Sistem Informasi Pertanahan (SIP) Modern, Langkah Transformasi Layanan Pertanahan

Desember 26, 2019

RumahCom-Sebagai salah satu langkah transformasi layanan pertanahan adalah pengembangan Sistem Informasi Pertanahan (SIP) Modern. Adanya SIP Modern dapat meningkatkan pelayanan pertanahan elektronik, pengelolaan data secara digital dan memudahkan investasi di Indonesia.

Semakin banyaknya data property dan pertanahan di Indonesia, diperlukan sistem informasi terbaru yang memadai seperti Sistem Informasi Pertanahan (SIP) Modern. Saat ini pemerintah akan mengembangkan SIP Modern. Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan pertanahan secara elektronik dan memudahkan pengusaha untuk berinvestasi di Indonesia.

Pengembangan SIP Modern akan dilakukan melalui skema Kerja Sama antara Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dengan Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK) ini, yaitu Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Pengembangan SIP Modern ini menjadi salah satu langkah transformasi layanan pertanahan secara digital melalui smart device, website, dan mobile apps. Tak lupa dukungan infrastruktur teknologi terkini yang diharapkan dapat mendukung program prioritas nasional dalam mewujudkan target program Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis (PTSL).

Target PTSL adalah mendaftarkan tanah di Indonesia hingga mencapai 100% sampai tahun 2025. Lalu juga penyempurnaan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk menjamin kepastian lisensi.

Dengan adanya target PTSL tersebut dapat dipastikan jumlah dokumen akan terus bertambah. Saat ini saja, dokumen warkah sudah memenuhi dan menyita banyak ruangan di Kantor Kementerian ATR/BPN. Dokumen ini sifatnya sangat penting terutama jika terjadi masalah pertanahan maka dari itu perlu adanya database digital.

Sekretaris Jendral Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto menambahkan, ke depannya Kementerian ATR/BPN akan menjadi pengelola big data pertanahan dan tata ruang di Indonesia.

“Orang-orang yang butuh data akan sangat bergantung kepada kita,” ungkapnya.

Adapun cakupan proyek KPBU ini meliputi, pengembangan aplikasi existing sistem informasi pertanahan modern, pemeliharaan sistem informasi pertanahan modern, pengembangan modul tambahan sistem informasi pertanahan modern, digitalisasi dan validasi data tekstual, penyesuaian data spasial, pengadaan perangkat keras (hardware), dan aktivitas pendukung serta menyediakan sumber daya untuk aktivitas operasional.

Simak juga: Balik Nama Sertifikat Tanah Lelang

Deputi Bidang Perencanaan Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Ikmal Lukman mengatakan,pembangunan infrastruktur berat seperti jalan dan bangunan pendukung lainnya, diharapkan dapat meningkatkan investasi sekaligus menjadi stimulus untuk usaha baru.

Dengan demikian, SIP Modern hadir sebagai infrastruktur ringan guna mendukung kelancaran program infrastruktur berat dan akan mendorong indeks kemudahan berusaha, terutama dari sisi pendaftaran properti (registering property).

“Kami sangat mendukung Kementerian ATR/BPN dalam pengembangan SIP modern ini dengan skema KPBU. Kita maksimalkan keunggulan dan keterlibatan pihak swasta dalam memanfaatkan teknologi dan memberikan pelayanan. Layanan pertanahan secara digital diyakini akan memudahkan kemudahan berusaha, khususnya pada aspek kenaikan peringkat Ease of Doing Business (EoDB), “ ujarnya.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) Sinkronkan Data Kependudukan

Rumah.com-Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) bersinergi dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk menekan backlog dan mewujudkan pemenuhan rumah per

Lanjutkan membacaDesember 20, 2019

Kesuksesan Indonesia International Property Expo (IIPEX) 2019 Menjadi Highlight di Rumah.com Thank You Luncheon

RumahCom-"Coming together is a beginning. Keeping together is progress. Working together is success." -Henry Ford. Selasa 3 Desember 2019. Rumah.com mengadakan Rumah.com Thank You Luncheon untuk menut

Lanjutkan membacaDesember 20, 2019

Daya Tarik ARUMAYA Dari ASTRA Property & Hongkong Raih Penghargaan di PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019

RumahCom-Keberhasilan ARUMAYA mengantongi penghargaan Best High End Architectural Design dalam ajang penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019 menarik daya tarik juri. Fasilitas atap dou

Lanjutkan membacaDesember 23, 2019

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019: Lakeside Toba Lake Villa di ASYA Bawa Pulang 4 Kemenangan

RumahCom-Tak main-main, ASYA melalui Lakeside Toba Lake Villa telah membawa pulang 4 kemenangan pada ajang penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019. PT. Astra Modern Land merupakan sat

Lanjutkan membacaDesember 23, 2019

Pintu Besi Penting untuk Melindungi di Kondisi Darurat

Keadaan darurat dapat muncul kapan saja dan di mana saja, seperti kebakaran, gempa bumi, tanah longsor, dan bahaya-bahaya lainnya yang dapat mengancam jiwa. Seperti kondisi darurat yang diberitakan ba

Lanjutkan membacaDesember 23, 2019

Masukan