Mendesain Interior Rumah dengan Bujet Minim

Fathia AzkiaMei 28, 2018

RumahCom – Sadarkah Anda, bahwa mendesain interior rumah tak perlu menguras bujet yang berlebihan? Ya, dana terbatas pun nampaknya takkan mengurangi nilai keindahan dan kenyamanannya.

Memang sudah semestinya, desain interior dirancang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemiliknya. Maka, wajar saja jika sebuah desain interior dikatakan berhasil dan sukses, bila sang pemilik rumah merasa nyaman beraktivitas dan tinggal di dalamnya.

interior-budget-1

www.apartmenttherapy.com

Untuk mencapai tampilan ruangan yang diinginkan, Balkonie.com memaparkan tiga poin penting yang dapat Anda ikuti;

  1. Cat

Meskipun lukisan adalah investasi termurah yang dapat Anda buat, namun cat juga merupakan salah satu aspek dengan hasil yang paling dramatis. Gunakan cat untuk memberikan beberapa warna pada dinding-dinding untuk tampilan yang segar, baru dan tidak mahal.

  1. Lakukan sendiri!

Anggaran terbesar dalam mendesain interior rumah adalah, mempekerjakan orang lain untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri.

Pertimbangkan apa yang akan Anda simpan dengan mengambil beberapa proyek yang relatif sederhana: lukisan, ubin, memasang lantai baru, panel tirai jahitan atau bantal. Apapun yang Anda suka, maka cobalah lakukan sendiri!

  1. Hubungi Keluarga dan Teman

Anda mungkin tidak memiliki segepok uang tunai atau pengetahuan yang banyak mengenai desain interior. Tetapi ingat, Anda memiliki sumber daya lain yang dapat membantu Anda untuk mewujudkan keinginan akan rumah idaman.

Oleh karena itu panggilah sekelompok kerabat, teman atau tetangga, yang dapat membantu Anda untuk merobek panel dinding, mengecat atau memasang furnitur di tiap ruangan. Namun jangan lupa untuk memberi mereka kudapan dan makan siang, ya!

Setelah menerapkan tiga poin di atas, inilah sebagian cara unik dalam mendesain interior rumah dengan bujet yang minim dan pas di kantong Anda;

  • Lapisi Area dengan Kanvas

Gantung kanvas yang dicat dengan cat lateks untuk mencerahkan dinding yang kosong. Kanvas dapat mengisi dinding, dan Anda pun tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menghias dinding Anda.

interior-budget-2

www.realsimple.com

  • Gantung Piring-piring

Piring dengan warna yang beragam dapat membuat pengaturan dinding menjadi lebih segar. Warna, ukuran, dan tekstur, sangat penting untuk dijadikan acuan dalam proses mendekorasi.

Letakkan piring dengan corak yang menonjol di tengah dinding, lampirkan kawat gantungan piring dan piring pun dapat digantung menjadi dekorasi ruang keluarga Anda!

www.realsimple.com

www.realsimple.com

  • Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu dari aksesoris standar yang dapat membangun kepribadian, karakter dan gaya dari sebuah ruangan. Tidak perlu menggunakan lampu gantung yang mencolok ataupun kipas di langit-langit, cukup aplikasikan tampilan lampu yang lebih unik.

Tidak perlu berbelanja di toko kelas atas, Anda cukup menjelajahi pasar loak atau toko yang ramah harga, untuk bisa mendapatkan lampu yang lebih unik dengan biaya yang hemat.

homedecorationtrends.com

homedecorationtrends.com

  • Kain

Kain adalah cara yang mudah dan murah, untuk menggabungkan semua elemen dari ruangan Anda. Bereksplorasilah dengan menggabungkan pola, gaya dan tekstur yang berbeda dari kain, dalam segala sisi. Mulai dari window treatment hingga aksesoris dan furnitur. (Dina Rifqiana/ Fathia Azkia)

www.roombowl.com

www.roombowl.com

Desain interior dari tahun ke tahun terus berkembang, semakin banyak hal-hal baru dan terobosan inovatif di bidang ini.

Untuk itu, Situs properti terdepan di Indonesia, Rumah.com, yang merupakan bagian dari PropertyGuru Group kembali menyelenggarakan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2018.

