Ayo Serbu Rumah DP 0 Rupiah!

Fathia AzkiaJanuari 18, 2018

Trevista-Bekasi

RumahCom – Impian warga DKI Jakarta untuk menempati hunian layak dengan harga terjangkau sudah di depan mata. Hari ini, Gubernur Anies Baswedan melakukan groundbreaking proyek Klapa Village, yang merupakan hunian pertama dalam program DP Nol Rupiah.

Disebut DP 0 Rupiah, sebab dalam hal ini bank tetap mendapatkan uang muka, hanya saja ditanggung (ditalangi atau disubsidi) oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Program ini dicetus guna mengganti prasyarat DP yang dinilai cukup tinggi bagi sebagian masyarakat, dengan prasyarat lain untuk memastikan pembayaran kredit yang lebih dapat dipenuhi oleh warga. Misalnya:

  • Konsistensi jumlah saldo tabungan di bank, sebesar proporsi tertentu dari nilai properti dalam jangka waktu 6 bulan terakhir. Kisarannya sekitar Rp2,3 juta per bulan.
  • Konsistensi perilaku menabung di bank selama jangka waktu 6-12 bulan terakhir.

Simak juga: Adakah Hunian Rp350 Juta di Jakarta?

Lantas siapa saja yang bisa menikmati program ini? Adalah seluruh warga DKI Jakarta (dibuktikan dengan KTP) yang masuk ke golongan kelas menengah ke bawah, dengan penghasilan total rumah tangga sampai sekitar Rp7 juta per bulan, serta belum memiliki properti sendiri.

Ini juga berlaku untuk para pekerja informal yang selama ini kesulitan mendapatkan fasilitas kredit, karena tipe penghasilan yang tidak tetap seperti pekerja formal.

Menanggapi program yang resmi terealisasi ini, Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan, mengatakan pada intinya DP nol rupiah merupakan mekanisme yang lazim digunakan dalam pemasaran properti, termasuk salah satu penawaran yang diberikan oleh pengembang. 

“Saat ini sudah cukup banyak pengembang yang menawarkan program serupa. Tapi tentu saja dibarengi dengan syarat dan ketentuan yang diterapkan, karena pengembang harus mengatur kelancaran cash flow untuk mewujudkan realisasi pembangunan proyeknya,” katanya.

Ike menambahkan, “Namun demikian, apabila konsumen menggunakan metode pembelian properti dengan cara menggunakan fasilitas pinjaman dari bank, maka ketentuan LTV akan diterapkan oleh bank pemberi kredit.”

“Di sinilah pemerintah DKI perlu bekerjasama dengan Bank Indonesia dalam menemukan mekanisme yang tepat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait perumahan. Belajar dari pengalaman negara lain, bisa juga diperhitungkan jumlah dana tertentu dalam rekening seseorang yang bisa digunakan sebagai faktor pemberian kredit rumah barunya.”

Satu hal yang perlu menjadi catatan, dalam program DP 0 Rupiah, hunian yang dimaksud bukan rumah tapak seperti yang ada pada klaster-klaster, melainkan rumah vertikal alias rumah susun seperti yang sudah banyak hadir di Jakarta.

Akan tetapi jangan khawatir, bagi masyarakat yang tidak menyukai tinggal di hunian bertingkat, Rumah.com punya daftar rumah tapak dalam cluster yang bisa dibeli tanpa uang muka. Apa saja contohnya?

  1. Heavenly Residence, Jakarta Timur
  2. The Ariston Platinum, Depok
  3. Permata Gading Residence, Jakarta Utara
  4. Sawangan Hills 3, Depok
  5. Botania Lake Residence, Depok
  6. Grand Victoria, Bekasi
  7. Graha Tirta Asri, Bogor
  8. Harvest City, Bogor
  9. Trevista Bekasi, Bekasi
  10. Trevista Serua, Ciputat

Mencari rumah tapak dalam kondisi baru seharga kurang dari Rp500 Juta di Jakarta relatif sulit. Akan tetapi, di wilayah penyangga seperti Depok, Bogor, dan Tangerang, Anda bisa dengan mudah menemukan rumah seharga Rp350 juta yang daftarnya hanya ada di sini!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ada Duit Rp30 juta, Mending Beli Rumah atau Apartemen?

RumahCom – Membeli properti, apalagi untuk tempat tinggal harus dipertimbangkan secara matang. Selain lokasi, Anda juga perlu memilih jenis hunian yang pas untuk dihuni dalam jangka panjang. Saat in

Lanjutkan membacaNovember 16, 2017

Stop Pengeluaran Ini Jika Serius Ingin Punya Rumah

RumahCom - Jika ditanya, semua orang yang belum punya rumah pasti ingin punya agar tak perlu sewa atau umpang di rumah mertua. Sementara yang sudah punya pasti juga ingin punya lagi, setidaknya sebaga

Lanjutkan membacaNovember 29, 2017

Mau Cepat Punya Rumah? Jangan Lakukan Ini di Rumah

RumahCom – Semangat Anda agar cepat punya rumah mungkin harus diacungi jempol. Katakan saja tiap pulang kerja tak lagi nongkrong-nongkrong, tiap akhir pekan di rumah saja dengan tujuan ngirit agar t

Lanjutkan membacaJanuari 3, 2018

Trik Menabung DP Rumah dalam 12 Bulan

RumahCom – Kalau terus menerus ditunda, niscaya impian punya rumah sendiri tidak akan pernah terealisasi. Untuk itu, beberapa orang menganut prinsip 'memaksa' agar bisa mendapatkan rumah idaman.'Mem

Lanjutkan membacaJuni 13, 2019

Punya Rumah Hanya dengan Rp35 Juta? Bisa!

RumahCom – Rezeki datangnya memang tak terduga. Saat Anda tengah berandai-andai bisa memiliki rumah minimalis untuk keluarga, tiba-tiba saja Anda memenangkan hadiah uang tunai, atau mendapat bonus

Lanjutkan membacaJanuari 4, 2018

Masukan