Tips Investasi Properti Bagi Generasi Milenial

Wahyu ArdiyantoApril 26, 2018

tips investasi properti

RumahCom – Mungkinkah bila generasi milenial berinvestasi di bidang properti? Jawabannya jika tingginya harga properti dianggap sebagai halangan maka jelas tidak mungkin. Sebaliknya, jika tingginya harga properti dianggap sebagai peluang maka investasi di bidang properti jelas perlu dilirik generasi milenial.

Ya, tingginya harga properti bukan hanya terjadi di pusat kota, namun juga sejumlah area penyangga di sekitarnya. Dan meski membutuhkan modal yang cukup besar, namun peluang bisnis ini juga cocok dijajal generasi milenial.

Harus diakui, masalah utama yang menjadi kendala investor muda seperti generasi milenial adalah soal pembiayaan. Tidak hanya tabungan yang terbatas, mereka pastinya akan kesulitan untuk mendapat pinjaman dalam jumlah besar.

Tapi, jangan menyerah dulu. Disadur dari artikel realestate.com.au, Rumah.com akan menjabarkan beberapa tips investasi properti bagi generasi milenial. Simak tipsnya berikut ini.

  • Mengurangi pengeluaran bulanan

Generasi milenial yang baru saja lulus kuliah dan baru mulai bekerja biasanya akan mengalami perubahan pola hidup. Pengeluaran yang cenderung boros sebaiknya mulai dihindari sebelum Anda terjebak dalam gaya hidup yang salah.

Soal tempat tinggal, sebaiknya tetap tinggal dengan orangtua demi menekan biaya sewa hunian dan konsumsi sehari-hari.

  • Terbebas dari hutang

Jika ingin meminjam uang dari bank, katakan saja lewat pengajuan KPR, maka semua catatan keuangan Anda akan dicek secara rinci. Mulai dari pinjaman cicilan mobil sampai dengan limit kartu kredit yang dimiliki.

Hal seperti ini jelas berpengaruh besar terhadap kemampuan Anda untuk membayar cicilan per bulannya. Untuk itu pastikan Anda terbebas dari segala bentuk utang, baik yang berkaitan langsung dengan bank ataupun tidak.

  • Mulai menabung sedini mungkin

Mulai biasakan diri untuk menyisihkan sebagian penghasilan Anda ke dalam tabungan. Ingat, semakin besar jumlah tabungan Anda maka akan memengaruhi kemampuan Anda untuk membayar DP rumah atau apartemen yang akan Anda beli. Semakin besar DP maka akan semakin kecil pula cicilan per bulannya.

Mau berbisnis properti namun tidak memiliki modal banyak? Simak video panduan memanfaatkan KPR untuk investasi rumah berikut ini.

  • Pertimbangkan untuk kerja sambilan

Tidak ada salahnya juga untuk memulai kerja sambilan. Bekerja sambilan bisa dilakukan dari hobi atau passion yang Anda miliki. Dengan memiliki penghasilan ekstra maka Anda juga akan mendapat prioritas lebih dari bank untuk meminjam uang lebih.

  • Pertahankan riwayat pinjaman yang bersih

Sekali lagi, bank sangat selektif untuk menentukan calon nasabah kreditnya. Jika Anda pernah memiliki riwayat pinjaman yang buruk atau masuk dalam daftar hitam BI maka peluang persetujuan pengajuan pinjaman Anda akan sangat kecil sekali.

Untuk memastikan catatan pinjaman Anda selalu lancar, pastikan Anda selalu membayar tagihan tepat waktu.

  • Minta bantuan dari orangtua atau kolega

Ini adalah cara paling mudah untuk mendapatkan pembiayaan ketika ingin berinvestasi di pasar properti. Anda bisa meminjam dana yang cukup besar tanpa perlu khawatir soal bunga pinjamannya. Meski begitu, Anda tetap harus profesional dan memastikan uang pinjaman tersebut dikembalikan tepat waktu.

Dengan beberapa cara di atas, Anda bisa mulai memilih berinvestasi properti dengan harga yang relatif terjangkau. Seperti apartemen di pinggiran kota, atau rumah tapak tipe sederhana. Semakin cepat Anda memulai, maka akan semakin cepat Anda untuk mendapat return of investment (balik modal).

Nah, salah satu apartemen di pinggiran kota yang bisa Anda lirik misalnya seperti Kawana Golf Residence yang berada di kawasan Jababeka Residence, Cikarang, Jawa Barat. Apartemen ini sangat potensial dijadikan investasi mengingat ada lebih dari 1.700 perusahaan multinasional dari 30 negara di sekitar kawasan industri Cikarang.

Apartemen ini pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mempunyai akses langsung bermain golf sehingga disambut dengan antusiasme tinggi dari para investor. Terbukti hingga April 2018, tower I Kawana Golf Residence yang mencakup 234 unit sudah terserap 100%.

Keunggulan lainnya, jaringan infrastruktur transportasi juga menjadi daya tarik Kawana Golf Residence. Misalnya seperti pembangunan stasiun MRT Balaraja-Cikarang yang akan terletak di pusat CBD Jababeka, elevated toll road Jakarta-Cikampek yang akan beroperasi pada 2019 dan perpanjangan jalur LRT sampai Cikarang.

Pembangunan tersebut melengkapi 3 akses pintu tol Cikarang dan Stasiun KRL Commuter Line yang hanya berjarak tempuh 15 menit dari kawasan Jababeka. Itulah tips investasi properti bagi generasi milenial.

Dan sebelum berinvestasi ada baiknya menggali informasi properti secara komprehensif, mulai dari lokasi properti favorit konsumen, hingga ke harga hunian baik perumahan maupun apartemen di Indonesia lewat Rumah.com Property Index.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Menghitung Cicilan KPR untuk Milenial

RumahCom – Masih muda dan berencana untuk beli rumah? Itu keren dan juga keputusan yang smart. Sebab bagi Anda yang termasuk generasi milenial masih belum banyak pengeluaran dan juga tanggungjawab.

Lanjutkan membacaFebruari 2, 2018

Kaum Milenial Makin 'Pede' Beli Rumah

RumahCom – Kondisi pasar properti yang lebih positif mendapat sambutan yang baik dari generasi milenial. Mereka optimistis dengan rencananya untuk membeli rumah dalam enam bulan ke depan.Hal ini ter

Lanjutkan membacaFebruari 27, 2018

Hunian Vertikal, Solusi Agar Milenial Punya Rumah

RumahCom – Peluang untuk generasi milenial punya rumah masih besar. Hal ini senada dengan catatan Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017, yang menunjukkan 57% dari 1020 responden

Lanjutkan membacaFebruari 27, 2018

Sistem Cicilan Ini Bantu Milenial Punya Rumah

RumahCom – Ketidakseimbangan antara pendapatan dengan harga hunian di pasaran disinyalir sebagai kendala milenial dalam membeli rumah. Meski begitu, kalangan milenial mengaku tetap optimistis bisa

Lanjutkan membacaMaret 22, 2018

Masukan