Punya Rumah Sebelum Menikah? Pasti Bisa!

Fathia AzkiaJanuari 16, 2018

Samasta-Ciseeng-Bogor

RumahCom – Usai menikah, Anda akan mendengar banyak pertanyaan seperti, “Mau tinggal di mana setelah ini?” Jika rumah sudah dibeli jauh-jauh hari sebelum pernikahan, pasti Anda siap menjawabnya dengan penuh rasa bangga dan percaya diri.

Baik itu dimiliki dengan cara dicicil melalui Kredit Pemilikan Rumah maupun dibeli tunai, tetap saja punya rumah sendiri menandakan Anda adalah orang yang punya masa depan dan dewasa secara finansial. Lantas, bagaimana caranya agar bisa punya rumah sebelum menikah?

  • Buktikan di Usia Produktif

Usia produktif adalah usia dimana seseorang masih memiliki banyak tenaga, mampu bekerja, dan menghasilkan sesuatu. Biasanya usia produktif berada di rentang 20-35 tahun.

Dan hal ini senada, jika Anda mengajukan angsuran KPR kepada bank. Karena bank mematok usia minimum yakni 21 tahun atau sudah menikah. Baca juga: Trik Menabung DP Rumah dalam 12 Bulan

Lain halnya jika Anda sudah berusia 40 tahun dan belum memiliki rumah. Kebutuhan yang semakin besar mulai dari biaya sekolah anak, fisik yang melemah sehingga membutuhkan uang untuk pengobatan, hingga biaya tak terduga lainnya seringkali menjadi penyebab sulitnya seseorang mengumpulkan uang.

  • Sisihkan 1/3 Gaji

Di usia yang masih muda, penghasilan seseorang biasanya belum memadai untuk melakukan cicilan rumah seharga Rp500 jutaan keatas. Oleh karena itu, pilih lokasi hunian yang masih bisa dijangkau dari pusat beraktivitas namun menawarkan harga yang mumpuni.

Contohnya rumah-rumah yang berada di pinggir kota seperti Bogor, Bekasi, atau Tangerang. Di halaman Perumahan Baru Rumah.com, Anda bisa menemukan puluhan rumah dengan harga mulai Rp300 juta di lokasi-lokasi tersebut.

Misalnya Graha Permata Cikupa, Dago Hills Residence, Villa Sawangan AsriCluster The Crystal Residence, dan Acropolis.

Selain itu, untuk memudahkan aturan keuangan sekaligus agar terhindar dari kredit macet, pastikan cicilan rumah tidak melebihi sepertiga penghasilan per bulan. Sehingga jika gaji Anda sekitar Rp7 juta, maka angsuran rumah maksimal adalah Rp2,3 jutaan.

(Hitung seberapa besar kemampuan Anda dalam mencicil rumah dengan Kalkulator Keterjangkauan di Rumah.com)

  • Nabung Emas untuk DP

Mengingat DP rumah biasanya akan menguras dana besar, maka mulailah untuk menyisihkan penghasilan ke bentuk investasi emas. Cara ini efektif bagi Anda yang sulit menabung sendiri.

Ambil yang jangka waktu cicilannya panjang, misal dua atau tiga tahun agar hasilnya cukup untuk DP rumah minimalis incaran.

Strategi lain, tabungan untuk DP rumah dikumpulkan lewat investasi jangka panjang seperti reksadana saham. Bila Anda memiliki gaji Rp8 juta per bulan, maka alokasikan setidaknya 20% dari gaji untuk investasi jangka panjang.

  • Pertimbangkan Jangka Waktu

Terakhir yang juga tak kalah penting adalah memastikan jangka waktu saat akan membeli rumah. Tujuan masa depan memang berpengaruh terhadap tipe rumah dan cicilan yang tepat.

Sebagai contoh, jika Anda berencana untuk tinggal di satu kota dalam waktu yang lama, maka Anda bisa mengambil cicilan dengan jangka waktu hingga 25 tahun ke depan dengan pilihan bunga tetap.

Di sisi lain, jika Anda berencana untuk pindah rumah dalam waktu beberapa tahun ke depan, misalnya ke luar kota ketika hendak membesarkan anak maka pertimbangkan pilihan lain. Yakni ambil jangka waktu cicilan paling pendek, sekitar tujuh tahun dengan suku bunga floating.

Ingin segera punya rumah untuk keluarga tercinta? Simak ragam perumahan dan apartemen baru di berbagai kota di Indonesia dengan harga Rp300 juta – Rp1 miliar di sini.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Buat Pasangan Muda yang Sedang Berjuang, Inilah Jurus Mengumpulkan Uang untuk DP Rumah

RumahCom – Jika Anda dan pasangan sedang berencana untuk memiliki rumah sendiri, menabung setiap bulan mestinya menjadi agenda rutin yang hukumnya wajib. Sayangnya bagi pasangan muda, menyisihkan se

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2017

Siapa Bilang #KidsJamanNow Sulit Punya Rumah?

RumahCom - Anda mungkin tak asing lagi dengan tagar #KidsJamanNow. Ini adalah tagar yang dipopulerkan generasi milenial untuk menandai tingkah-tingkah mereka yang kadang mengundang gelak tawa, tetapi

Lanjutkan membacaOktober 10, 2017

Generasi Milenial Makin Mudah untuk Punya Rumah

RumahCom - Banyak riset menyebutkan harga rumah yang terus naik bisa tak terkejar oleh banyak anak muda, atau yang akrab disapa generasi milenial. Jangankan beli rumah atau apartemen di pusat kota yan

Lanjutkan membacaNovember 20, 2017

Punya Rumah Baru? 5 Benda Ini Wajib Anda Miliki!

RumahCom – Siapa, sih, yang tak senang jika punya rumah baru. Apalagi jika sampai menghabiskan biaya dan tabungan yang tak sedikit. Dan umumnya, setelah membeli rumah seseorang akan mulai menyehatka

Lanjutkan membacaNovember 21, 2017

Strategi Punya Rumah dalam Waktu 8 Bulan

RumahCom –  Memiliki apartemen baru atau rumah baru merupakan target yang mesti dicapai sebuah pasangan yang sudah berkeluarga. Dengan strategi tepat yang dijalankan berdua, hal itu bisa diwujudka

Lanjutkan membacaDesember 8, 2017

Masukan