BTN: Milenial Berperan Bagi Sektor Properti

Fathia AzkiaDesember 17, 2018

milenial beli rumah

RumahCom – Dalam perayaan hari ulang tahun yang ke-42, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggelar talkshow bertajuk Spirit of KPR Growing with Millenials.

“Pertumbuhan ekonomi khususnya sektor properti tidak lepas dari peran para milenial. Bank BTN menilai milenial bukan hanya menjadi objek, tapi juga subjek yang akan menjadi pendorong utama sektor properti,” kata Maryono selaku Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk.

Dengan proyeksi partumbuhan jumlah penduduk berusia produktif khususnya generasi milenial, perbankan berupaya mengoptimalkan peran mereka di sektor properti baik dari sisi supply maupun demand.

(Eits, jangan coba-coba beli rumah di pinggir kota tanpa menyimak ulasan wilayahnya di Area Insider Rumah.com!)

“Dari sisi demand, kami sudah meluncurkan program KPR Gaeesss pada triwulan III lalu, dengan fitur yang sesuai dengan kemampuan finansial milenial. Sementara dari sisi pasokan kami mengajak milenial menjadi entrepreneur di bidang properti lewat pelatihan atau workshop yang disiapkan Housing Finance Center (HFC) dari BTN,” imbuhnya.

Pengembangan bisnis properti 2019 tidak akan lepas dari peran milenial baik dari sisi supply dan demand properti, sehingga pelaku bisnis properti dan perbankan harus dapat mengatur strateginya menyesuaikan dengan “selera” milenials. Salah satu acuan memotret selera milenial antara lain dengan riset.

Berdasarkan riset dari HFC terhadap 374 responden dari generasi milenial, sebanyak 43% menginginkan rumah satu lantai yang tidak terlalu luas dengan halaman. Dan hanya sebesar 29% yang menginginkan rumah satu lantai berukuran cukup luas tanpa halaman.

(Cek di sini untuk simulasi cicilan rumah Anda perbulannnya lewat kalkulator KPR dari Rumah.com)

Mau KPR rumah dan bingung menentukan pilihan suku bunga KPR? Ketahui plus minusnya!

Sementara sisanya menginginkan rumah dua lantai. Sedangkan dari sisi harga properti, sama halnya dengan generasi lain, rumah dengan harga terjangkau menjadi pilihan utama 46,8% responden, sementara pemilihan properti berdasarkan lokasi hanya menjadi sasaran utama bagi sekitar 36,6% responden.

“Dari riset tersebut artinya milenial masih membutuhkan rumah tapak untuk mereka jadikan tempat tinggal atau investasi dan harganya harus terjangkau,” kata Maryono.

Tak beda jauh, Rumah.com Property Affordability Sentiment Index melakukan survei terhadap 1.000 orang di kota-kota di Indonesia.

Dari total responden, sebanyak 63% di antaranya berada di golongan generasi milenial, yakni usia 22-35 tahun. Dari total responden milenial ini, sebanyak 51% mengaku masih tinggal di rumah orang tua.

Meskipun tergolong lama dalam memutuskan untuk tinggal terpisah dari orang tua, para milenial ini rupanya tetap menyadari pentingnya punya rumah sendiri.

Sebanyak 87% responden milenial yang mengaku masih tinggal di rumah orang tua mengaku sudah merancang strategi untuk membeli rumah.

Lebih jauh, survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index menunjukkan bahwa mayoritas responden milenial menetapkan rencana untuk keluar dari rumah orang tua pada rentang usia 25-30 tahun.

Ketika diminta untuk menyebutkan alasan-alasannya, sebanyak 59% menyertakan ‘Belum Menikah’ sebagai salah satu faktornya. Alasan lain yang banyak disertakan adalah belum punya uang (53%). Sementara alasan ‘Menjaga Orang Tua’ dicantumkan oleh 47% responden.

Ketahui dinamika pasar properti di Indonesia, termasuk sentimen pasar dari sudut pandang pembeli lewat Rumah.com Property Affordability Sentiment Index!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah Editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Jurus Jitu Jadi Jadi Juragan Properti untuk Milenial

RumahCom – Siapa yang tidak tertarik menjadi pebisnis properti? Pertumbuhan capital gain yang selalu di atas inflasi dan risiko yang relatif lebih kecil menjadi daya tariknya. Namun, banyak yang rag

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2017

Milenial Mau Investasi Rumah? Ini Tipsnya!

RumahCom - Investasi properti adalah investasi yang menarik. Potensi keuntungannya cukup besar dengan resiko yang relatif stabil. Tetapi, bagaimana memulainya?Emas, saham atau reksadana, serta propert

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2017

Milenial, Jangan Tunda Lagi Rencana Beli Rumah!

RumahCom – Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada bulan Maret 2018 mencatat sebanyak 46% responden lebih memilih untuk menabung dalam bentuk deposit di satu tahun ke depan. Sementara rencana memb

Lanjutkan membacaApril 18, 2018

Siapa Bilang Nabung DP Rumah Itu Susah?

RumahCom – Selain pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk membeli properti, generasi milenial juga mengeluh kesulitan untuk mengumpulkan uang muka KPR mengingat harga properti yang terus meningka

Lanjutkan membacaMei 7, 2018

Beli Rumah, Milenial Harus #AmbilLangkahBerani

RumahCom – Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada September 2018 mencatat sebanyak 45,2% responden lebih memilih untuk menabung dalam bentuk deposit di satu tahun ke depan. Sementara rencana memb

Lanjutkan membacaNovember 1, 2018

Masukan