Catat! Syarat Berinvestasi Apartemen

Fathia AzkiaOktober 8, 2018

tips investasi apartemen

RumahCom – Laju pertumbuhan ekonomi yang seiring dengan kebutuhan hunian mendorong semakin banyak kawasan strategis, berkembang guna mengakomodasi kecukupan sebuah tempat tinggal bagi masyarakat.

Berlatarbelakang kondisi ini, segelintir developer terus bersaing dalam melihat potensi wilayah yang ideal dikembangkan menjadi kawasan hunian.

Jenis hunian rumah tapak maupun vertikal pun dibangun sesuai permintaan (demand). Kawasan yang sudah maju seperti Jakarta, saat ini sudah dipadati beragam opsi hunian vertikal. Dan hal tersebut menular ke kawasan penyangganya seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Jangan dulu beli rumah atau apartemen di pinggir kota tanpa menyimak ulasan wilayahnya di Area Insider Rumah.com!

Menariknya, pencarian hunian vertikal alias apartemen bukan lagi bertujuan untuk ditinggali melainkan untuk ladang investasi. Diketahui, apartemen yang berada di lokasi strategis umumnya mempunyai gain mencapai 20% per tahun.

Kendati berpeluang baik, tetap saja masyarakat harus pintar dan cerdik melihat potensi apartemen itu sendiri. Setidaknya ada lima faktor yang patut dijadikan acuan.

1. Lokasi

Mempertimbangkan faktor lokasi adalah hal mutlak bila menginginkan keuntungan. Namun, lokasi seperti apa yang bisa memberikan keuntungan?

Bagi pengembang, pemilihan lokasi apartemen harus mengantongi penilaian sunrise property. Sebab pertimbangan itu juga yang akan menguntungkan calon pembelinya.

Kategori sunrise property cukup beragam. Ada yang menganggap dekat dengan rencana pembangunan infrastruktur, ada juga yang mengatakan soal hitungan jarak menuju pusat bisnis adalah indikator utama.

2. Kenaikan harga

Faktor kedua yang harus diperhatikan adalah kenaikan harga. Seorang investor wajib mengetahui kapan apartemen tersebut dimulai dibangun, serta  catatan kenaikan harga dari tahap pre-sale sampai harga terkini.

Secara keseluruhan, lokasi apartemen pasti sangat menentukan pangsa pasar yang diinginkan dan besaran keuntungan yang hendak diraih. Jika menyebut contoh, koridor Bintaro di Tangerang Selatan masih bisa disebut sebagai lokasi sunrise property.

Baca juga: Rumah.com Property Index untuk mencari tahu tren kenaikan harga properti per kuartal di berbagai lokasi favorit

Tak heran, harga apartemen yang berada di jalur ini mengalami perkembangan harga cukup bagus. “ANWA Residence dari sejak soft launching sampai sekarang sudah ada kenaikan 15%. Untuk saat ini, harga apartemen tipe Studio berkisar Rp400 juta hingga Rp500 juta atau Rp14 juta per m2,” kata Krisna Kusuma Tedja, Marketing Head Anwa Residence.

Ada lima tipe unit yang ditawarkan, diantaranya tipe Studio kecil, Studio besar, satu kamar tidur, dua kamar tidur, dan tiga kamar tidur.

Menyeimbangkan dari sisi harga jual, pengembang PT Sari Kresna Group mengincar kaum milenial yang berdomisili di area ring satu seperti Bintaro, Pamulang, Ciputat dan sekitarnya, sebagai target pangsa pasar utama.

“Penjualan apartemen sudah mencapai 40%, kalau ditanya yang beli lebih banyak investor atau end user, sekarang ini konsumen end user masih mendominasi. Dan sejauh ini respon pasar terhadap apartemen kami cukup baik,” imbuhnya.

