Program Bedah Rumah Kementerian PUPR Serap Ratusan Ribu Tenaga Kerja

Juni 11, 2020

RumahCom – Ada banyak fungsi dari program bedah rumah yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR mulai revitalisasi hunian yang tidak layak huni, meningkatkan perekonomian masyarakat, hingga penerapan new normal saat pandmi.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau biasa disebut program bedah rumah berhasil menyerap tenaga kerja mencapai 231.186 orang. Penyerapan tenaga kerja sebanyak ini menjadi lebih berarti saat pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) karena bisa menyelamatkan perekonomian masyarakat bawah.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, program bedah rumah ini akhirnya bisa menjangkau banyak fungsi yaitu meningkatkan kualitas hunian menjadi lebih layak, menciptakan lapangan kerja, serta penyesuaian bagi masyarakat menjelang pelaksanaan new normal akibat pandemi.

“Satu program bisa menjalankan banyak fungsi di tengah situasi pandemi tentunya kita sangat bersyukur. Selain itu, program ini juga banyak melibatkan tenaga kerja yang lain seperti koordinator fasilitator (Korfas), tenaga fasilitator lapangan (TFL), para tukang, dan sebagainya. Program ini juga memberdayakan toko-toko bangunan di daerah sekitar masyarakat yang menerima bantuan, jadi banyak pihak yang terlibat,” ujarnya.

Program bedah rumah merupakan salah satu program utama Kementerian PUPR untuk terus meningkatkan rumah layak huni di Indonesia. Hal ini juga merupakan amanat UU No. 1 Tahun 2011 mengenai perumahan dan kawasan permukiman yang diartikan sebagai rumah yang dibangun atas prakarsa dan upaya masyarakat sendiri.

Temukan alasan mereka membeli rumah menggunakan KPR lewat video berikut ini.

Program bedah rumah pada tahun 2020 ini dialokasikann anggaran mencapai Rp4,69 triliun untuk membangun sebanyak 220 ribu unit rumah yang tidak layak huni. Pelaksanaannya dilakukan di 33 provinsi seluruh Indonesia atau sekitar 579 lokasi di berbagai kabupaten hingga pelosok nusantara.

Berdasarkan data Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, program padat karya bedah rumah ini melibatkan 876 orang Korfas yang digaji sekitar Rp6 juta/bulan. Selain itu TFL yang bertugas mendampingi masyarakat dalam proses pembangunan rumahnya mencapai 4.397 orang dengan gaji Rp4,5 juta per bulan. Dalam pelaksanannya, program ini juga telah melibatkan 220 ribu tukang sehingga dampak ekonomi yang ditimbulkan bisa sangat luas.

Untuk kriteria masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan dari program ini antara lain warga negara Indonesia (WNI), sudah berkeluarga, memiliki tanah yang ditandai dengan bukti kepemilikan yang sah, tinggal di rumah tersebut dengan kondisi yang tidak layak. Pelaksanaan program ini harus dengan berswadaya, berkelompok, dan tanggung renteng untuk menyelesaikan pembangunan rumah.

“Dengan begitu masyarakat penerima bantuan program bedah rumah ini bisa bekerja membangun rumah dan masyarakat yang lain mendapatkan upah kerja. Dalam pelaksanaan new normal nanti, Kementerian PUPR juga akan terus berupaya untuk membantu masyarakat bisa meningkatkan perekonomiannya dengan beberapa program padat karya yang sudah dirancang,” jelas Khalawi.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tangga Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi Desain Tangga di Rumah

RumahCom - Tangga merupakan bagian penting dari sebuah rumah yang memiliki lebih dari satu lantai. Namun bagi Anda yang menyukai desain rumah minimalis, tangga harus didesain seringkas mungkin agar ti

Lanjutkan membacaJuni 10, 2020

Intip Rumah 4 Presiden yang Tampak Nyaman

RumahCom - Bagi siapa saja termasuk presiden, rumah adalah tempat istirahat yang paling nyaman. Di sini presiden melepaskan berbagai rasa lelah dari tugas kenegaraannya bersama dengan keluarga mereka.

Lanjutkan membacaJuni 10, 2020

Ini 3 Pengusaha yang Memiliki Rumah Seharga Ratusan Miliar Rupiah

RumahCom - Kesuksesan seseorang bisa dilihat dari seberapa megah rumah yang dimiliki. Demikian juga dengan rumah 3 pengusaha berikut ini yang harganya mencapai ratusan miliar Rupiah.Ketika sukses dan

Lanjutkan membacaJuni 10, 2020

Menakar Nasib Bisnis Properti di Era ‘New Normal’, Bangkit?

Jakarta – Berdasarkan laporan terbaru yang dirilis JLL Global Capital Flows, ada penurunan volume transaksi real estate di kawasan Asia Pasifik. Penurunan itu tercatat 26 persen menjadi US$34 miliar

Lanjutkan membacaJuni 10, 2020

Siap Gandeng BP Tapera, SMF Terbitkan Surat Berharga

RumahCom – Peraturan Pemerintah (PP) No 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) telah ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 20 Mei lalu. Yang diatur dalam PP Peny

Lanjutkan membacaJuni 10, 2020

Masukan