Rumah.com Edukasi Milenial di Ngobrol Properti Bareng Kadin

Fathia AzkiaApril 27, 2018

ngobrol properti bareng kadin-rumahcom

RumahCom – Dalam bincang-bincang “Kapan Beli Properti” bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Kamis (26/4), Country Manager Rumah.com, Marine Novita memaparkan sejumlah stigma dan tantangan yang dihadapi generasi milenial dalam membeli rumah idaman.

Tak menutup mata, kebanyakan kaum muda dengan rentang usia 21 sampai 39 tahun ini lebih memprioritaskan leisure alias beli pengalaman daripada memikirkan tujuan investasi. Meski begitu, tingkat ketertarikan mereka terhadap properti baik rumah atau apartemen rupanya cukup besar.

Simak juga: Milenial, Jangan Tunda Lagi Rencana Beli Rumah!

“Memang benar leisure masih jadi prioritas. Akan tetapi, fokus untuk bisa memiliki rumah idaman juga tetap ada. Ini bisa dilihat dari profil pengunjung yang mencari properti di Rumah.com, di mana 44%-nya merupakan kalangan milenial muda berusia 21-29. Selanjutnya 35% datang dari kalangan milenial tua usia 30-39 tahun,” tutur Marine saat menjadi salah satu pembicara di panel diskusi.

Acara Ngobrol Properti Bareng Kadin turut dihadiri sejumlah narasumber lain mulai dari Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno; Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia, Rosan P Roeslani; President Director Summarecon, Adrianto P. Adhi; dan Strategic Development & Services CEO Sinar Mas Land, Ishak Chandra.

Simak panduan punya rumah untuk generasi milenial!

Dari sini, Rumah.com menangkap apa yang dianggap sebagai tantangan bagi milenial sehingga mereka belum menempatkan kepemilikan properti di posisi utama. Marine menyebut kurangnya edukasi dan advokasi dari pihak yang relevan sebagai salah satu faktor penting.

“Sangat wajar jika dalam proses pencarian hingga mengambil keputusan membeli rumah, generasi milenial ini kadang-kadang mengalami keraguan, terutama jika melihat harga rumah yang mencapai ratusan juta rupiah dan rumitnya proses transaksi pembelian yang diperlukan. Kami hadir memberikan panduan bagi generasi milenial untuk bisa memiliki rumah,” ia menambahkan.

(Jangan coba-coba beli rumah di pinggir kota tanpa menyimak ulasan wilayahnya di Area Insider Rumah.com)

Salah satu bentuk kepedulian yang dilakukan Rumah.com diwujudkan dengan menghadirkan fitur-fitur, yang dapat membantu pencari rumah mengambil keputusan dengan mandiri dan percaya diri.

Diantaranya Rumah.com Property Index yang bisa dimanfaatkan kaum milenial saat membutuhkan informasi dan data properti yang transparan, khususnya tentang harga properti di lokasi hunian yang diinginkan.

Ada pula fitur Kalkulator KPR yang disediakan Rumah.com. Melalui fitur ini generasi milenial bisa mendapatkan simulasi pembiayaan ideal yang besarnya didasarkan pada pemasukan yang mereka dapatkan.

Mengambil keputusan pembelian hunian memang tidak mudah, tetapi di dalam prosesnya Rumah.com akan selalu hadir untuk membantu generasi milenial mengambil keputusan dengan mandiri dan lebih percaya diri.

“Rumah.com terus melakukan inovasi dari sisi teknologi dengan menyediakan solusi yang tepat untuk membantu mewujudkan hunian idaman. Salah satunya adalah memungkinkan pengunjung khususnya milenial melakukan tur virtual 3 Dimensi di Rumah.com. Dari fitur ini, mereka dapat menjelajahi seluruh area rumah, seperti kamar tamu, kamar tidur atau kamar mandi, melalui komputer maupun smartphone dari lokasi manapun,” kata Marine.

Hal ini dimungkinkan dengan teknologi Matterport yang digunakan, sehingga konsumen yang memiliki waktu terbatas pun tetap dapat memperoleh informasi terbatas tentang lokasi dan properti pilihan.

Jika Anda merupakan pembeli hunian pertama dan masih ragu dengan rumah tinggal incaran Anda, tanyakan apa saja informasi yang dibutuhkan melalui Tanya Agen. Sedangkan daftar apartemen di lokasi strategis harga mulai Rp500 juta ada di sini.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Milenial Masih Bisa Punya Rumah Walau Harga Naik Terus

RumahCom - Sejumlah riset menyebutkan harga rumah yang terus naik bisa tak terkejar oleh banyak anak muda, atau yang akrab disapa generasi milenial. Namun tak usah khawatir, solusi selalu ada.Rumah.co

Lanjutkan membacaSeptember 7, 2017

Sistem Cicilan Ini Bantu Milenial Punya Rumah

RumahCom – Ketidakseimbangan antara pendapatan dengan harga hunian di pasaran disinyalir sebagai kendala milenial dalam membeli rumah. Meski begitu, kalangan milenial mengaku tetap optimistis bisa

Lanjutkan membacaMaret 22, 2018

Properti Masih Dibeli untuk Dihuni, Bukan Investasi

RumahCom – Minat masyarakat terhadap sektor properti di Indonesia sebagian besar merupakan pemenuhan kebutuhan akan tempat tinggal. Rumah.com Property Affordability Sentiment Index Semester Pertam

Lanjutkan membacaApril 4, 2018

Mitos-mitos Penghambat Milenial Beli Rumah (Bag 1)

RumahCom – Generasi milenial dianggap masih belum melihat pentingnya berinvestasi khususnya di sektor properti. Disebut ada banyak alasan yang melatarbelakangi kurang minatnya generasi tersebut u

Lanjutkan membacaApril 25, 2018

Mitos-mitos Penghambat Milenial Beli Rumah (Bag 2)

RumahCom – Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018 menunjukkan bahwa sebanyak 63% responden mengaku berencana membeli rumah dalam enam bulan ke depan.Dari total responden yang opt

Lanjutkan membacaApril 25, 2018

Masukan