Tips Menghitung Cicilan KPR untuk Milenial

Wahyu ArdiyantoFebruari 2, 2018

menghitung cicilan KPR untuk milenial

RumahCom – Masih muda dan berencana untuk beli rumah? Itu keren dan juga keputusan yang smart. Sebab bagi Anda yang termasuk generasi milenial masih belum banyak pengeluaran dan juga tanggungjawab. Tambah lagi jika cara pembayarannya melalui cicilan KPR, Anda berkesempatan punya jangka waktu pembayaran yang lebih panjang.

Baca juga: Panduan Beli Apartemen untuk Generasi Milenial

Namun apabila Anda berencana membeli rumah dengan memanfaatkan fasilitas KPR dari bank pastikan agar lebih teliti dan cermat. Ya, jangan sampai salah perhitungan karena akibatnya bisa bikin cicilan KPR jadi tidak lancar. Untuk itu simak tips menghitung cicilan KPR untuk milenial berikut ini.

  • Pada umumnya bank mematok nominal cicilan per bulan tak lebih dari 30% dari total penghasilan. Jika sudah menikah dan pasangan juga bekerja jumlah cicilannya bisa lebih besar karena bisa joint income. Kebijakan ini diambil demi kepentingan nasabah sendiri, agar sisa penghasilan bisa digunakan untuk keperluan hidup lain.
  • Besarnya cicilan KPR ditentukan dari besarnya uang muka dan jangka waktu KPR. Bila Anda ingin mendapat plafon kredit tinggi dengan cicilan rendah, bayarlah uang muka dengan nilai besar. Asumsinya dengan jangka waktu tetap: makin besar uang muka, makin kecil pula cicilannya.
  • Jika tak mampu membayar uang muka dengan jumlah besar, tetapi ingin cicilan tetap rendah, pilihlah KPR dengan jangka waktu panjang. Saat ini banyak bank yang memberikan jangka waktu cicilan (tenor) KPR selama 20 tahun, cocok bagi Anda yang termasuk generasi milenial. Akan tetapi perlu diingat, semakin panjang jangka waktu cicilan, makin banyak pula uang yang harus Anda bayarkan.

Simak panduan punya rumah untuk generasi milenial.

Misalnya nilai KPR yang hendak diajukan Rp200 juta dengan bunga efektif 12% per tahun. Jika Anda mengambil KPR berjangka waktu lima tahun, Anda perlu mencicil pokok plus bunga sebesar Rp 4.448.889 per bulan. Itu berarti total uang yang harus Anda setor ke bank sebesar Rp266.933.340.

Apabila jangka waktu kredit diperpanjang menjadi 10 tahun, cicilan per bulan hanya sekitar Rp2.869.418. Tetapi, coba hitung dengan teliti, berapa banyak total uang yang harus dibayarkan ke bank. Jumlahnya bisa mencapai Rp344.330.160 (hampir 150%).

Untuk simulasi hitung-hitungan cicilan KPR Anda, gunakan kalkulator KPR yang hanya ada di Rumah.com.

  • Dengan perhitungan yang tepat, Anda akan dapat mengambil keputusan yang tepat untuk jangka waktu pembayaran KPR tersebut. Namun akan lebih baik lagi jika Anda bersedia mengencangkan ikat pinggang selama jangka waktu tertentu untuk mendapatkan hitungan matematis yang lebih hemat dalam memilih produk dan skema cicilan KPR.

Tapi ada beberapa hal lain yang harus diingat. Pada awal transaksi, selain menyiapkan pembayaran atas uang muka, Anda juga harus memperhitungkan ongkos-ongkos lain, seperti cicilan KPR pada bulan pertama, pajak, biaya notaris, provisi, kredit, asuransi, hingga bea balik nama yang nominalnya juga tidak sedikit.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

Rahel Cohran
Mar 21, 2018
Halo. Saya adalah Bapak Rahel Cohran seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dan lain-lain. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk diinvestasikan atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak lebih jauh. seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata uang mata uang dengan tingkat 2% tanpa biaya dimuka. Saya ingin menggunakan media yang bagus ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan jenis pinjaman apa pun untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda. ya kemudian kembali sekarang melalui email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, anda sangat istimewa.
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Masih Banyak, Pilihan Rumah Rp300 Juta Bagi Kaum Milenial

RumahCom – Generasi Y atau lebih dikenal dengan sapaan ‘milenial’ adalah mereka yang lahir antara tahun 1981 hingga pertengahan tahun 1990-an.Menurut data Biro Pusat Statistik, jumlah penduduk y

Lanjutkan membacaNovember 28, 2017

Milenial Bisa Punya Rumah Asal Mampu Mengatasi Faktor Penghambatnya

RumahCom - Wacana bahwa generasi milenial akan kesulitan memiliki rumah memang cukup beralasan.Apalagi dari hari ke hari harga rumah semakin mahal. Hingga akhirnya membeli rumah dianggap mimpi yang ta

Lanjutkan membacaDesember 11, 2017

Generasi Milenial Masih Berpeluang Punya Rumah Sendiri

RumahCom – Perbandingan antara rata-rata kenaikan upah pekerja dengan rata-rata kenaikan harga properti menimbulkan kecemasan bahwa generasi milenial akan kesulitan memiliki rumah.Namun faktanya, su

Lanjutkan membacaDesember 27, 2017

Hunian Ideal untuk Generasi Milenial

RumahCom - Seperti apa sih pilihan hunian yang ideal untuk generasi milenial? Jawaban mudahnya, sesuaikan saja dengan rentang usianya. Ya, generasi yang lahir antara tahun 1981 hingga pertengahan tahu

Lanjutkan membacaJanuari 16, 2018

Masukan