Cara ini Bikin Tidur Jadi Lebih Nyenyak!

Wahyu ArdiyantoSeptember 26, 2017

Sayangnya, kamar tidur kerap diisi dengan tumpukan barang

RumahCom – Kamar tidur yang ditata dengan benar dan proposional tidak hanya mampu meningkatkan estetika atau harga jual rumah Anda, kamar yang rapi juga bikin tidur Anda lebih berkualitas yang efeknya juga akan berimbas terhadap kesehatan Anda.

(Baca juga: 8 Tanaman ini Sempurnakan Kamar Tidur Anda)

Pola tidur yang teratur juga berimbas pada berat badan yang ideal, loh! Sayangnya, kamar tidur kerap diisi dengan berbagai tumpukan benda layaknya gudang. Tapi jangan khawatir, simak beberapa tips menata kamar tidur agar menjadi ruangan paling nyaman untuk beristirahat berikut ini.

1. Ketika akan tidur pastikan pencahayaan di ruangan benar-benar gelap

Bahkan jika perlu Anda bisa memasang gorden tebal supaya cahaya lampu dari luar jendela tidak menembus ruangan. Anda juga mungkin perlu menggunakan masker mata apabila kesulitan memejamkan mata.

2. Pastikan suhu ruangan tidak terlalu panas atau terlalu dingin

Kontrol suhu dalam ruangan agar tetap sejuk atau sesuai dengan selera.

3. Sebaiknya jangan jadikan kamar tidur sebagai ruangan dengan fungsi ganda

Ada beberapa orang yang meletakkan televisi atau meja kerja di kamar tidurnya. Hal ini tentu bisa mengganggu kualitas tidur karena hadirnya alat elektronik yang bisa memancarkan sinar infra merah.

4. Isi kamar tidur Anda dengan benda dan aksesoris yang indah dipandang

Sebagai contoh foto-foto bersama orang kesayangan, lukisan karya seni yang Anda suka, tanaman pot atau bunga imitasi.

5. Pilih warna cat dinding yang netral untuk kamar tidur Anda

Anda bisa pilih misalnya warna pastel atau warna alami seperti cokelat dan krem.

6. Supaya lebih relaks, beri wewangian

Agar tubuh dan pikiran Anda bisa lebih relaks, beri wewangian pada ruangan yang bisa dihadirkan dari minyak esensial, bahan alami, atau pewangi kemasan yang dijual di pasaran. Pilih wewangian yang bisa membuat perasaan santai dan tenang sebelum tidur.

7. Pastikan Anda tidur di kasur matras yang nyaman dan berkualitas

Semakin luas dan besar ukuran matras maka akan lebih baik. Tahukah Anda bahwa Anda menghabiskan waktu lebih dari 20 ribu jam di atas kasur dalam rentang waktu tujuh tahun garansi matras. Jadi sangat penting memilih matras terbaik untuk mendukung tidur berkualitas.

Dan berikut adalah lima cara memilih matras yang tepat:

  • Tentukan prioritas utama Anda sebelum memilih. Misalnya pertama dari segi harga, kemudian ukuran, dan merek.
  • Coba berbaring di atas matras dalam posisi tidur normal dan berbalik beberapa kali. Gunakan pakaian yang nyaman dan lepas jaket atau topi ketika menguji kenyamanan matras.
  • Jangan lupa bahwa pembelian matras harus satu set dengan ranjang dan kasur pelapis. Mereka sudah didesain dalam satu kesatuan, jadi sebaiknya jangan membeli secara terpisah.
  • Semakin besar ukuran matras semakin baik dan nyaman, apalagi jika Anda dan pasangan memutuskan untuk tidur seranjang dengan anak-anak.
  • Harga akan menentukan kualitas, baik dalam segi produk dan pelayanan. Jadi keluarkan bujet semaksimal yang Anda bisa.

Selain menata kamar, lokasi hunian juga memegang peranan agar Anda bisa tidur nyenyak. Cek di sini untuk pilihan hunian yang nyaman dengan harga mulai dari Rp500 jutaan!

Isnaini Khoirunisa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Infografis: Menata Kamar agar Tidur Lebih Nyenyak

RumahCom - Kamar tidur bukan sekadar ruang untuk tidur, tetapi juga tempat untuk beristirahat dan relaksasi setelah seharian lelah beraktivitas. Karenanya kamar tidur harus didesain sedemikian rupa ag

Lanjutkan membacaJuli 19, 2017

Tips Menata Kamar Tidur agar Sesi Bercinta Jadi Luar Biasa

RumahCom – Lokasi paling sering jadi andalan Anda untuk bermesraan dan bercinta dengan pasangan pastinya kamar tidur—apalagi jika Anda masih tinggal di rumah mertua atau orangtua.(Baca juga: 5 Tip

Lanjutkan membacaSeptember 7, 2017

Penerangan Tepat Bantu Tidur Lebih Nyenyak

RumahCom – Seringkali Anda menyalahkan pola makan, tugas kerja yang berat, atau terlalu lelah mengurus bisnis sehingga sulit untuk tidur dengan nyenyak. Padahal nyamannya tidur Anda tak selalu diten

Lanjutkan membacaSeptember 18, 2017

5 Rahasia yang Bikin Tidur di Rumah Jadi Nyenyak

RumahCom – Banyaknya pekerjaan dan segudang aktivitas yang Anda jalankan seharian seringkali tak lantas dapat membuat Anda tertidur lelap saat sampai di rumah. Padahal banyak hal sudah Anda lakukan

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2017

Masukan