Kompetisi Rebut Hati Pencari Properti

Fathia AzkiaSeptember 22, 2018

tips beli rumah di pameran

RumahCom – Pameran properti hingga kini masih dianggap sebagai salah satu sarana promosi efektif yang bisa mendongkrak penjualan proyek hunian.

Mengingat biaya mengikuti pameran tidaklah sedikit, ada beberapa catatan yang sebaiknya dipahami pengembang agar keikutsertaannya tidak sia-sia.

Persiapan yang matang berpotensi menghasilkan penjualan yang bagus. Selain persiapan, ada beberapa hal yang harus dilakukan lagi seperti pada hari H dan melakukan follow up setelah pameran selesai.

Simak tips di bawah ini agar stan pameran ramai dan sukses mencatat penjualan signifikan.

1. Diisi Staf Berpengalaman

Siapakah yang akan menjaga stan selama pameran berlangsung? Jika membutuhkan tenaga penjualan seperti Sales Promotion Giril (SPG), pastikan mereka berpengalaman dan sudah diberi pelatihan (briefing) terlebih dahulu.

Staf yang ramah dan informatif bisa menarik pengunjung lebih banyak dan betah berlama-lama mampir di stan.

Ketahui dinamika pasar properti di Indonesia, termasuk sentimen pasar dari sudut pandang pembeli lewat Rumah.com Property Affordability Sentiment Index!

2. Konten Kreatif

Stan yang bagus tidak hanya diisi oleh dekorasi cerah dan visual yang menarik. Itu sebab, pengembang juga harus menyiapkan konten yang mudah dipelajari para pengunjung. Misalnya, dari video atau presentasi yang ditayangkan pada layar LCD atau dari selebaran brosur yang dibagikan.

Agar lebih menarik, buat permainan atau doorprize untuk pengunjung yang tertarik mendaftarkan diri untuk membeli unitnya (seperti NUP). Dan pastikan konten yang ditampilkan:

  • Fokus pada proyek properti yang dipasarkan
  • Tidak terlalu banyak gambar dan tulisan yang membingungkan untuk dibaca
  • Membuat pengunjung mendapat pengalaman melihat atau menonton video atau augmented reality proyek properti seperti berada di lokasi tersebut
  • Membagi konten ke beberapa bagian atau jenis media yang berbeda, misalnya proyek apartemen diilustrasikan pada gambar 3D sementara proyek perumahan dibuatkan replika/maket.

Saat ini, Rumah.com sebagai pemimpin pasar properti online di Indonesia selalu mengambil peran aktif untuk membantu masyarakat Indonesia dalam mencari dan memiliki rumah idaman mereka, salah satunya dengan meluncurkan program Rumah.com DealJuara.

Program yang menawarkan banyak keuntungan untuk para pencari rumah dari lebih 15 proyek properti di Indonesia. Selama program DealJuara berlangsung, pencari rumah di Indonesia berkesempatan untuk mendapatkan penawaran spesial dari proyek-proyek ternama di Indonesia.

3. Gimmick Bagi Konsumen

Diskon, bonus, dan iming-iming lainnya adalah target utama yang dicari pengunjung saat datang ke pameran properti. Dan inilah yang selalu dihadirkan PT Permata Sakti Mandiri untuk memasarkan proyek apartemen Cimanggis City.

“Proyek kami mengincar konsumen yang merupakan pekerja muda dan milenial yang tengah mencari hunian pertamanya. Harganya saat ini masih Rp299 juta untuk tipe Studio dan hanya berlaku sampai akhir bulan ini. Di bulan depan, kami akan lakukan penyesuaian harga sehingga naik 7-8% dari harga terkini,” ujar Direktur Cimanggis City, Agus Susilo.

(Jangan coba-coba beli apartemen di pinggir kota tanpa menyimak ulasan wilayahnya di Area Insider Rumah.com)

Gimmick lain yang dibawa Cimanggis City dalam ajang pameran properti Indonesia Property Expo 2018 adalah gratis biaya akad, serta hadiah berupa perhiasan emas dan umrah. Dari pameran, pengembang menargetkan revenue sebesar Rp15 miliar.

Adapun tipe hunian yang ditawarkan yaitu tipe 21 (studio) dan tipe 36 (2BR). Pengembang juga menggandeng Bank BTN dalam memberikan program free biaya KPA dengan bunga bank yang sangat rendah hanya sebesar 5,95% saja.

“Jika dihitung dengan Kalkulator KPA, apartemen tipe Studio bisa dicicil sekitar Rp2,5 jutaan per bulan. Sehingga tipe ini cocok bagi mereka yang punya gaji minimal Rp7 juta. Dari sisi penjualan, unitnya saat ini sudah terjual 65% dari 913 unit di tower pertama.” imbuh Agus.

