Beli Rumah? Jangan Abaikan Fasilitasnya!

Fathia AzkiaJuni 1, 2018

RumahCom – Faktor paling penting dalam membeli rumah adalah lokasi. Tidak heran jika di dunia properti orang sangat mementingkan lokasi, lokasi dan lokasi.

Lokasi tidak hanya dianggap penting oleh pembeli rumah pertama, melainkan semua orang. Itu sebabnya harga suatu properti sangat ditentukan oleh lokasi, karena lokasi berkaitan dengan akses transportasi, fasilitas umum, bebas dari banjir dan sebagainya.

Untuk mengetahui kondisi sebenarnya dari lokasi hunian incaran, Anda bisa mengawali langkah dengan menyimaknya di Review Properti dari Rumah.com. Ulasan ini menyajikan mulai dari rute ke perumahan, kedekatannya dengan fasilitas sekitar, potensi lokasi, sampai detail perumahannya.

Selain lokasi, hal lain yang tak kalah penting untuk dicermati adalah fasilitasnya. Pastikan Anda telah mendapat informasi mengenai fasilitas yang ditawarkan pengembang. Akan lebih baik lagi apabila Anda melakukan pemeriksaan dengan mengitari area perumahan tersebut.

Ada dua macam fasilitas yaitu fasilitas intern dan fasilitas ekstern. Fasilitas intern meliputi tempat ibadah, tempat olahraga, taman bermain, infrastruktur yang memadai, serta gerbang perumahan.

(Gunakan Kalkulator KPR dari Rumah.comuntuk menghitung kesanggupan dalam mencicil rumah)

Mau dapat uang tunai total Rp10 juta untuk lima orang pemenang? Ikuti Survey Rumah.com Property Affordability Sentiment Index 2018 di sini!

Survey ini bertujuan untuk mengetahui respon konsumen properti terhadap kondisi pasar properti saat in, yang hasilnya akan berguna bagi para pelaku pasar properti, baik konsumen, penjual, maupun pembuat peraturan.

Sedangkan fasilitas ekstern merupakan fasilitas lain yang letaknya tidak jauh dari perumahan tersebut seperti minimarket, sekolah, rumah sakit, pasar, tempat rekreasi, atau yang paling utama dicari banyak orang adalah mal alias pusat perbelanjaan.

Sebagai contoh jika mencari hunian di kawasan Cilegon, pastikan jarak antara rumah dengan mal yang baru saja dibuka yakni Cilegon Center Mall (CCM) cukup dekat.

Cilegon Center Mall per awal Juni sudah beroperasi dan bisa dinikmati masyarakat sekitar baik pada hari kerja maupun akhir pekan. Simak juga: Makin Komersil, Harga Rumah di Serang Saingi Tangerang.

“Kami bersyukur dapat menyelesaikan tahap akhir beroperasinya Cilegon Center Mall sesuai target, yaitu jelang Idul Fitri 1439 H. Kini, masyarakat kota Cilegon dan sekitarnya bisa menikmati kenyamanan berbelanja yang menyenangkan bersama keluarga,” jelas Muljiono, CEO PT Yestar Karya Utama.

Kehadiran pusat belanja ini direspon baik oleh Edi Ariadi selaku Plt Walikota Cilegon. “Kami harap mal ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat kota Cilegon. Sehingga tak hanya menjadi pusat belanja dan rekreasi, namun juga dapat menghadirkan program-program yang edukatif dan mengangkat kearifan lokal melalui produk-produk kreatifnya,” kata Edi.

Menyandang status mal terbesar di Cilegon, CCM berdiri di atas lahan 2 hektare dengan luas bangunan 67.741 meter persegi dan terdiri dari 7 lantai. Mal ini juga dilengkapi dengan musala yang luas dan nyaman serta area parkir yang mampu menampung 500 mobil dan 200 sepeda motor.

“Untuk menghadirkan suasana mal yang nyaman dan memenuhi aneka kebutuhan masyarakat, termasuk para pekerja asing (ekspatriat), kami berupaya menghadirkan tenant-tenant yang beragam dan memiliki reputasi baik. Hingga saat ini occupancy tenant telah mencapai 85% dari 133 tenant yang ditargetkan,” tutup Mujiono.

Tertarik memiliki rumah baru? Lihat pilihan rumah apartemen di berbagai lokasi di Indonesia dengan harga mulai Rp300 jutaan di sini!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah Editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Doyan Ngemal? Beli Hunian Dekat Mal Baru di Surabaya

RumahCom – Sebagai kota metropolitan, Surabaya semarak dengan pusat hiburan dan perbelanjaan baru yang memanjakan warganya. Meski begitu, dalam dua tahun terakhir, Surabaya tidak menambah pasokan ru

Lanjutkan membacaFebruari 3, 2016

3 Perumahan Berfasilitas Lengkap di Tangerang

RumahCom – Fasilitas umum yang disediakan di perumahan kini tidak hanya sekedar menjadi pemanis visual saja. Selain taman hijau dan penataan jalan yang rapi, kini pengembang semakin kreatif menarik

Lanjutkan membacaJuli 28, 2016

Fasilitas Komplet Jadikan Bintaro Makin Prestisius

RumahCom – Sekitar tiga tahun lalu, Bintaro merupakan salah satu kawasan yang banyak dibidik investor properti. Kemunculan Bintaro yang diiringi infrastruktur memadai beserta sarana publik teranyar

Lanjutkan membacaDesember 7, 2016

Masukan