Mau Punya Kebun di Balkon Apartemen? Bisa!

Wahyu ArdiyantoSeptember 28, 2017

minusnya tinggal di apartemen ruangannya terbatas

RumahCom – Tinggal di hunian vertikal seperti apartemen tentunya ada plus dan minusnya. Plusnya apartemen cenderung dekat dengan pusat kota dan Anda tak perlu memikirkan kebersihan dan keamanan di bagian luarnya, karena sudah diurus pihak pengelola.

(Baca juga: 5 Cara agar Nyaman Tinggal di Apartemen Mungil)

Tapi apa minusnya? Ruangannya yang terbatas sehingga Anda tidak bisa berkebun atau gardening. Eits, belum tentu! Tinggal di apartemen atau kosan tidak berarti Anda tak bisa bercocok tanam. Area balkon yang sempit bisa Anda sulap jadi area berkebun, kok. Ini caranya!

Gunakan area pinggiran balkon

Cara ini bikin Anda tetap bisa berdiri di balkon yang sempit

Tanam bunga menggunakan pot dan pastikan pot memiliki alas untuk menyimpan kelebihan air.

Agar Anda tetap bisa berdiri di balkon yang sempit, jangan gunakan seluruhnya sebagai area menanam. Gunakan hanya bagian pinggirnya, dan tambahkan karpet atau alas di bagian tengah sehingga Anda tetap dapat menikmati panorama luar di balkon.

Tanam bunga menggunakan pot dan pastikan pot memiliki alas untuk menyimpan kelebihan air. Air yang tersisa sebaiknya segera dibuang agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Gunakan wadah

manfaatkan ember bekas, kaleng bekas, atau guci bekas.

Gunakan wadah (tidak harus pot) untuk menjadi media bercocok tanam.

Batasi jumlah tanaman yang akan Anda letakkan di balkon. Jika memang balkon Anda mungil, sebaiknya tidak lebih dari empat jenis tanaman.

Gunakan wadah (tidak harus pot) untuk menjadi media bercocok tanam. Misalnya Anda bisa menggunakan ember bekas, kaleng bekas, atau guci bekas.

Gunakan rak di salah satu sisi

Manfaatkan satu sisi dinding sebagai area berkebun

Pasanglah rak-rak kayu di dinding lalu letakkan pot-pot tanaman dengan rapi di rak tersebut.

Mengakali balkon sempit bisa dengan hanya menggunakan cara menanam di salah satu sisinya. Contohnya, Anda hanya menggunakan sisi dinding sebelah kiri sebagai area berkebun. Pasanglah rak-rak kayu di dinding lalu letakkan pot-pot tanaman dengan rapi di rak tersebut.

Tanam dan menghadapke luar

Gantungkan rak atau pot ke arah luar

Perhatikan banyaknya air saat menanam, jangan sampai sisa air menetes dan menimpa ke orang lain yang ada di bawah Anda.

Anda tetap bisa menanam sayuran di balkon apartemen. Gantungkan rak atau pot ke arah luar sehingga bagian dalamnya tetap bisa digunakan untuk tanaman lainnya.

Perhatikan banyaknya air saat menanam, jangan sampai sisa air menetes dan menimpa ke orang lain yang ada di bawah Anda.

Jadi tinggal di apartemen bukan berarti bikin Anda tak bisa punya kebun atau taman mini. Dan untuk pilihan apartemen dengan harga di bawah Rp500 jutaan, cek aneka pilihannya di sini!

Foto: Pixabay

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

5 Tanaman Sayur untuk Berkebun di Rumah

RumahCom - Sekarang, hobi berkebun tidak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki lahan luas. Salah satunya dengan konsep urban farming.Urban farming adalah istliah yang digunakan untuk aktivita

Lanjutkan membacaNovember 22, 2016

Sekarang, Berkebun Bisa Dilakukan di Kantor

RumahCom - Berkebun tak hanya bisa dilakukan di rumah atau pada lahan luas. Jika Anda mau, di kantor pun Anda bisa berkebun. Tak ada salahnya mencoba berkebun di kantor. Menurut penelitian Norwegia

Lanjutkan membacaDesember 27, 2016

Yuk, 'Berkebun' di Kamar Mandi!

RumahCom - Luas rumah yang semakin terbatas kadang membuat Anda harus mengesampingkan keinginan memiliki halaman rumah yang cantik. Anda lebih memilih menggunakan area halaman sebagai garasi atau ruan

Lanjutkan membacaApril 19, 2017

5 Langkah Persiapan Berkebun di Apartemen

RumahCom - Tinggal di apartemen dengan lahan yang terbatas tak seharusnya menghentikan hobi berkebun Anda. Berkebun tak selalu membutuhkan lahan yang luas seperti di rumah. Anda bisa saja memanfaat

Lanjutkan membacaApril 24, 2017

Masukan