ANWA Residence merupakan apartemen dua menara yang berdiri di atas lahan seluas 2,1 hektare. Lokasinya terpaut satu kilometer dengan Bintaro Jaya Xchange, Stasiun KRL Jurangmagu, hingga pintu Tol Jakarta – Serpong.

(Mau beli apartemen? Simulasikan dulu cicilan KPA Anda perbulannya lewat Kalkulator KPA dari Rumah.com)

3. Status lahan

Selanjutnya adalah jeli untuk mencari kebenaran status lahan apartemen tersebut. Apartemen yang tepat dijadikan untuk berinvestasi adalah sudah menjadi hak milik pengembang, dan bukan masih status Build, Operate, Transfer (BOT).

BOT sendiri merupakan upaya pemanfaatan aset milik negara atau daerah berupa tanah yang pemanfaatannya dilimpahkan kepada pihak lain atau swasta selama jangka waktu tertentu.

Pihak swasta memperoleh hak konsensi (hak mengelola lahan dan bangunan) dan pemerintah mendapatkan royalti atas pemakaian asetnya.

Secara pemanfaatan sangat baik, namun kelemahan dari status BOT ini adalah pada saat habis masa penggunaan oleh pihak swasta, tanah dan bangunan yang dibangun swasta di atas tanah tersebut harus dikembalikan atau diserahkan kepada pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

Simak juga: Review Properti untuk mengetahui ulasan mendalam tentang apartemen incaran Anda

4. Fasilitas

Mengingat penghuni apartemen sangat dinamis, jadi pilihan apartemen yang menyediakan fasilitas lengkap seperti pasar swalayan, foodcourt, area parkir, shuttle busservice charge yang terjangkau, kolam renang, taman bermain, dan fasilitas olahraga.

“Kalau di ANWA Residence, kami siapkan kolam renang, jogging track, taman bermain anak, dan mini waterpark,” tutur Krisna.

5. Memiliki area komersil

Terakhir adalah memiliki area komersial seperti hotel atau condotel. Dengan adanya area komersil, lambat laun akan membuka pangsa pasar potensial.

Artinya, pasar akan menimbangkan antara dua pilihan, apabila harga sewa hotel dinilai lebih mahal.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah Editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Investasi Properti Bagi Pemula

RumahCom – Apakah Anda ingin mencoba memulai investasi properti? Tak ada salahnya jika Anda memulainya sekarang. Perlu diketahui bahwa hanya investasi properti yang menawarkan kenaikan nilai inve

Lanjutkan membacaFebruari 3, 2015

Pertimbangkan 10 Hal Ini Sebelum Beli Hunian Vertikal

RumahCom - Dalam membeli properti bertingkat jangan hanya mengutamakan soal harga saja tapi Anda juga harus mempertimbangkan masalah lokasi, status tanah, fasilitas hingga keaktifan asosiasi dalam men

Lanjutkan membacaNovember 16, 2015

Seperti Apa Investasi Apartemen yang Menguntungkan?

RumahCom - Bisnis properti di Indonesia kembali menunjukkan tajinya. Dari sekian banyak properti yang bisa dijadikan investasi, apartemen sebaiknya menjadi pilihan utama Anda. Mengapa demikian? Invest

Lanjutkan membacaJanuari 7, 2016

Peluang Mendatangkan Uang dari Segmentasi Apartemen

RumahCom – Setidaknya terdapat dua alasan mengapa seseorang berinvestasi. Pertama, adalah menginginkan kenaikan modal, kedua mencari penghasilan pasif sebagai penghasilan tambahan. Sesuai dengan tuj

Lanjutkan membacaDesember 8, 2017

Alasan Apartemen Cocok Jadi Rumah Pertama Milenial

RumahCom – Apakah Anda sedang bingung memilih antara apartemen atau rumah tapak untuk menjadi hunian pertama? Jawabannya mungkin tergantung kepada kebutuhan masing-masing individu.Beberapa orang yan

Lanjutkan membacaAgustus 13, 2018

Masukan