Tips Merenovasi Kamar Tidur dengan Bajet Rp10 Juta

Fathia AzkiaMaret 14, 2019

RumahCom – Bajet, merupakan aspek utama yang harus dipersiapkan secara matang saat Anda berencana untuk merenovasi kamar tidur.

Selain itu, diperlukan juga beberapa takitk jitu agar nantinya desain kamar tidur Anda sesuai dengan harapan. Namun bisakah merenovasi kamar tidur dengan bajet yang minim?

(Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai properti yang akan dibeli, baca selengkapnya di Review Properti dari Rumah.com)

Kontraktor dan Konsultan Rumah Tinggal, Ir. Alfian Amran, mengatakan hal ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Jika dana yang Anda miliki terbatas, katakanlah hanya Rp10 juta saja, maka Anda harus lebih cermat dalam mengatur semua pengeluaran.

Untuk itu, Rumah.com memaparkan beberapa poin yang bisa Anda pelajari berikut ini.

  1. Mau renovasi ke desain seperti apa?

Hal yang pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah desain. Pikirkan nuansa apa yang ingin dibangun dari kamar tidur Anda. Apakah nuansa yang romantis, rileks, atau serius?

Jika kamar tidur yang ingin direnovasi adalah kamar tidur Anda dan pasangan, ada baiknya jika mendiskusikan hal ini secara berdua. Agar segala persiapannya matang, dan tak ada pertentangan saat renovasi telah usai.

Sementara untuk merenovasi kamar tidur anak, sangat penting untuk menanyakan kepada si buah hati, desain apakah yang ia impikan.

Beberapa anak usia dini biasanya menginginkan adanya kehadiran tokoh kartun favorit atau nuansa barbie di dalam kamar tidurnya. Ketahui juga titik-titik mana saja yang hendak direnovasi.

Mau punya rumah tapi ragu-ragu dengan kemampuan Anda untuk membayar cicilan KPR per bulannya? Cek hitung-hitungannya lewat kalkulator KPR persembahan Rumah.com.

  1. Cari tukang dari rekomendasi kerabat

Jika dana yang dimiliki sangat terbatas, Alfian menyarankan agar Anda memilih tukang yang menggunakan sistem harian ketimbang borongan. Hubungi kerabat yang kenal dengan tukang bangunan sebagai referensinya.

Karena biasanya, rekomendasi dari teman atau kerabat kerap memberikan hasil yang memuaskan. Perlu diketahui, harga tukang harian saat ini berkisar Rp120 ribu. Maka, jika renovasi membutuhkan waktu satu minggu, anggaran yang harus Anda persiapkan adalah Rp840 ribu.

Kelebihan menggunakan sistem harian adalah, tukang harus bekerja terus tanpa ada kesempatan menganggur.

Untuk mengefisienkan pekerjaan tukang, Anda juga harus menyiapkan terlebih dahulu material serta gambar teknik yang menerangkan apa saja yang perlu diganti, dirobohkan dan dibangun.

Kelebihan lain, Anda bisa menghentikan pekerjaannya bila dalam dua hari ia tak memberikan hasil yang sesuai rencana.

Namun, sistem ini juga memiliki kekurangan yakni Anda harus terus menerus mengawasi aktivitas pekerjaannya. Karena jika tidak melakukan pengawasan, bisa saja si tukang bermalas-malasan sehingga waktu renovasi akan semakin lama dan melebihi anggaran yang sudah ditetapkan.

Pilihan lainnya, jika Anda punya banyak waktu dan mau bersusah payah, kenapa tidak melakukannya sendiri?

Mau beli rumah? Berikut adalah video panduan yang bisa Anda jadikan patokan untuk mengetahui waktu paling tepat untuk beli rumah.

  1. Material yang efisien

Jika dahulu proses renovasi dengan teknik konvensional membutuhkan waktu yang tak sebentar, maka di era yang serba praktis dan cepat, durasi dalam merenovasi rumah pun diklaim bisa lebih singkat.