Tak berbeda jauh, Sentra Timur Residence yang dikembangkan dari hasil Kerjasama Operasi (KSO) antara Perum Perumnas dengan PT. Bakrie Pangripta Loka, turut menghadirkan berbagai penawaran khusus kepada pengunjung di IPEX 2018.

Adalah promo DP 0 Rupiah dan gratis biaya KPA untuk pembelian unit eksklusif Sapphire Tower yang hanya tersisa kurang dari 10% saja dari 607 unit yang ada. Tipe Studio di tower ini dipasarkan dengan harga mulai Rp400 jutaan. 

(Mau beli apartemen? Simulasikan dulu cicilan KPA Anda perbulannya lewat Kalkulator KPA dari Rumah.com)

Berbicara kepada awak media, Ibah Djauhari selaku GM Sales Sentra Timur Residence mengatakan, “Pembelinya sendiri 70% berasal dari kelompok end user. Pangsa sewa sendiri cukup bagus di sini. Unit 2BR full furnish dipatok Rp3,5 juta sampai Rp4 jutaan. Sedangkan unit kosong disewakan di angka Rp2,5 juta hingga Rp3 jutaan bergantung pada posisi dan arah hadap.”

Melihat antusiasme konsumen yang masih besar, pihaknya sangat percaya diri untuk kembali melansir menara baru tahun ini. “Kami rencana launching tower kelima pada akhir tahun ini. Harganya kisaran Rp15 jutaan per meter persegi,” tukasnya.

Pada IPEX kali ini, Sentra Timur Residence menargetkan pendapatan sekitar Rp25 miliar di luar penjualan lainnya, dengan kisaran harga apartemen dan kios Rp400 juta sampai Rp800 jutaan per unitnya.

Untuk kenyamanan dan keamanan dalam membeli apartemen gunakan jasa agen properti dengan spesialisasi apartemen di Rumah.com.

4. Melakukan tinjauan ulang

Setiap uang yang dikeluarkan untuk program pemasaran, tentunya harus mendapat tinjauan efektifitasnya. Pertama, hitung biaya keikutsertaan pameran dan bandingkan dengan nilai transaksi penjualan yang didapat.

Kedua, tanyakan ke pengunjung acara pameran mengenai apa yang mereka suka dan tidak suka selama acara berlangsung. Dari sana, pengembang harus mampu menganalisa dan bisa belajar dari pengalaman.

Ingin tahu apa yang menjadi kebutuhan konsumen properti saat ini? Temukan jawabannya dalam Riset Konsumen Properti di Rumah.com!

5. Catatan penting

Untuk sebagian besar pebisnis profesional, turut serta dalam pameran sebenarnya lebih kepada mencari pembeli prospektif ketimbang menemukan pembeli dan melakukan transaksi.

Jadi apabila closing penjualan pada acara pameran belum mencapai target, jangan khawatir! Perusahaan tetap mendapatkan branding positif dari media massa dan audien.

Manfaatkan event DealJuara, Pameran Properti Online Terbesar di Indonesia yang digelar Rumah.com mulai 20 Juli sampai 30 September 2018, dengan beragam penawaran menarik mulai dari DP 0%, cash back, gratis biaya KPR, hingga diskon Rp135 juta!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah Editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Developer: Jurus Pikat Konsumen Milenial

RumahCom – Tingginya daya beli generasi milenial dari tahun ke tahun membuat pasar properti - perlahan tapi pasti - didominasi oleh kelompok usia ini. Menurut data dari firma akunting Accenture, di

Lanjutkan membacaJuli 24, 2017

Tips Developer: Strategi Pasarkan Properti untuk Generasi Milenial

RumahCom – Saat ini generasi milenial juga merupakan pasar potensial bagi bisnis properti. Menurut survei yang dilakukan Zillow pada tahun 2016, sekitar 56 persen pembeli rumah pertama di Amerika Se

Lanjutkan membacaAgustus 7, 2017

Pembeli Rumah Pertama Harus Tahu 8 Hal ini!

RumahCom – Bosan tinggal di rumah kontrakan? Mungkin ini saat yang tepat untuk mengajukan pinjaman KPR dan menempati rumah pribadi. Ya, apalagi 6-10 September 2017 ada Rumah.com Property Show, pamer

Lanjutkan membacaSeptember 4, 2017

Tips Developer: Cermat Tentukan Harga Properti

RumahCom – Tingginya permintaan akan hunian dari waktu ke waktu membuat banyak pengembang tertarik untuk terus membuat proyek properti terbaru.Meski demikian dalam kenyataan di lapangan, rintangan

Lanjutkan membacaNovember 6, 2017

Tips Developer: Lima Cara Perkuat Brand di Era Milenial

RumahCom – Kebutuhan papan alias tempat tinggal saat ini menjadi suatu keniscayaan. Bicara tempat tinggal, pilihan saat ini terbagi menjadi dua yaitu vertikal (apartemen) dan horizontal (rumah tapa

Lanjutkan membacaAgustus 15, 2018

Masukan