Menakar Untung Investasi Apartemen Mahasiswa

Fathia AzkiaJuni 23, 2019

apartemen bintaro plaza residence

RumahCom – Dalam beberapa tahun terakhir, muncul fenomena baru dalam hal hunian mahasiswa. Rumah kos yang selama ini lekat dengan tempat tinggal mahasiswa, di beberapa kota besar kini sudah beralih ke apartemen.

Dengan fasilitas lengkap yang ada, sangat wajar bila mahasiswa mulai melirik apartemen sebagai hunian selama menempuh masa studi. Bagi orang tua mahasiswa, menempatkan anaknya di apartemen dinilai lebih tenang dan aman.

Sejalan dengan itu, tren properti seperti apartemen yang menyasar kalangan mahasiswa menengah atas ikut tumbuh positif, sebab pembangunan beberapa kampus baru masih banyak dilakukan.

(Cek di sini untuk simulasi cicilan apartemen Anda perbulannnya lewat kalkulator KPA dari Rumah.com)

“Adanya apartemen memberikan kenyamanan bagi mahasiswa dan ketenangan bagi orang tua. Apartemen dekat kampus ini pasti menjanjikan, karena investasinya yang sangat prospektif, didukung tingginya permintaan yang tak lepas dari besarnya potensi jumlah mahasiswa,” urai Pengamat Properti David Cornelis.

Fenomena baru mahasiswa pindah ke apartemen juga menimbulkan perubahan dalam pengelolaan keuangan bagi orangtua. Jika biasanya mereka mengeluarkan biaya setiap bulan atau setiap tahun untuk membayar kamar kos, kini dana tersebut berganti menjadi biaya investasi.

Simak juga: Trik Beli Rumah untuk Investasi

Ia menambahkan, “Bisnis apartemen mahasiswa masih berpotensi dan menjanjikan untuk disewakan dengan tingkat imbal hasil yang menarik. Selain harga yang setiap tahun meningkat, seusai menyelesaikan studi sekitar empat tahun, apartemen yang ditinggali dapat disewakan kembali.”

“Harga sewa apartemen studio saat ini dipasarkan kisaran Rp4 juta sampai Rp5 Juta. Sementara kenaikan harganya bisa mencapai 12% per tahun,” tukas David.

Apartemen Mahasiswa di Yogyakarta

Keberadaan kampus-kampus perguruan tinggi negeri maupun swasta di Yogyakarta semakin memperkuat image kota Yogyakarta sebagai kota pelajar, dan menjadi stimulus tersendiri terhadap perkembangan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sebagai dampak dari meningkatnya perguruan tinggi di kota gudeg ini, setiap tahunnya Yogyakarta didatangi puluhan ribu mahasiswa baru yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dengan latar belakang ekonomi berbeda.

Saat ini menurut Galih Saksono, Direktur Realti PT PP Properti Tbk (PPR0), jumlah mahasiswa di Yogyakarta sekitar 350.000 lebih. Jumlah ini merupakan gabungan antara Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Kondisi tersebut seolah menjadi tambang emas bagi developer properti untuk membangun apartemen, yang dilengkapi berbagai fasilitas pendukung mahasiswa generasi milenial.

Untuk kenyamanan dan keamanan dalam membeli apartemen gunakan jasa agen properti dengan spesialisasi apartemen di Rumah.com

“Kami berkomitmen mengembangkan hunian untuk mahasiswa di Yogyakarta yakni Tana Babarsari berkonsep apartemen bebas penyalahgunaan narkoba. Angka penjualannya meningkat karena konsep ini. Banyak orang tua yang membeli unit untuk ditempati sendiri oleh putra-putrinya maupun disewakan ke mahasiswa lain,” kata Galih.

Produk teranyar ini baru sebulan diperkenalkan, namun diklaim antusiasme masyarakat Yogyakarta dan kota-kota sekitarnya cukup bagus.

“Terbukti puluhan unit dari dua tipe yang ditawarkan yakni tipe 1BR dan 2BR telah dipesan. Tak hanya lewat pameran di mal atau open table di kampus-kampus, beberapa konsumen juga datang langsung ke site proyek dan marketing office,” lanjutnya,

Untuk itu pihaknya berencana melakukan groundbreaking dalam waktu dekat. Targetnya, unit-unit di tower pertama akan terserap habis dari total 262 unit yang dihadirkan.

Dari rencana tiga tower yang dibangun, di area ini PPRO akan mengembangkan sekitar 700 unit apartemen, tipe 1 bedroom dengan luas 21 m² dan 2 bedroom dengan luas 44,75 m². Harga yang ditawarkan mulai Rp400 jutaan.

Ketahui dinamika pasar properti di Indonesia, termasuk sentimen pasar dari sudut pandang pembeli lewat Rumah.com Property Affordability Sentiment Index!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah Editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Cerdik Menyeleksi Apartemen Mahasiswa untuk Remaja

RumahCom – Membelikan maupun menyewakan apartemen untuk sang anak yang tengah menempuh studi di universitas, boleh jadi sesuatu yang lumrah saat ini. Di samping kost-kostan, apartemen dewasa ini men

Lanjutkan membacaApril 12, 2017

Apartemen Depok Layak Dibidik Kaum Muda

RumahCom – Konsultan marketing properti Coldwell Banker Property Connections (Residensial) menilai situasi pasar properti di Depok tengah seksi, terutama untuk proyek hunian yang lokasinya dekat d

Lanjutkan membacaApril 13, 2017

Lima Apartemen Keren Pilihan Mahasiswa UI

RumahCom – Siapa tak tahu Universitas Indonesia. Kampus perguruan tinggi negeri yang dibangun tahun 1980an ini tidak hanya terkenal di seantero Indonesia, namun juga secara perlahan mampu mengubah w

Lanjutkan membacaJuli 24, 2017

Asyiknya Berbisnis Apartemen Kos!

Apartemen kos maupun apartemen yang dibuat sengaja untuk menyasar pasar sewa mahasiswa menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Harga sewanya bisa mencapai 50% dari cicilan KPA bulanan.RumahCom – Fa

Lanjutkan membacaJuni 20, 2019

Mahasiswa Baru Siap Berburu Apartemen

RumahCom – Tahun ini, daya tampung Universitas Indonesia (UI) untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2018 mencapai 5.307 orang. Jumlah ini terbagi dari 1.632 mahasiswa yang diterima dari jalur SNMPTN dan

Lanjutkan membacaApril 11, 2018

Raup Untung dari Apartemen Mahasiswa

RumahCom – Ada dua metode investasi apartemen yang bisa dilakukan untuk meraih keuntungan, yaitu sistem sewa dan jual beli.Untuk Anda yang memilih metode jual beli, ada banyak faktor yang harus dip

Lanjutkan membacaJuli 31, 2018

Masukan