Ibukota Pindah, Warga Kalimantan Khawatirkan Harga Rumah

Boy LeonardAgustus 23, 2019

hunian mewah jakarta

RumahCom – Rencana pemindahan Ibukota baru ke Pulau Kalimantan diproyeksikan berdampak pada pembangunan infrastruktur yang lebih pesat.

Hal ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia juga akan meningkat.

Namun di sisi lain tidak semua warga Kalimantan menyambutnya dengan positif. Banyak pula yang masih merasa cemas karena membayangkan perubahan drastis yang terjadi di pulau ini. Generasi milenial pulau ini juga termasuk yang mengkhawatirkan efek meroketnya harga properti.

Hal itu memang tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu efek domino dan konsekuensi saat ibu kota pindah.

Simak juga: Panduan menyiapkan keuangan untuk membeli rumah pertama

Bisa-bisa nasib mereka sama seperti ibu kota Jakarta, yang semakin susah mencari hunian dekat kota karena harganya sudah terlalu melambung.

Rumah-rumah murah akhirnya hanya bisa didapat jauh dari pusat kota.Apalagi  selama ini isu keterjangkauan memang manjadi salah satu faktor yang membayangi milenial susah memiliki hunian.

Meskipun Presiden RI Joko Widodo sudah memohon izin untuk memindahkan ibu kota ke pulau Kalimantan, tetapi lokasi tepatnya memang belum diketahui. Dari Kalimantan sendiri mengerucut tiga daerah yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Kekhawatiran ini menjadi beralasan sebab sejak isu pemindahan ibu kota bergulir ke kalimantan, patok-patok geospasial juga terus bermunculan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD REI Kalimantan Timur, Bagus Susetyo mengatakan, generasi milennial tidak perlu mengkhawatirkan soal kenaikan harga rumah. Pasalnya, jika ibu kota negara pindah ke Bumi Etam, milenial masih memiliki opsi membeli rumah melalui program rumah murah.

Kunjungi event DealJuara, Pameran Properti Online Terbesar di Indonesia yang digelar Rumah.com mulai 7 Juli sampai 30 September 2019, dengan beragam penawaran menarik mulai dari diskon rumah sampai Rp480 juta, hingga tukar rumah lama dengan rumah baru!

Sebut saja, skema pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) bersama fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). Dengan cara itu, para milenial berpenghasilan Rp4 juta bisa dapatkan hunian dengan suku bunga datar sebesar 5% selama jangka waktu 20 tahun.

Bagi milenial dengan penghasilan yang lebih tinggi juga masih terbuka kesempatan untuk membeli rumah komersil, dengan sejumlah kemudahan yang telah dilakukan oleh perbankan. Menurutnya, rekan-rekan pengembang maupun perbankan tak henti-hentinya mencari skema terbaik, agar para milenial juga bisa dapatkan rumah tanpa perlu merasa terbenani.

Bahkan saat ini jangka pelunasan cicilan (tenor) bisa bervariasi mulai dari 5-25 tahun. Jangka waktu pelunasan bisa disesuaikan menurut kemampuan.

Baca syarat mengajukan KPR subsidi di sini!

Bagus justru menilai, milenial sebetulnya mampu membeli rumah tetapi mereka lebih senang menghabiskan penghasilannya untuk berwisata. Padahal kalau penghasilannya dikumpulkan bisa digunakan untuk mulai mencicil rumah.

Selain itu, apabila nantinya Kaltim pada akhirnya terpilih sebagai ibu kota negara menggantikan Jakarta, tentunya Real Estate Indonesia (REI) Kaltim sebagai mitra pengembang akan ikut membangun. Menurutnya, pergerakan harga lahan di Kaltim belum begitu bergerak liar.

“Lokasi belum ditetapkan jadi soal tanah masih normal belum ada lonjakan harga, kerena belum ada yang tahu tepatnya,” katanya.

Namun sementara ini, pengembang masih menanti keputusan final dan belum berani berspekulasi.

Sementara itu Direktur Independen Ciputra Development, Tulus Santoso mengatakan, pihaknya sedang menunggu kepastian pemerintah dalam menetapkan Ibukota baru Indonesia.

Menurutnya, masih terlalu awal untuk melakukan ekspansi besar-besaran di pulau Kalimantan. Pihaknya masih menerapkan sikap wait and see terlebih dahulu.

Temukan beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pindahnya Ibu Kota Bisa Munculkan Spekulan Tanah

RumahCom – Diinisiasi sejak era Presiden Soekarno sebagai presiden pertama Republik Indonesia, wacana tentang pemindahan ibu kota dari Jakarta kini kembali mencuat.Kali ini, pada periode kepemimpina

Lanjutkan membacaJuli 17, 2017

Ibu Kota Pindah ke Luar Jawa, Bagaimana Potensinya

Presiden Joko Widodo telah memutuskan untuk memindahkan ibu kota ke luar pulau Jawa. Rencana pemindahan ibu kota bisa berimbas pada perpindahan Aparatur Sipil Negara (ASN). Diperkirakan jumlahnya seki

Lanjutkan membacaMei 29, 2019

74 Tahun Indonesia Merdeka, Saatnya Kamu Juga Merdeka dari Ngontrak

Rumah.com - 74 tahun yang lalu, para pahlawan berjuang sampai titik darah penghabisan untuk meraih kemerdekaan Republik Indonesia. Semangat perjuangan nan gigih itulah yang harus ditiru, biar Sobat Ru

Lanjutkan membacaAgustus 15, 2019

Meraup 'Cuan' dari Hunian Sewa

RumahCom – Menyewakan unit properti bila ditekuni dengan serius bisa menghasilkan pendapatan rutin setiap bulan ataupun setiap tahunnya. Bergantung pada tujuan dan jangka waktu penyewaannya.Terlebi

Lanjutkan membacaAgustus 20, 2019

Mengamati Tren Hunian Sewa di Tiga Kota Besar

RumahCom – Setiap aset yang dimiliki tentunya bisa digunakan untuk menghasilkan pendapatan. Berbicara mengenai aset rumah yang tidak digunakan, justru makin menambah beban pemiliknya lantaran terus

Lanjutkan membacaAgustus 20, 2019

Masukan