Apalagi saat ini sudah ada berbagai produk yang bisa mendukung kecepatan dalam renovasi rumah. Contohnya rangkaian sistem EasyFinish dari Jayaboard, yang disebut mampu menghadirkan solusi atas permasalahan saat melakukan pengerjaan pembuatan dinding.

“EasyFinish sendiri adalah alternatif pengganti plaster aci konvensional, yang mana dapat membantu kontraktor dan pemilik rumah untuk bekerja secara lebih produktif,” ujar Andi Chandra, Presiden Direktur USG Boral Indonesia–Jayaboard.

Produk tersebut memastikan permukaan dinding yang halus, bebas retak dan rata, serta lebih menguntungkan karena minim pemeliharaan.

Simak juga: Tips Menyiapkan Dana DP Rumah

Andi mengklaim, sistem ini telah terbukti tiga kali lebih efisien dibandingkan metode plaster aci konvensional, sehingga mampu mempercepat waktu konstruksi secara lebih signifikan.

“Selain itu, orang awam sekalipun bisa mengerjakan proses pengacian dengan EasyFinish. Akan tetapi lamanya waktu pengerjaan kembali lagi kepada kemampuan masing-masing orang,” imbuhnya.

Disebut lebih hemat biaya, pasalnya produk tidak membutuhkan air dalam jumlah banyak sehingga lebih ramah lingkungan. Selain itu, ongkos tukang juga lebih hemat lantaran waktu pengerjaan yang relatif singkat.

“Kalau plester aci, umumnya satu tukang per hari hanya bisa mengerjakan untuk dinding seluas 12m2 saja. Tetapi dengan EasyFinish, satu tukang bisa mengerjakan sampai 36m2. Nah, cost-nya ini lebih minim, karena waktu renovasi yang tadinya mungkin sampa tiga bulan, dipangkas menjadi satu bulan,” Andi menjelaskan.

 

  1. Barang bekas berkualitas

Mengingat dana yang sangat minim, Alfian juga menganjurkan agar menggunakan barang bekas berkualitas atau barang baru berkualitas sedang.

Bila dipilih dengan cermat, tak menutup kemungkinan Anda akan menemukan kusen atau teralis bekas yang masih bagus dan sangat layak digunakan.

Cek Rumah.com/Panduan untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan terkait KPR dan membeli rumah sampai mengurus sertifikat rumah!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah Editor di Rumah.com. Punya pertanyaan seputar beli rumah dan KPR? Klik Tanya Properti Rumah.com!

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Pencahayaan di Kamar Tidur

RumahCom – Umumnya, pencahayaan atau penempatan lampu menjadi hal terakhir yang dipertimbangkan saat mendesain sebuah kamar tidur. Padahal, kesalahan dalam pencahayaan ruangan bisa membuat ketid

Lanjutkan membacaNovember 22, 2013

5 Tips Membuat Kamar Mandi dalam Kamar Tidur

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana RahardjoRumahCom – Kamar mandi atau toilet di dalam kamar tidur makin banyak diminati. Bahkan menurut pengamatan kami, tidak kurang dari 80% pemilik rumah ingin

Lanjutkan membacaJuli 22, 2013

Renovasi Rumah Tapi Tak Ada Biaya, Ini Jalan Keluarnya!

RumahCom – Setelah beberapa tahun, rumah biasanya memerlukan renovasi—baik besar maupun kecil. Masalah muncul jika Anda tak memiliki dana, sementara renovasi sudah harus dilakukan. Renovasi rum

Lanjutkan membacaApril 2, 2015

3 Model Tirai Cantik untuk Kamar Tidur Anda

RumahCom – Tirai tidak hanya sekadar meningkatkan keindahan sebuah ruangan, tetapi juga mampu menyaring sinar matahari dan debu. Tapi, apakah Anda tahu bahwa memilih tirai yang tepat untuk kamar ti

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2015

Renovasi Rumah dengan Jasa Borongan, Perhatikan Hal Berikut!

RumahCom - Banyak saat ini masyarakat yang ingin merenovasi rumahnya karena mulai bosan dengan tampilannya, atau memang karena mendesak untuk segera di perbaiki. Merenovasi rumah tentunya memerlukan j

Lanjutkan membacaNovember 23, 2015

Masukan