ROI Hunian TOD Capai 42%

Fathia AzkiaFebruari 1, 2018

apartemen bintaro plaza residence

RumahCom – Konsep Transit Oriented Development atau disingkat TOD belakangan ini nyaring terdengar. Berbagai pengembangan konsep tersebut dilakukan secara masif tidak hanya dilakukan di dalam kota, melainkan juga sekitaran Jakarta.

Tujuan utama dari TOD adalah mengintegrasikan dan mendekatkan transportasi massal dengan kawasan hunian, sehingga diharapkan ke depannya dapat mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang melintas setiap harinya.

Simak juga: Mau Rumah–Kantor–Rumah Bebas Macet? Tinggal di Hunian TOD!

Mengingat indikator keberhasilan sistem TOD di suatu wilayah yaitu lebih banyak orang dapat tinggal dan bekerja, pergi bersekolah, berbelanja, dan kegiatan lain dengan berjalan kaki dari dan ke transportasi publik. Dengan kata lain, orang-orang dapat melakukan aktivitas lokal lebih efektif dan efisien.

Di samping itu, hunian yang terintegrasi dengan konsep TOD menawarkan nilai investasi tinggi yang patut untuk dicermati. Hal ini dikemukakan Dimas Prasasto, Manajer Pemasaran Bintaro Plaza Residences (BPR).

“Berkaca dari kesuksesan tower pertama BPR dengan Return of Investment (ROI) hingga 42% dan rental rate 10%, membuktikan bahwa apartemen berkonsep TOD ini adalah produk investasi bernilai tinggi,” katanya.

(Simak ulasan lengkap tentang apartemen berbasis TOD di Review Properti Rumah.com)

Konsep TOD yang dimaksud adalah mendekatkan hunian dengan stasiun kereta dan menyediakan akses transportasi publik. Termasuk juga akses infrastruktur yang berkembang dengan baik, diantaranya adalah jalan tol, feeder bus Trans Bintaro dan In-Trans bintaro, dan stasiun KRL.

Proyek apartemen juga terhubung dengan Stasiun Pondok Ranji yang melayani kereta Commuter Jabodetabek. Sehingga penghuni bisa mencapai pusat bisnis di Jakarta seperti Tanah Abang, Sudirman, Palmerah, dan Dukuh Atas dengan jarak tempuh kurang dari 20 menit.

Banyak Dibeli Eksekutif Muda

Sejak dipasarkan dua tahun lalu, apartemen BPR telah diserap pasar sebanyak 80%. Harga tipe unitnya dibanderol mulai Rp502 juta.

Dengan harga jual yang terjangkau namun potensi ROI yang tinggi, membuat unit tipe studio banyak diminati konsumen. Hingga saat ini, pembeli didominasi eksekutif muda yang biasa bertransportasi menggunakan moda transportasi publik dan masyarakat yang suka menghuni di kawasan komplet.

“Masyarakat yang membeli tipe studio lebih banyak menyewakan unitnya, namun berbeda dengan masyarakat yang membeli tipe 2BR umumnya end user. Untuk profil, kebanyakan range usia 30-40 tahun dan berdomisili di Jabodetabek,” imbuh Dimas.

Tingginya minat masyarakat membeli hunian selaras dengan hasil Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018, yang menunjukkan bahwa sebanyak 63% responden mengaku berencana membeli rumah dalam enam bulan ke depan.

Dari total responden yang optimistis membeli rumah, sebesar 44% berasal dari kelompok usia 21-29 tahun, atau milenial muda. Sementara 35% lainnya berasal dari milenial tua, kelompok usia 30-39 tahun.

Marine Novita, Country Manager Rumah.com menyatakan, bahwa survei menunjukkan semakin tinggi usia, maka semakin kecil rencana membeli rumah.

Baca juga: Hunian Ideal untuk Generasi Milenial

Ini karena kelompok usia yang lebih tua sudah punya rumah atau mereka sudah memiliki banyak tanggungan, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk keperluan sehari-hari sudah cukup besar, membuat mereka harus berpikir dua kali jika harus mengambil cicilan rumah.

“Oleh karena itu, generasi milenial harus secepatnya mengambil keputusan untuk membeli hunian. Semakin muda usia saat membeli rumah, maka akan semakin baik. Belilah rumah di saat belum banyak tanggungan,” jelasnya.

Marine menambahkan bahwa Rumah.com sebagai pemimpin pasar properti online di Indonesia selalu mengambil peran aktif untuk mengetahui kondisi terkini industri properti di Indonesia. Survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018 ini ditujukan untuk mengetahui respon pasar dari sisi permintaan.

Selain mencari hunian yang menawarkan konsep TOD, opsi lainnya Anda bisa pilih kawasan residensial dengan fasilitas lengkap dengan harga Rp500 jutaan, ini beberapa pilihan huniannya!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

Rahel Cohran
Mar 14, 2018
Halo. Saya adalah Bapak Rahel Cohran seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dan lain-lain. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk diinvestasikan atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak lebih jauh. seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata uang mata uang dengan tingkat 2% tanpa biaya dimuka. Saya ingin menggunakan media yang bagus ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan jenis pinjaman apa pun untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda. ya kemudian kembali sekarang melalui email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, anda sangat istimewa.
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

TOD dan Kota Mandiri, Gambaran Tren Properti Hari Ini

RumahCom – Mengamati laju pertumbuhan kota-kota besar di tanah air tak terlepas dari perkembangan properti yang ada di kawasannya. Dunia properti seakan tak henti mengubah wajah kota sesuai dengan k

Lanjutkan membacaAgustus 11, 2016

Kaum Urban Butuh Peradaban Baru

RumahCom – Berbicara tentang problem terbesar masyarakat Jakarta saat ini, semua akan sepakat bahwa kemacetan menjadi masalah serius dan terus menumpuk yang sulit teruraikan.Secara ekonomi, kerug

Lanjutkan membacaJuli 31, 2017

TOD Bisa Sukses di Indonesia, Asal…

RumahCom – Konsep Transit Oriented Development (TOD) mungkin masih ‘barang baru’ di Indonesia khususnya Jabodetabek. Meski sebenarnya negara tetangga seperti Singapura sudah lebih dulu menerapka

Lanjutkan membacaOktober 5, 2017

Sebentar Lagi, Cibubur Lepas Status Jalur Neraka?

RumahCom – Integrasi properti dengan transportasi massal menjadi aspek penting bagi setiap pengembang real estate. Penggabungan ini dinamakan Transit Oriented Development (TOD).TOD sendiri merupaka

Lanjutkan membacaJanuari 6, 2018

Daftar Hunian Rekomendasi dengan Kemudahan Akses Transportasi

RumahCom - Ketika akan membeli rumah, yang pertama kali dipertimbangkan orang umumnya adalah lokasi. Namun lokasi yang sangat strategis, seperti di pusat kota yang dekat pusat bisnis atau tempat kerja

Lanjutkan membacaJanuari 30, 2018

Masukan