Tahun Baru Imlek, Tahun Bagus Buat Pindah Rumah ke Kompleks

Wahyu ArdiyantoFebruari 13, 2018

tips pindah rumah

RumahCom – Tanpa terasa sebentar lagi perayaan tahun baru Cina atau yang juga dikenal dengan nama perayaan Imlek akan tiba. Tahun baru Imlek ini selalu dirayakan pada hari pertama kalender lunar Cina, pada penanggalan Masehi tahun ini jatuh pada 16 Februari. Dan berdasarkan siklus tahunan, tahun ini masuk ke tahun Anjing Tanah.

Baca juga: Lakukan 8 Hal ini Saat Pindah Rumah. Dijamin Mujur!

Terkait pergantian tahun, biasanya yang ingin diketahui banyak orang adalah seputar peruntungan shio-nya. Nah, bagi mereka yang berniat beli rumah biasanya akan timbul pertanyaan; Apakah tahun baru imlek ini tahun yang bagus buat pindah rumah? Atau tepatnya pindah ke komplek perumahan baru. Ya, bagi sebagian orang unsur hoki atau peruntungan dari rumah juga jadi pertimbangan. 

Masih bingung menemukan rumah yang tepat untuk Anda? Cari tahu di review properti yang disajikan secara obyektif dan transparan sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya.

Terkait masalah peruntungan, Abdreas Hartoyo, agen properti Ray White Harapan Indah Bekasi, menyatakan bahwa umumnya konsumen tidak terlalu detil soal fengshui hunian. Lebih cenderung mempertimbangkan posisi rumah agar tidak di posisi tusuk sate atau memiliki nomer rumah yang jelek.

“Meski jarang, tapi ada juga yang secara spesifik mempertimbangkan fengshui dan shio-nya. Dan bagi yang percaya feng shui dan mempertimbangkan shio-nya umumnya akan mempengaruhi pengambilan keputusan untuk membeli, selain dari lokasi dan keuangannya. Nah, agen properti yang punya pengetahuan dasar fengshui otomatis bisa mempermudah penjualannya,” jelas Abdreas.

Tidak mau repot saat akan membeli rumah? Manfaatkan saja jasa agen properti profesional yang dapat membantu transaksi pembelian properti Anda.

Di sisi lain sejumlah kalangan juga memprediksi pasar properti tahun 2018 atau di tahun Anjing Tanah ini akan tumbuh secara positif. Ada banyak instrumen yang disinyalir menjadi penyebab salah satunya seiring dengan perbaikan ekonomi.

Rumah.com Property Outlook 2018 memprediksi harga properti berpeluang naik hingga 5%, sementara suplai hunian berpeluang meningkat hingga 20%. Salah satu indikator pendukungnya adalah kebijakan pemerintah.

Kebijakan pemerintah dalam pembiayaan perumahan masih akan menjadi penentu pasar properti di 2018. Harga dan suplai properti, terutama pada sektor residensial, diperkirakan meningkat pada 2018. Permintaan pasar akan tetap stabil, terutama pada pasar properti di bawah Rp1 miliar.

Proyek properti baru yang menawarkan kemudahan akses, transportasi publik, serta jaminan keamanan akan menjadi faktor utama yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli properti tersebut.

Nah, itu artinya tahun ini adalah tahun yang bagus untuk punya rumah dan pindah ke rumah baru. Dan yang perlu Anda perhatikan:

Simak tips memilih hunian yang ideal berikut ini:

Waktu yang Bagus Buat Pindah Rumah
Mencari hari yang bagus untuk pindah rumah memang tidak mudah. Tapi kita bisa menentukan hari pantangan untuk pindah. Di sini kita tentukan shio Anda atau kepala keluarga, agar pada saat pindahan itu bukan pada hari chong (konflik) dengan shio-nya.

