Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1 2019: Milenial Paling Antusias Beli Rumah

Boy LeonardMei 24, 2019

 

Rumah.com Property Sentiment Index H1 2019, yang merangkum seluruh aspek sentimen pembeli dan calon pembeli terhadap kondisi pasar properti saat ini berada di angka 57, naik dari periode sebelumnya sebesar 51.

Secara keseluruhan, responden menilai harga properti masih berada di batas wajar dan terjangkau. Tingkat kepuasan terhadap iklim properti masih terjaga di atas 65%. Namun, niat membeli properti dalam enam bulan ke depan menjadi 59 poin atau turun 4 poin dari periode sebelumnya.

Kalangan milenial menjadi responden yang paling antusias membeli rumah dalam enam bulan ke depan, dengan preferensi kisaran harga menengah dan dekat dengan transportasi umum. Namun, generasi ini masih belum memiliki perencanaan yang matang dalam rencana membeli rumah.

Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1 2019 ini mengukur respon masyarakat terhadap pasar properti nasional, termasuk beragam kebijakan yang dilakukan pemerintah seperti program rumah subsidi untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), pemanfaatan asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) yang memberikan bunga capped rendah, hingga lahirnya badan pembiayaan nonbank, baik untuk pembangunan infrastruktur maupun pembiayaan untuk lembaga penyalur KPR, yakni Sarana Multigriya Infrastruktur (SMI) dan Sarana Multigriya Finansial (SMF).

Semua usaha tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat mewujudkan impian punya rumah. Bagaimana masyarakat melihat serangkaian upaya ini? Bagaimana respon masyarakat terhadap pasar properti di Indonesia?

Di sinilah Rumah.com hadir untuk mengetahui pendapat masyarakat dengan melihat respon konsumen terhadap kebijakan dan kondisi properti saat ini.

Serangkaian survei telah dilakukan sepanjang bulan Desember 2018 hingga Januari 2019. Dari sinilah Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1 2019 menyampaikan pandangan masyarakat dalam melihat kondisi pasar properti dalam enam bulan mendatang.

Unduh laporan lengkap Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1 2019 (PDF)

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Rumah Impian vs Rumah Sesuai Kebutuhan

RumahCom – Home is where the heart is. Ungkapan ini digunakan orang untuk menggambarkan kondisi rumah yang ideal. Rumah yang ideal tidak melulu soal ukuran ataupun kemewahan.Ungkapan ini lebih meruj

Lanjutkan membacaApril 10, 2019

MRT Jakarta Genjot Kenaikan Harga Properti

RumahCom – MRT Jakarta akhirnya sudah bisa dinikmati masyarakat umum per 1 April 2019. Impian Indonesia lebih dari 30 tahun lalu untuk memiliki sarana transportasi massal berbasis rel Mass Rapid Tr

Lanjutkan membacaMaret 28, 2019

Masukan