Dipersembahkan oleh Kohler dan didukung oleh portal resmi Rumah.com, situs web properti terkemuka di Indonesia, pada penghargaan tahun ini terdapat penambahan kategori baru sebagai penghargaan terhadap inovasi di segmen niche, termasuk Pengembangan Kota Mandiri Terbaik (Best Township Development), Pengembangan Pusat Gaya Hidup Terbaik (Best Lifestyle Centre Development), dan Pengembangan Kawasan Industri Terbaik (Best Industrial Development).

Tahun ini, juri-juri PropertyGuru Indonesia Property Awards 2018 berasal dari tokoh-tokoh desain yang disegani di Indonesia. Doddy A. Tjahjadi, Managing Director PTI Architects terpilih sebagai ketua baru dewan juri independen, menggantikan Hendra Hartono, CEO  PT Leads Property Services Indonesia, yang tetap berada di panel juri.

Sebelumnya, Tjahjadi menjabat sebagai juri untuk kompetisi ini, Tjahjadi adalah salah satu nama yang paling dihormati di industri desain arsitektur, di mana timnya menjadi salah satu firma arsitektur utama negara ini selama lebih dari satu dekade.

Doddy juga dibantu oleh dewan juri yang merupakan praktisi terbaik di bidangnya, salah satunya adalah Joke Roos. Ia merupakan salah satu desainer Indonesia yang berprestasi di kancah internasional.

Ia memulai karirnya sebagai konsultan mandiri pada 1996 setelah sebelumnya bekerja pada Ahara Prima Design. Setelah lulus dari jurusan arsitektur Universitas parahyangan Bandung, Joke bersama suaminya, Denny Gondo, kemudian mendirikan Studio Air Putih.

Proyek-proyek yang dikerjakan kerap mendapatkan penghargaan salah satunya Award of Excellence 24th Annual IALD Lightning Design Award di New York pada 2007.

Penghargaan ini juga bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada pelaku properti yang telah memberikan produk yang berkualitas kepada masyarakat.

Anda juga bisa mengirimkan nominasinya mulai saat ini. Pendaftaran dari para pengembang yang memenuhi syarat akan diterima sampai 3 Agustus 2018. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PropertyGuru Indonesia Property Awards, silakan mengirimkan email awards@propertyguru.com atau kunjungi: AsiaPropertyAwards.com/indonesia-property-awards/

Kontributor

Foto: homedesignlist.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kamar Anak Sempit, Ini Solusinya!

RumahCom- Kamar anak biasanya dibuat lebih kecil dari kamar utama (master bedroom). Bahkan untuk rumah berukuran mungil, luas ruang anak terkesan seadanya saja. Namun jangan khawatir, karena ada ba

Lanjutkan membacaSeptember 10, 2014

Harmonisasi Hitam-Putih di Rumah Minimalis

RumahCom - Tren rumah minimalis masih merajai tahun 2015. Dengan konsep yang semakin modern dan segar, karakteristik rumah minimalis yang terlihat dari tiga warna utama yakni hitam, putih dan abu-abu

Lanjutkan membacaSeptember 3, 2015

Ingin Interior Rumah Berbeda? Coba Desain Industrial yang Menggoda

RumahCom - Jenuh dengan desain rumah minimalis? Cobalah desain rumah bertema industrial! Tema yang satu ini mulai diminati sebagian orang, karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendesain

Lanjutkan membacaOktober 12, 2015

Kiat Cerdas Manfaatkan Area Bawah Tangga

RumahCom - Bagi Anda yang memiliki rumah bertingkat, semua sudut ruang tentu harus digunakan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan Anda. Namun tak jarang beberapa orang malah mengabaikan salah satu

Lanjutkan membacaOktober 15, 2015

Inspirasi Gaya Nautical yang Unik dan Nyentrik

RumahCom - Bagi Anda yang menyukai lautan, gaya nautical yang diterapkan dalam desain rumah merupakan salah satu cara sempurna untuk memenuhi hasrat Anda. Selain tak pernah ketinggalan jaman, gaya ini

Lanjutkan membacaOktober 27, 2015

Masukan