Rumah.com – Pembangunan fisik Jalan Tol Balikpapan – Samarinda telah mencapai kemajuan hingga 92% dengan progress pembebasan lahan tol sebesar 98%.

Apabila pembebasan lahan memalui proses konsinyasi berjalan lancar, maka target serah terima dan operasional ruas tol ini bisa rampung pada akhir tahun ini.

Ruas tol yang dikenal dengan Tol Balsam ini membentang sepanjang 99km dan telah dibangun sejak November 2016. Tol ini terdiri dari 5 seksi yaitu Seksi I ruas Balikpapan – Samboja (22,03km), Seksi II ruas Samboja – Muara Jawa (30,98km), Seksi III Muara Jawa – Palaran (17,50km), Seksi IV Palaran – Samarinda (17,95km), dan Seksi V ruas Balikpapan – Sepinggan (11,09km).

Pemerintah pusat mengharapkan kehadiran jalan tol pertama di Pulau Borneo tersebut dapat mendorong pertumbuhan kawasan perekonomian baru.

Pembangunan infrastruktur tidak hanya untuk mendorong perkembangan ekonomi di kawasan perkotaan dan kawasan maju lainnya, tetapi juga infrastruktur di kawasan sedang berkembang dan perbatasan sehingga bisa mengurangi disparitas sosial, ekonomi dan wilayah.

Meski demikian, Ketua DPD Real Estate Indonesia provinsi Kalimantan Timur, Bagus Susetyo mengatakan, pembangunan infrastruktur tol tersebut tampaknya belum akan menggerakkan sektor properti untuk kembali bergairah.

Ketahui dinamika pasar properti di Indonesia, termasuk sentimen pasar dari sudut pandang pembeli lewat Rumah.com Property Affordability Sentiment Index!

Pasalnya, provinsi Kaltim telah memiliki pelabuhan besar dan Bandara di Samarinda. Perpindahan barang dan jasa sudah secara lancar dan cepat terjadi, sehingga tidak akan banyak menggerakkan pertumbuhan ekonomi.

Ia mengatakan roda perekonomian hanya bergerak di sekitar ruas pintu tol, selanjutnya di luar daerah itu, tidak ada pergerakan. Apalagi, saat ini, Samarinda sudah punya pelabuhan besar dan bandara baru. Penerbangan langsung menuju Samarinda itu telah memudahkan mobilitas.

“Cuma di Balikpapan aja, jalan tol nggak ada pengaruhnya. Tol-tol di Jabodetabek aja yang bisa bisa menggerakkan,” jelasnya.

Kunjungi event DealJuara, Pameran Properti Online Terbesar di Indonesia yang digelar Rumah.com mulai 7 Juli sampai 30 September 2019, dengan beragam penawaran menarik mulai dari diskon rumah sampai Rp480 juta, hingga tukar rumah lama dengan rumah baru!

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XII Kaltim Kaltara Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Refly Ruddy Tangkere berpendapat, semestinya proyek tol itu bisa ikut menggerakkan sektor properti lantaran dalam studinya dirancang untuk menciptakan kawasan ekonomi baru.

“Pastinya ketika swasta memulai investasi, sudah memperhitungkan kawasan ekonomi baru yang akan berkembang,” jelasnya.

Sales & Promotion Kalimantan Section Head Sinar Mas Land (SML), Budi Widiyanto mengatakan, pembangunan jalan tol baru belum terasa dampaknya untuk peningkatan penjualan properti.

“Kecuali jika nantinya benar-benar terealisasikan bisa diakses oleh masyarakat, baru akan berdampak langsung ke peningkatan penjualan,” katanya.

SML juga masih memiliki lahan di samarinda sekitar 170 hektare, tetapi peluncuran dan pengembangan lebih jauhnya masih menunggu pasar properti kembali bergairah terlebih dahulu.

Kepala BPJT Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, pembangunan jalan tol Balikpapan – Samarinda menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp 9,9 triliun.

(Sebelum beli rumah dan apartemen simak dulu ulasan wilayahnya di Area Insider Rumah.com!)

“Ditargetkan rampung pada akhir tahun 2019, adanya tol dapat memangkas biaya logistik barang dan jasa dan waktu tempuh antar dua kota tersebut dari semula sekitar 3 jam menjadi hanya 1 jam,” katanya.  

Berdasarkan data kementerian PUPR, Jalan Tol Balikpapan – Samarinda juga menjadi akses penghubung Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan.

Akses menuju bandara ini dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit dengan melewati Seksi V ruas Balikpapan – Sepinggan yang hanya berjarak sekitar 8 km dari bandara tersebut.

Temukan beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com

KIRIM KOMENTAR