Pasca Lebaran, Segmen Rumah Tapak Kembali Bergerak

Fathia AzkiaMei 24, 2018

rumah dijual di bogor

RumahCom – Pergerakan properti hingga tiga bulan ke depan, baik selama periode Ramadan dan setelah Lebaran diperkirakan melaju secara positif meski belum seaktif yang diharapkan. Kondisi ini terjadi imbas dari masih banyaknya volume barang yang belum seimbang dengan permintaan.

Dihubungi Rumah.com, Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto berpendapat, “Situasi seperti ini umum berlangsung pada momen-momen spesial. Akan tetapi dari pengamatan, yang justru terpengaruh dengan pola pasar adalah produk properti segmen menengah bawah.”

Ia menambahkan, “Dari sisi sales pengembang akan tidak terlalu aktif karena berdekatan dengan musim lebaran. Kemudian ada masa pergantian tahun pendidikan, di mana menyebabkan kebutuhan primer meningkat. Sehingga priority konsumen di segmen tadi ikut berubah.”

(Manfaatkan jasa agen properti profesional dari Rumah.com yang dapat membantu transaksi pembelian properti Anda, mulai dari rumah tapak, apartemen, hingga tanah kavling!)

Sedangkan untuk properti segmen menengah atas diyakini tidak terpengaruh pada musim Ramadan dan Lebaran. Pasalnya, konsumen di level tersebut punya tingkat kemapanan lebih sehingga prioritas akan kebutuhan acapkali bukan dianggap sebagai hambatan.

“Sayangnya porsi konsumen properti khususnya perumahan tapak yang terbesar ada di kelas menengah bawah. Tapi kami prediksi, pasca lebaran dan tahun ajaran baru, kondisi pasar akan kembali normal,” tukasnya.

Mau dapat uang tunai total Rp10 juta untuk lima orang pemenang? Ikuti Survey Rumah.com Property Affordability Sentiment Index 2018 di sini!

Survey ini bertujuan untuk mengetahui respon konsumen properti terhadap kondisi pasar properti saat in, yang hasilnya akan berguna bagi para pelaku pasar properti, baik konsumen, penjual, maupun pembuat peraturan.

Pengembang Ikuti Pola

Senada dengan pengamatan Colliers International Indonesia, sejumlah pengembang properti memutuskan untuk melakukan penetrasi pasar usai lebaran. Adalah salah satunya PT Dwigunatama Rintisprima yang mengembangkan superblok Harvest City.

Tercatat hingga kini pengembang telah sukses memasarkan empat klaster bernuansa Jepang, dengan harga per unit mulai dari Rp270 juta. Segmen yang dibidik tentu saja merupakan konsumen kelas menengah.

Baca juga: Tips Investasi Properti Di Kawasan Sekitar Kota Mandiri

“Kami terdorong untuk membangun lagi dua klaster kelas menengah seharga Rp200 jutaan sampai Rp400 jutaan. Rencanya setelah Lebaran launching. Untuk klaster baru ini, dipastikan kualitasnya lebih bagus dari sebelumnya,” jelas Hendry Nurhalim, Chief Executive Officer (CEO) Harvest City.

Total unit kedua klaster tersebut berjumlah 500 unit rumah yang terbagi dalam beberapa tipe. “Kami optimistis dua klaster baru akan diserap baik oleh pasar kelas menengah atas,” ia menambahkan.

Apalagi selama ini, besarnya permintaan pasar kelas menengah telah mendorong pertumbuhan harga hunian yang signifikan di Harvest City.

“Contoh nyata, harga unit termurah di klaster Sakura yang pada awal tahun lalu dilepas Rp200 jutaan, sekarang sudah naik mencapai Rp270 jutaan,” jelas Leonard Suprijatna, Marketing Manager Harvest City.

Kunjungi Review Properti dari Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Perumahan di Timur Bogor Terus Jadi Bidikan

RumahCom – Kawasan Transyogi kini terus tumbuh menjadi lokasi incaran untuk hunian dan investasi properti bagi warga komuter Jakarta.Hal ini seiring dengan kebijakan pengembangan infrastruktur jal

Lanjutkan membacaOktober 16, 2017

Daftar Lengkap Perumahan di Bogor

RumahCom – Bogor masih menawarkan sejuta pesona khususnya dalam urusan tempat tinggal. Mau apartemen atau rumah tapak banyak tersedia di sini, tentunya dengan penawaran harga bervariatif.Bagi keluar

Lanjutkan membacaJanuari 3, 2018

Jangan Takut Beli Rumah di Pinggir Kota! (Bag 2)

RumahCom – Melanjutkan pembahasan dalam artikel Jangan Takut Beli Rumah di Pinggir Kota! (Bag 1), area penyangga yang saat ini punya potensi masa depan bagus salah satunya adalah Banten. Di mana lok

Lanjutkan membacaJanuari 15, 2018

Jangan Takut Beli Rumah di Pinggir Kota! (Bag 1)

RumahCom – Mana yang Anda pilih; terus-menerus mengontrak rumah yang letaknya di Ibukota atau cicil rumah minimalis di pinggir kota? Faktanya, masih banyak orang yang saat ini bertahan pada pili

Lanjutkan membacaJanuari 15, 2018

Bogor, Lokasi Hunian Ideal Bagi Milenial

RumahCom – Sebagai penyangga Ibukota, Bogor menjadi wilayah alternatif yang paling banyak dipilih orang untuk bertempat tinggal. Di samping kondisi alam yang masih asri dengan panorama pegunungan,

Lanjutkan membacaMei 22, 2018

Masukan