Hal yang paling utama, sebaiknya tidak pindah pada tahun, bulan, dan hari yang konflik dengan diri Anda atau kepala keluarga. Ada 6 pasangan Shio yang saling konflik, yaitu:

  • NAGA konflik dengan ANJING (bulan ANJING = OKTOBER)
  • ULAR konflik dengan BABI (bulan BABI = NOPEMBER)
  • KUDA konflik dengan TIKUS (Bulan TIKUS = DESEMBER)
  • KAMBING konflik dengan KERBAU (Bulan KERBAU = JANUARI)
  • MONYET konflik dengan MACAN (Bulan MACAN = PEBRUARI)
  • AYAM konflik dengan KELINCI (Bulan KELINCI = MARET)
  • ANJING konflik dengan NAGA (Bulan NAGA = APRIL)
  • BABI konflik dengan ULAR (Bulan ULAR = MEI)
  • TIKUS konflik dengan KUDA (Bulan KUDA = JUNI)
  • KERBAU konflik dengan KAMBING (Bulan KAMBING = JULI)
  • MACAN konflik dengan MONYET (Bulan MONYET = AGUSUTUS)
  • KELINCI konflik dengan AYAM (Bulan AYAM = SEPTEMBER)

Jika Anda akan memperhitungkan suami-isteri atau anak-anak, bisa juga mengambil bulan dan hari yang tidak konflik dengan mereka. Untuk menentukan harinya, diperlukan Kalender Tung Shu (Penanggalan Hsia) yang tersedia di toko-toko buku.

Dengan menghindari tahun, bulan, dan hari yang konflik, maka selanjutnya Anda mendapatkan bulan atau hari yang tidak konflik. Selanjutnya Anda bisa memilih dari bulan dan hari yang tersisa itu, yaitu yang baik untuk Anda, dalam feng shui dikenal istilah He (harmonis) atau Hap. Adapun shio-shio yang harmonis adalah:

  • NAGA dengan AYAM
  • ULAR dengan MONYET
  • KUDA dengan KAMBING
  • BABI dengan MACAN
  • TIKUS dengan KERBAU
  • KELINCI dengan MACAN

Jam yang Bagus Buat Pindah Rumah
Lantas, bagaimana menentukan jam pindah? Ini lebih sederhana, yaitu dengan cara menghindari jam yang konflik dan mengambil jam yang He atau Hap, seperti berikut:

  • Jam 05:00 – 06:59 = Jam KELINCI
  • Jam 07:00 – 08:59 = Jam NAGA
  • Jam 09:00 – 10:59 = Jam ULAR
  • Jam 11:00 – 12:59 = Jam KUDA
  • Jam 13:00 – 14:59 = Jam KAMBING
  • Jam 15:00 – 16:59 = Jam MONYET
  • Jam 17:00 – 18:59 = Jam AYAM

Jam pindah malam atau dini hari (subuh) kecil kemungkinan dipakai orang untuk pindah rumah. Jadi tahun baru imlek tahun bagus buat pindah rumah ke kompleks perumahan baru. Simak puluhan pilihan perumahan baru yang telah kami review dengan harga mulai dari Rp500 jutaan.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Pindah Rumah

RumahCom – Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan saat pindah rumah adalah buru-buru mengepak barang akibat terbatasnya waktu. Katakan saja karena rumah Anda sudah ada yang akan menempati atau m

Lanjutkan membacaOktober 6, 2017

Langkah Demi Langkah Pindah Bank KPR

RumahCom –  Kredit Pemilikan Rumah (KPR) take over atau pindah bank KPR sering dipilih orang dalam menangani masalah kredit macet. Pasalnya ada banyak manfaat yang bisa didapat dari melakukan KPR

Lanjutkan membacaOktober 24, 2017

Jangan Sampai Kelewatan Program Imlek dari Pengembang Perumahan!

RumahCom – Menyambut Tahun Baru Cina 2018, sejumlah pengembang perumahan tak segan untuk menawarkan promo menarik. Beragam promosi mulai dari potongan harga menggiurkan hingga hadiah langsung diobr

Lanjutkan membacaJanuari 17, 2018

Lima Perumahan Ini Beri Diskon Spesial Imlek!

RumahCom – Tahun Baru Imlek 2018 akan berlangsung pada 16 Februari mendatang. Di tahun anjing tanah, banyak yang mengatakan bahwa ini merupakan momen bagus bagi Anda yang ingin memperbaiki kondis

Lanjutkan membacaJanuari 25, 2018

Masukan