Raup Untung dari Apartemen Mahasiswa

Fathia AzkiaJuli 31, 2018

apartemen di bogor

RumahCom – Ada dua metode investasi apartemen yang bisa dilakukan untuk meraih keuntungan, yaitu sistem sewa dan jual beli.

Untuk Anda yang memilih metode jual beli, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk meraup keuntungan optimal. Yakni, harus cermat menghitung besar biaya yang sudah dikeluarkan semenjak proses pembelian unit apartemen.

Biaya tersebut meliputi pajak terkait jual beli apartemen, seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), pajak atas barang mewah, Akta Jual Beli, pertelaan, biaya balik nama sertifikat, serta biaya perawatan.

Setelah Anda mengakumulasi biaya-biaya tambahan ini dengan harga beli, baru tetapkan harga jualnya. Jangan sampai merugi karena tak jeli saat menghitung harga.

Pilihan kedua adalah menyewakan apartemen. Ini biasanya dilakukan oleh investor yang mengharapkan keuntungan berkala dari masuknya uang sewa per tahun.

Keuntungan secara optimal dari metode ini dapat Anda peroleh dengan penentuan tarif sewa apartemen yang tentunya berbeda dengan menyewakan rumah. Anda bisa memulainya dengan menggali informasi di sekitar lokasi apartemen.

Misalnya, karakteristik penyewa di area tersebut, kemampuan finansial calon penyewa dan tarif sewa standar di lokasi apartemen Anda berada.

Jangan lupa menghitung biaya-biaya yang akan dan sudah dikeluarkan untuk menyewakan apartemen. Dan untuk simulasi angsuran cicilan apartemen per bulan, Anda bisa manfaatkan Kalkulator KPR dari Rumah.com.

Setiap rencana pembangunan pusat kegiatan, pemukiman, dan infrastruktur wajib dilakukan Andalalin atau Analisis Dampak Lalu Lintas. Simak penjelasannya!

Jadi mau beli apartemen? Untuk kenyamanan dan keamanan manfaatkan saja jasa agen properti dengan spesialisasi apartemen.

Mengenai lokasi, ada banyak area yang bisa dibidik untuk berinvestasi pada jenis hunian seperti ini dan juga berdasarkan segmentasi penyewanya. Dari sekian pilihan, yang sekarang menjadi buruan investor adalah apartemen mahasiswa.

Bagi investor, berbisnis kamar kos di apartemen sudah pasti mampu mendulang keuntungan rutin tiap bulannya. Katakanlah Anda membeli dua unit apartemen harga Rp230 juta – Rp500 juta seperti JP Apartemen yang berlokasi dekat Institut Pertanian Bogor.

Tipe studio dengan luas 23,26 m2 dihargai Rp230 juta, yang artinya butuh uang sebesar Rp460 juta untuk bisa mendapatkan dua unitnya. “Satu unitnya bisa disewakan sesuai harga pasaran kisaran Rp1,5 juta sampai Rp2 jutaan,” ujar Okie Imanto, Chief Executive Officer (CEO) Greenwoods Group

Menyasar pangsa end user dari mahasiswa, investor yang membeli unit di sini dipastikan mendapat passive income tanpa repot mencari tenant atau mengurus propertinya.

“Harga yang kami pasarkan relatif mudah dijangkau oleh investor bahkan bagi kaum muda yang sedang belajar berinvestasi. Kami punya data dari IBP, jumlah mahasiswa baru setiap tahunnya ada sekitar 13.000 orang dimana 75% berasal dari luar kota,” imbuhnya,

Keyakinan tersebut semakin diperkuat dari hasil tes pasar yang sudah dilakukan sejak akhir tahun 2017, kepada potential buyer di JP Apartment. “Yang mana 80% peminat ingin membeli unit untuk disewakan kepada mahasiswa dan dosen serta kaum profesional di wilayah Bogor,” tukas Okie.

Pameran Properti Online Terbesar di Indonesia “DealJuara” digelar mulai 7 Juli sampai 30 September 2019. Dapatkan berbagai penawaran menarik mulai dari DP 0%, cash back, gratis biaya KPR, hingga diskon ratusan juta rupiah!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah Editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Untung-Rugi Investasi Apartemen

RumahCom – Penjualan apartemen terlihat meningkat setiap tahun. Pasalnya, gaya hidup yang serba praktis dan kemacetan yang kian mengular, memaksa orang tinggal dekat dengan tempat mereka bekerja ata

Lanjutkan membacaJanuari 28, 2015

Tips Investasi Properti Bagi Pemula

RumahCom – Apakah Anda ingin mencoba memulai investasi properti? Tak ada salahnya jika Anda memulainya sekarang. Perlu diketahui bahwa hanya investasi properti yang menawarkan kenaikan nilai inve

Lanjutkan membacaFebruari 3, 2015

Menakar Untung Investasi Apartemen Mahasiswa

RumahCom – Dalam beberapa tahun terakhir, muncul fenomena baru dalam hal hunian mahasiswa. Rumah kos yang selama ini lekat dengan tempat tinggal mahasiswa, di beberapa kota besar kini sudah beralih

Lanjutkan membacaJuni 23, 2019

Harga Dinamis, Apartemen di Bogor Jadi Buruan Kaum Menengah

RumahCom – Pasar hunian vertikal kelas menengah di wilayah Bogor terus menggeliat. Fenomena ini seiring masih cukup tingginya penyerapan pasar.Menurut Rumah.com Property Index untuk kuartal perta

Lanjutkan membacaMei 27, 2018

Masukan