Tips Praktis Bersihkan Noda di Dinding Rumah Minimalis

Wahyu ArdiyantoSeptember 25, 2017

rumah dengan dinding yang kotor berisiko menurunkan harga jualnya

RumahCom – Bukan hanya kondisi lantai, perabotan, atau halaman saja yang menentukan bersih atau tidaknya rumah Anda, kondisi dinding pun wajib mendapat perhatian. Pasalnya sekalipun rumah minimalis milik Anda sudah bersih tapi dindingnya penuh noda, rumah tetap akan terlihat kusam dan tak menarik.

(Baca juga: 5 Cara Praktis Menata Rumah Minimalis)

Rumah dengan dinding yang kotor juga berisiko menurunkan harga jualnya—jika suatu saat Anda hendak menjual rumah tersebut. Nah, agar tetap terlihat bersih dan nyaman, mulailah membersihkan dinding rumah dengan cara ini.

1. Perhatikan jenis noda

Ada beberapa noda yang memang bisa dibersihkan dengan mudah, misalnya noda minyak, noda bekas remah makanan, dan noda lumpur. Membersihkannya biasanya bisa dengan mengelapnya dengan tisu, spons, atau kain basah.

Sementara untuk beberapa jenis noda yang mengandung bahan kimia, misalnya bekas coretan bolpen atau spidol, cat minyak biasanya akan sulit dihilangkan, kecuali Anda langsung membersihkannya begitu dinding terpapar noda.

2. Noda makanan

Noda pewarna makanan, misalnya cokelat, saus, atau selai, bisa dihilangkan hanya dengan mengelap dinding dengan kain atau tisu.

Sedangkan untuk noda makanan bersantan, noda kuah, dan noda lumpur dapat dihilangkan dengan mengelapnya dengan kain yang sudah direndam ke dalam air hangat untuk menghilangkan minyak atau lemaknya.

3. Bersihkan dinding dengan sapu atau kain bekas

Salah satu penyebab dinding kusam belum tentu noda makanan atau tanah, melainkan debu yang dibiarkan menempel. Jika semakin bertumpuk bukan tidak mungkin membuat dinding menjadi lembap dan menimbulkan jamur.

Jadi, minimal bersihkan dinding—terutama dinding luar rumah—setiap dua minggu sekali dengan sapu atau mengelapnya dengan kain bekas.

4. Membersihkan noda tinta

Noda tinta bekas spidol atau bolpen sebaiknya dibersihkan dengan bantuan baking soda atau cuka.

Caranya, tambahkan satu sendok makan baking soda atau cuka ke dalam setengah ember air ukuran kecil. Lalu celupkan spons ke dalam cairan tersebut dan basuh spons ke permukaan dinding yang terpapar noda.

5. Membersihkan noda lumut

Untuk membersihkan noda lumut, sebaiknya Anda membuka jendela, karena aroma lumut cenderung menusuk dan menyebabkan Anda susah bernapas lega. Bersihkan noda lumut dengan air perasan jeruk lemon.

Caranya, campurkan jeruk lemon dengan segelas air lalu masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan ke permukaan dinding lalu lap dengan kain.

Itulah cara merawat dinding rumah minimalis. Dan untuk pilihan perumahan bergaya minimalis dengan harga mulai dari Rp500 jutaan, cek aneka pilihannya di sini!

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kiat Menjaga Cat Dinding Luar Rumah Agar Awet

RumahCom – Cat dinding pada bagian luar rumah ternyata bisa lebih cepat mengalami kerusakan seperti warnanya yang memudar atau terkelupas karena paparan sinar matahari dan guyuran air hujan. Bahkan

Lanjutkan membacaJuni 7, 2017

Kiat Usir Bau dan Noda Ompol Secepat Kilat

RumahCom – Punya anak atau keponakan yang tinggal di rumah? Biasanya anak-anak yang usianya di bawah 3 tahun masih suka mengompol saat tidur malam. Dan sayangnya sisa-sisa ompol biasanya akan mening

Lanjutkan membacaJuli 10, 2017

Singkirkan Benda Ini dari Rumah Minimalis!

RumahCom – Jika hendak mengusung nuansa rumah yang minimalis, itu artinya Anda harus mampu memilah perabotan mana yang bisa digunakan dan yang tidak. Lebih dari itu, perabotan wajib mencirikan sesua

Lanjutkan membacaSeptember 20, 2017

Tips Mengecat Dinding Eksterior ala Tukang Profesional

RumahCom – Beberapa pekerjaan renovasi rumah biasanya cukup menguras tenaga, salah satunya mengecat dinding eksterior. Tidak heran kalau beberapa orang memilih untuk mempercayakan tugas ini kepada t

Lanjutkan membacaSeptember 19, 2017

Masukan