Inilah Harga Rumah Paling Diminati di Tahun 2017

Wahyu ArdiyantoMaret 13, 2018

harga rumah paling diminati

RumahCom – Harga hunian, baik rumah maupun apartemen, memang terus naik setiap tahunnya. Bisa dimaklumi karena makin lama ketersediaan lahan untuk hunian memang kian sedikit. Dan sebagai kebutuhan dasar, sekalipun terus naik setiap tahunnya, tetap saja banyak orang yang ingin memilikinya, membeli rumah. Dan tahukah Anda harga rumah paling diminati di tahun 2017 lalu?

Tapi sebelum mengupas harga rumah paling diminati di tahun 2017 lalu, survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018 yang diselenggarakan Rumah.com bersama Iembaga riset Intuit asal Singapura, menunjukkan bahwa masyarakat lebih mengutamakan kualitas hidup, sebelum mempertimbangkan harga saat membeli rumah.

Baca juga: Survei Terbaru: 1 dari 100 Orang Indonesia Punya Properti di Luar Negeri  

Survei juga memaparkan bahwa lokasi masih menjadi pertimbangan mayoritas responden saat diminta menyebutkan sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan ketika membeli rumah, seperti:

  • Sebanyak 92% responden mencantumkan ‘Lokasi’ sebagai salah satu faktornya
  • Sementara ada 75% mencantumkan faktor ‘Keamanan’
  • 72% mencantumkan ‘Mudah Dijangkau Transportasi Umum’
  • 65% menempatkan ‘Infrastruktur dan Fasilitas Umum’
  • 60% responden menempatkan ‘Harga Properti’ di urutan kelima

Ya, masih banyak yang menjadikan lokasi sebagai prioritas utama ketika membeli rumah. Dari hasil survei tersebut sebanyak 39% responden menempatkan Jakarta sebagai lokasi favorit untuk pembelian properti di masa depan. Lalu disusul Bogor dengan 27%, dan diikuti Depok sebanyak 23%.

Harga Rumah Paling Diminati di Tahun 2017

Dan yang menarik, sekalipun harga hunian terus naik setiap tahunnya namun hasil survei ternyata menempatkan ‘Harga Properti’ di posisi kelima, tidak berubah dibandingkan semester sebelumnya.

Padahal berdasarkan survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017 alasan di posisi pertama mengapa orang belum punya atau membeli properti adalah tidak punya uang untuk DP atau uang mukanya. Lengkapnya:

  1. Tidak punya uang muka (53%)
  2. Harga yang terlalu tinggi (32%)
  3. Belum siap (28%)

Lantas berapa harga rumah paling diminati di tahun 2017 lalu?

  1. Paling banyak berada di kisaran Rp750 juta ke bawah (84%)
  2. Kemudian Rp750 juta hingga Rp1 miliar (7%)
  3. Dan mulai Rp1 miliar hingga Rp1,5 miliar (5%)

Mau beli rumah pakai KPR Syariah? Simak panduannya.

Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan menyatakan, bahwa keputusan membeli rumah perlu didasari dengan pertimbangan jangka panjang. Hal ini terkait jumlah uang yang besar serta banyaknya pihak yang harus dikelola kepentingannya saat memilih sebuah tempat tinggal.

“Oleh karena itu, meski harga adalah faktor penting, lokasi, keamanan, akses, dan fasilitas di sekitar menjadi jauh lebih penting. Harapannya, hunian yang ditinggali bisa mendukung kebutuhan hidup mereka, mulai dari kebutuhan sehari-hari, kesejahteraan dan kesehatan keluarga, pendidikan anak, hingga kemudahan menjangkau tempat kerja,” tambahnya.

Dan berdasarkan survei ini, ternyata terdapat 51% pembeli rumah pertama. Lalu pembeli rumah kedua atau upgrader 23% dan 20% sebagai investor. Nah, khusus bagi upgader dan investor pertimbangan beli rumahnya tentu berbeda dengan pembeli rumah.

“Bagi investor, kepemilikan properti seperti ini tentunya dengan harapan nilai imbal balik yang tinggi di masa yang akan datang,” papar Suprapto Pegeng, Direktur Utama PT Belitung Golf and Resorts, yang mengembangkan proyek Black Rocks Golf Belitung yang berlokasi di Kawasan Pariwisata Desa Tanjung Tinggi, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Black Rocks Golf Belitung merupakan proyek properti yang memadukan Lapangan Golf dengan Perumahan Eksklusif dan Premium yang dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam yaitu bebatuan granit dan danau natural seluas 30 Hektar serta pantai pasir putih sepanjang 2,5 km yang +40 menit dari kota Jakarta.

Ditambahkan Andy K Natanael, Founder PROJEK dan PROVIZ yang juga bertindak sebagai konsultan pemasaran Black Rocks Golf Belitung, keunggulan proyek Black Rocks Golf Belitung perlu dipertimbangkan oleh investor. 

Misalnya kawasan hunian di pesisir pantai dengan memadukan keindahan alam yang spektakuler antara danau, laut, dan bebatuan granit yang menjadi signature di Kepulauan Belitung. Lalu menjadi The First Championship Golf Course dengan struktur lapangan yang sangat menarik dan challenging untuk bermain golf diantara bebatuan granit yang menjadi tantangan tersendiri bagi para golfer yang hanya berkisar +40 menit dari Jakarta.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Survei Rumah.com: Tanah Kavling dan Ruko Kian Diminati

RumahCom - Rumah.com hari ini merilis data terbaru selama semester pertama tahun 2016 tentang perilaku orang Indonesia dalam menemukan properti idaman. Secara umum, hunian, khususnya rumah tapak m

Lanjutkan membacaJuni 17, 2016

Hampir 100% Konsumen Lebih Mementingkan Lokasi Dibanding Harga

RumahCom – Berdasarkan hasil survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017, 92% dari konsumen properti di Indonesia menempatkan lokasi sebagai faktor penting dalam pemilihan hunian

Lanjutkan membacaFebruari 19, 2018

Ketahui Kondisi Harga Properti Terkini Lewat Property Index

RumahCom – Sebagai portal properti terdepan di Indonesia, Rumah.com selalu berusaha membantu jutaan masyarakat Indonesia dalam menemukan properti yang tepat dan harga yang akurat. Upaya tersebut dir

Lanjutkan membacaAgustus 13, 2019

Masukan