membeli apartemen baru

RumahCom – Menyewakan unit properti bila ditekuni dengan serius bisa menghasilkan pendapatan rutin setiap bulan ataupun setiap tahunnya. Bergantung pada tujuan dan jangka waktu penyewaannya.

Terlebih saat ini jumlah backlog perumahan di indonesia saat ini sebanyak 7,6 juta unit. Tak mengherankan masih banyak masyarakat yang saat ini lebih memilih menyewa hunian.

Tarif sewa apartemen di Indonesia juga beragam. Besaran terhadap tarif yang dibebankan bergantung lokasi dan fasilitas yang ditawarkan.

Apabila membeli properti untuk investasi, berikut kiat-kiat agar hunian sewa bisa tetap mengalirkan ‘cuan’ alias keuntungan.

  • Survei Lokasi

Lokasi kawasan bisa berpengaruh kepada banyak hal, karena mempengaruhi akses untuk jalan-jalan dan menentukan tarif sewa. Biasanya lokasi yang berdekatan dengan fasilitas umum seperti kereta bawah tanah atau pusat perbelanjaan dan pertokoan akan lebih mahal.

Tapi tarif yang berlaku juga bisa disesuaikan dengan tempat yang berada tidak dekat dari akses fasilitas umum, selama menawarkan fasilitas yang lebih baik dan kondisi bangunan yang menarik/unik.

Mau beli rumah? Hitung besar kemampuan Anda dalam mencicil lewat Kalkulator KPR di Rumah.com!

Selanjutnya, hal ini berkaitan dengan penyediaan fasilitas yang dilakukan sesuai dengan sasaran dan karakteristik penyewa. Bisa saja menyasar masyarakat lokal atau ekspatriat yang tengah bekerja atau berlibur.

Lazimnya, unit penyewaan apartemen harian baik untuk perorangan atau lebih dari satu orang dilengkapi kamar mandi di dalamnya.

Jika Anda memiliki apartemen tipe studio, disarankan untuk disewakan kepada penyewa yang masih belum berkeluarga.Jangan menawarkannya kepada konsumen yang sudah berkeluarga supaya tidak cepat rusak dan melebihi kapasitasnya.

Sementara bila memiliki properti yang lebih luas tentunya harus dilengkapi dapur. Untuk umlah kamar dan kelengkapan lain seperti hair dryer, sabun, handuk, hingga perlengkapan elektronik lainnya, juga bisa disesuaikan ketika menyewakannya kepada tamu harian.

Kunjungi event DealJuara, Pameran Properti Online Terbesar di Indonesia yang digelar Rumah.com mulai 7 Juli sampai 30 September 2019, dengan beragam penawaran menarik mulai dari diskon rumah sampai Rp480 juta, hingga tukar rumah lama dengan rumah baru!

  • Jangan Asal Disewakan!

Mempertimbangkan profil penyewa, bertujuan meminimalir risiko apartemen Anda ke depannya. Pastikan kalau calon penyewa memiliki kartu identitas yang jelas dan masih berlaku. Jangan lupa menanyakan latar belakang menyewa hingga karakternya. 

Dari perbincangan, Anda juga bisa menerapkan ketentuan khusus demi kenyamanan masing-masing pihak.

Pemeliharaan rutin dan renovasi penampilan properti merupakan salah satu faktor penting agar orang tertarik menyewa. Pasalnya calon penyewa pasti juga memiliki sejumlah referensi lainnya sebagai pembanding sbelum akhirnya memutuskan.

Tampilan yang bersih terawat dan lapang akan meninggalkan kesan nyaman ditinggali.

  • Promosi via Broker

Bantuan agen properti bisa dipilih karena mereka lazimnya memiliki relasi dan penyebaran informasi mulut ke mulut yang kuat. Juga melalui medium iklan mereka.

Tak hanya itu, para agen properti memiliki ketrampilan menawarkan properti dengan baik dan luwes. Mereka bisa membanu mengkomunikasikan kebutuhan penyewa dan pemilik.

  • Biaya Esktra

Di era digital, memasrakan properti sewa secara online menjadi lebih praktis dan biaya promosi bisa lebih ditekan. Caranya, bisa dengan melalui media sosial pribadi maupun lewat situs yang memang khusus untuk sewa apartemen seperti Rumah.com.

Temukan beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com

KIRIM KOMENTAR