Bogor: Alternatif Hunian Baru untuk Milenial dan Keluarga Muda

Wahyu ArdiyantoApril 11, 2018

bogor alternatif hunian baru

RumahCom – Bogor alternatif hunian baru untuk milenial dan keluarga muda. Ya, bagi milenial dan keluarga muda yang mau membeli hunian berupa rumah tapak di Jakarta sepertinya harus kembali berpikir ulang mengingat harganya yang terus melambung tinggi.

Ike Hamdan, Head of Marketing Rumah.com mengatakan, “Apartemen jadi satu-satunya solusi bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas namun ingin tinggal di Jakarta. Dan ini bisa jadi solusi ideal bagi milenial dan keluarga muda untuk punya rumah.”

“Hal ini masuk akal mengingat harga rumah tapak di Jakarta Selatan seperti Kebagusan, Jagakarsa, dan sekitarnya sudah berada pada kisaran di atas Rp1,5 miliar. Sementara di perbatasan seperti rumah di Bintaro juga sudah mencapai Rp800 jutaan ke atas,” jelasnya.

Cek di sini untuk simulasi cicilan kredit KPR Anda perbulannnya lewat kalkulator KPR.

Selain Tangerang, Bekasi, dan Depok, Bogor memang termasuk kawasan penyangga Jakarta yang dinilai kian potensial sebagai lokasi hunian bagi para milenial dan keluarga muda yang yang bekerja di Jakarta namun tinggal di luar kota, khususnya perbatasan Jakarta.

  • Didukung Gencarnya Pembangunan Infrastruktur

Lokasinya yang tidak jauh dari Ibukota, bebas banjir, lingkungan yang nyaman dan sejuk, harga terjangkau, memiliki prospek investasi yang bagus, plus bonus pemandangan yang cantik juga merupakan beberapa kriteria yang membuat  Bogor jadi alternatif hunian baru untuk milenial dan keluarga muda.

Ada banyak faktor terkait pergerakan harga yang bikin perumahan di Bogor wajib Anda lirik. Misalnya sokongan sektor transportasi yang baik, seperti KRL Jabotabek jurusan Bogor-Jakarta Kota guna mengangkut warga Bogor yang bekerja di Ibukota.

Kawasan ini juga menyimpan potensi besar lewat gencarnya pembangunan infrastruktur dengan rencana jaringan jalan Bogor Outer Ring Road (BORR), Bogor Inner Ring Road (BIRR), jalan Poros Tengah Timur (jalur Puncak Dua), dan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sejauh 54 km.

Dari rencana tiga seksi tahapan pembangunan BORR, dua di antaranya kini telah rampung. Dan untuk tol Bocimi, seksi I dari Ciawi sampai Cigombong sepanjang 15,3 km akan beroperasi mulai Juli 2018. Seksi II dari Cigombong sampai Cibadak ditargetkan selesai 2019, sedangkan seksi III sampai Sukabumi Timur akan selesai tahun 2020.

Mau berbisnis properti namun tidak memiliki modal banyak? Simak video panduan memanfaatkan KPR untuk investasi rumah berikut ini.

Apalagi dengan pembangunan infrastruktur kereta ringan (light rail transit/LRT) yang digadang-gadang bakal bikin pasar hunian tapak di Bogor makin dilirik banyak orang. Berdasarkan catatan Rumah.com Property Index, rumah dengan harga di bawah Rp1 miliar di Bogor pada Q1 2017 hingga menjelang akhir Q1 2018 mengalami pergerakan yang fluktuatif.

Pada Q1 2017 median harga rumah di bawah Rp1 miliar di Bogor sebesar Rp5 juta/meter persegi. Sementara di Q1 2018 terjadi penurunan tipis mencapai Rp250 ribu. Meski median harganya mengalami pergerakannya yang fluktuatif, namun ke depannya pangsa rumah tapak di Bogor diprediksi akan mengalami peningkatan pasca beberapa proyek infrastruktur seperti Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi II selesai.

  • Punya Banyak Pilihan Hunian

Andy K Natanel, founder PROJEK, aplikasi pemasaran property online, mengatakan, pasar landed house di Bogor sangat baik. “Bogor merupakan daerah penyanggah Jakarta, dengan jangkauan yang masih cukup luas,transportasinya cukup tersedia, dan merupakan daerah yang sedang berkembang, sehingga ceruk pasar perumahan masih cukup tinggi, terutama keluarga muda atau kaum millenial,” ujarnya.

Terkait potensi Bogor, Direktur utama PT Mekar Agung Sejahtera, Sengkono Dharmawan, yang tengah mengembangkan proyek perumahan Bali Resort Bogor yang berlokasi di Rancabungur, Bogor, mengatakan, “Kami menawarkan hunian dengan konsep nuansa Bali dimana didalamnya ada taman-taman tematik, ornamen-ornamen Bali yang melengkapi berbagai fasilitas perumahannya. Kami membidik segmen pasar keluarga muda dan juga kaum millenial karena potensi pasarnya masih cukup besar di sini,” tambahnya.

Rumah di Bali Resort Bogor ini terdiri dari berbagai type yaitu: 33/66, 38/77, 45/90, 45/102, 62/66, 62/77, 79/90, 79/102, 93/105, 101/119 dan Ruko 2 lantai. Harganya mulai Rp300 jutaan sampai Rp1 miliaran. Cara pembayarannya sangat flexible, ada cash keras, cash bertahap 18 X, dan KPR dengan  DP 15 % dapat dicicil 18X. “Untuk tahap awal kami akan membangun cluster Kintamani pada April ini yang secara bertahap akan diserah terimakan kepada konsumen sekitar awal tahun 2019,” ujar Sengkono Dharmawan.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Menyorot Pergerakan Harga Rumah Tapak di Bogor yang Kian Kesohor

RumahCom – Selain Tangerang, Bekasi, dan Depok, Kota Hujan Bogor yang termasuk salah satu kawasan penyangga Jakarta dinilai kian potensial sebagai lokasi hunian bagi para pekerja komuter alias orang

Lanjutkan membacaDesember 13, 2017

Apartemen di Bogor Makin Menggoda

RumahCom – Menyandang label Kota Hujan, pasar properti di Bogor terutama sektor apartemen menunjukkan tren yang positif. Menurut sejumlah pengembang yang bermain di proyek high rise building seper

Lanjutkan membacaDesember 20, 2017

Generasi Milenial Jangan Ditipu!

RumahCom - "Generasi milenial jangan ditipu!" Itulah pesan yang disampaikan Joice Farida, Expert Lecture Consumer Banking BRI Corporate University kepada para agen properti (principal/member broker d

Lanjutkan membacaMaret 22, 2018

Sistem Cicilan Ini Bantu Milenial Punya Rumah

RumahCom – Ketidakseimbangan antara pendapatan dengan harga hunian di pasaran disinyalir sebagai kendala milenial dalam membeli rumah. Meski begitu, kalangan milenial mengaku tetap optimistis bisa

Lanjutkan membacaMaret 22, 2018

Masukan