Daftar Hunian Rekomendasi dengan Kemudahan Akses Transportasi

Wahyu ArdiyantoJanuari 30, 2018

hunian rekomendasi dengan transportasi terintegrasi

RumahCom – Ketika akan membeli rumah, yang pertama kali dipertimbangkan orang umumnya adalah lokasi. Namun lokasi yang sangat strategis, seperti di pusat kota yang dekat pusat bisnis atau tempat kerja, harganya sudah pasti sangat tinggi. Akhirnya kebanyakan orang akan menjatuhkan pilihan membeli hunian di pinggiran kota.

Baca juga: Cari-cari Rumah? Banten dan Bogor Sama-sama Punya Akses Mudah

Tentu saja dengan beragam ‘persyaratan’ seperti misalnya didukung kemudahan akses transportasi. Dulu mungkin pilihan huniannya cuma sedikit, tapi kini tidak lagi karena saat ini sudah banyak daftar hunian rekomendasi dengan kemudahan akses transportasi atau hunian yang terintegrasi dengan sarana transportasi massal atau yang dikenal dengan istilah TOD.

TOD atau Transit Oriented Development sendiri merupakan salah satu pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran dengan maksimalisasi penggunaan angkutan massal, seperti TransJakarta, commuter line, MRT, kereta api ringan (LRT), dan dilengkapi dengan jaringan jalan pejalan kaki serta sepeda.

Pada kawasan TOD akan berdiri beberapa bangunan vertikal dengan varian fungsi seperti rumah susun, sekolah, pasar, perkantoran, apartment, pusat perbelanjaan, dan hotel. Kawasan TOD juga akan saling terintegrasi dengan kawasan TOD lainnya.

Menurut Subianto Satmaka, Direktur Utama PT Hutama Anugrah Propertindo yang tengah mengembangkan proyek Serpong Garden Apartment, hunian berkonsep TOD paling diminati saat ini dan di masa mendatang. Untuk mengetahui dinamika pasar properti Indonesia, termasuk sentimen pasar dari sudut pandang pembeli, temukan di Rumah.com Property Affordability Sentiment Index.

“Terutama bagi eksekutif muda dan pasangan muda atau milenial yang bekerja di CBD Sudirman, Thamrin, dan Kuningan Jakarta yang telah menggunakan commuter line sebagai sarana transportasinya. Dan berkaca dari pengalaman di luar negeri, setiap apartemen yang dekat dengan sarana transportasi nilai investasinya cenderung cepat meningkat,” jelasnya.

Jadi mau punya hunian dengan harga terjangkau namun dengan kemudahan akses transportasi? Simak daftar hunian rekomendasi dengan kemudahan akses transportasi berikut ini.

  • BOGOR

Pada kawasan ini terdapat beberapa hunian yang menawarkan kemudahan akses transportasi mulai dari stasiun kereta api, feeder busway, hingga LRT. Sebut saja seperti Samira Residence yang hanya 1.2 km dari exit tol Sentul Selatan, 1 km ke pintu masuk tol BORR dan 1.5 km dari stasiun LRT.

Lalu The Avenue Residence yang juga 5 menit Tol Cikeas, 10 menit ke stasiun LRT, 12 menit Tol Depok, dan 20 menit Tol Cibubur. Dan Terrascottta Residence yang hanya 1 km ke Stasiun Cilebut, 50 meter akses Angkot 24 jam, dan 15 menit akses tol BORR dan Sentul.

Simak keunggulan hunian dengan konsep TOD di sini.

  • TANGERANG

Untuk area Tangerang ada Lavon yang punya akses langsung tepat di pintu tol keluar Cikupa, rencana tol dari dan ke Bandara Soekarno – Hatta dan Serpong/Pondok Indah dan jalur LRT Balaraja – Cikarang. Lalu ada juga New Alba Sutera Renata dan Sutera Victoria.

Dan yang menarik adalah Serpong Garden Apartment (Segar) di kawasan Cisauk – Serpong yang baru saja melakukan ground breaking pada Minggu (28/1) kemarin. Apartemen ini juga berorientasi angkutan atau Transport Oriented Development (TOD).

“Bahkan demi memudahkan penghuninya, kami akan membangun Sky Bridge yakni akses jembatan langsung menuju stasiun Cisauk,” terang Subianto. Dan rencananya apartemen yang terdiri dari 5 tower ini akan mulai diserahterimakan secara bertahap pada kuartal IV tahun 2020.

  • BEKASI

Salah satu area dengan kemudahan akses transportasi yang juga menarik untuk dilirik adalah Bekasi. Simak saja Mustika Golf Residence Cikarang dengan fasilitas shuttle car ke 9 titik di Jababeka, exit tol Cibatu km 34,7, dekat stasiun LRT, Cikarang Dry Port.

Lalu ada juga Pesona Kembang Setu dan Pinewood Residence yang juga berorientasi pada kemudahan akses.

Itulah daftar hunian rekomendasi dengan kemudahan akses transportasi. Belum menemukan yang sesuai kriteria Anda? Temukan di sini untuk aneka pilihan hunian dengan kemudahan akses transportasi mulai harga Rp500 jutaan.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

3 Pilihan Rumah dengan Akses Mudah ke Mana-mana

RumahCom - Lokasi umumnya jadi prioritas utama bagi orang yang tengah mencari rumah. Tapi masalahnya lokasi yang bagus, misalnya seperti di pusat kota atau dekat pusat bisnis, harganya bisa bikin gele

Lanjutkan membacaJanuari 14, 2018

Jual atau Beli Rumah Lebih Mudah Pakai Agen Properti

RumahCom - Mau jual atau beli rumah? Keduanya bisa dibilang bukan hal yang mudah, loh! Bahkan juga harus hati-hati. Salah beli rumah bisa menyesal di kemudian hari atau jual rumah lama lakunya karena

Lanjutkan membacaJanuari 17, 2018

Punya Hunian di Cibinong Kini Bisa Sombong

RumahCom - Punya hunian di Cibinong kini bisa sombong. Ya, dulu Cibinong memang dipandang sebelah mata karena dikenal macet dan perkembangan infrastrukturnya lambat, namun kini tidak lagi. Dalam kurun

Lanjutkan membacaJanuari 18, 2018

Intip Pilihan Hunian Dekat Sekolah Favorit

RumahCom - Baru berkeluarga dan sedang mencari hunian? Berarti sekarang saat yang tepat untuk intip pilihan hunian dekat sekolah favorit. Ya, bagi Anda yang berpikir jauh ke depan memang penting meren

Lanjutkan membacaJanuari 22, 2018

Masukan