatinya. Itu sebabnya, sebuah hunian harus memberikan rasa bangga dan juga mendorong kreatifitas.

“Yang kebayang dalam pikiran Saya adalah sebuah tempat tinggal yang nyaman dan memberikan bisa memberikan inspirasi untuk makin giat berkarya atau produktif. Sekaligus hunian yang membuat Saya bangga dan betah tinggal di dalamnya. Artinya, tidak malu-maluin lah kalau ada tamu yang datang,” tukasnya.

Selain pertimbangan harga dan jarak, kaum profesional juga dinilai butuh hunian yang cocok dengan millenial lifestyle yang modern dan dinamis.

Lagi, Masalah Daya Beli

Sementara itu Ketua Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) DKI Jakarta, Lukas Bong mengatakan, persoalan generasi milenial khusunya profesional muda umumnya menyangkut kemampuan keuangan mereka yang sangat ketat sehingga sulit untuk bisa membeli hunian sendiri.

Sedangkan di sisi lain, mereka juga punya standar tersendiri dalam urusan fasilitas penunjang dimana mereka akan bisa merasa nyaman, aman dan produktif.

“Saya senang mendengar mereka (kaum milenial) akhirnya memikirkan untuk hunian sendiri. Daripada menghabiskan uang jutaan rupiah untuk menyewa kamar kost, lebih baik punya rumah sendiri dengan cicilan yang terjangkau sekitar Rp3 jutaan. Tapi pertanyaannya apakah ada? Saya bilang ada, coba ke West Senayan yang ada di daerah Ciledug,” Lukas menyarankan.

Baca juga: Cara Cepat Punya Rumah untuk Kaum Milenial

Menurutnya, kondominium ini memang dikhususkan untuk mengatasi persoalan tempat tinggal bagi generasi milenial, dengan konsep yang kuat antara lain berbagai fasilitas seperti co-working space, olahraga dan hiburan, bahkan sudah fully furnished.

Saat ini, proyek hunian tersebut sedang memasuki tahap pembangunan yang dilakukan oleh PT PP Properti dan diprediksi tuntas di tahun 2019. Serah terimanya sendiri akan dilakukan di tahun yang sama.

Jarak antara West Senayan dengan kawasan terpadu Alam Sutera hanya 10-15 menit saja. Sementara untuk menjangkau Senayan maupun Sudirman diperlukan waktu tempuh 20 menit, dan berlaku juga jika ingin ke kawasan Puri Indah Mall serta Gandaria City.

Jadi kapan Anda mau ambil rumah? Cek di sini untuk aneka pilihan perumahan dengan harga di bawah Rp200 juta!

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mau Tinggal di Apartemen? Ini Biaya Ekstra yang Harus Disiapkan

RumahCom - Tren apartemen dimulai sekitar 10 tahun lalu. Kini, hampir di setiap kota besar kita menjumpai apartemen. Hunian ini menawarkan kepraktisan untuk menunjang kehidupan kaum urban. Menipisn

Lanjutkan membacaJanuari 31, 2017

Apa Saja Syarat Cicil Apartemen?

RumahCom – Membeli apartemen sebagai hunian utama saat ini sudah menjadi tren baru. Bila dulu kebanyakan orang membeli apartemen hanya untuk investasi, kini apartemen disukai karena dinilai lebih pr

Lanjutkan membacaFebruari 23, 2017

Kumpulan Apartemen yang Bisa Dicicil Pakai BPJS-TK

RumahCom – Kabar gembira datang untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah satu tahun mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT). Pasalnya, mereka yang selama ini kesulitan dalam mengakses pembiaya

Lanjutkan membacaApril 11, 2017

Apartemen Depok Layak Dibidik Kaum Muda

RumahCom – Konsultan marketing properti Coldwell Banker Property Connections (Residensial) menilai situasi pasar properti di Depok tengah seksi, terutama untuk proyek hunian yang lokasinya dekat d

Lanjutkan membacaApril 13, 2017

30% Mahasiswa di Depok Beli Apartemen Secara Cash

RumahCom – Pertumbuhan hunian vertikal di kawasan Depok masih dinamis. Ini lantaran ceruk pasarnya sendiri masih mumpuni, sebut saja yang terbesar merupakan kalangan mahasiswa yang akan maupun tenga

Lanjutkan membacaAgustus 18, 2017

Masukan