Kementerian PUPR Ajukan Pagu Anggaran Rp115,58 Triliun dan Perumahan Rp7,48 Triliun

Juni 25, 2020

RumahCom – Kementerian PUPR telah mengajukan pagu anggaran untuk program kerja tahun 2021 mendatang. Anggaran seratusan triliun akan digunakan untuk memaksimalkan program kerja guna meningkatkan perekonomian nasional.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengajukan anggaran pembangunan infrastruktur dan perumahan untuk tahun 2021 sebesar Rp115,58 triliun. Usulan pagu anggaran ini telah diajukan Kementerian PUPR kepada Kementerian Keuangan dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, anggaran ini akan disalurkan untuk redesain penyederhanaan program antara lain dukungan manajemen, pendidikan, pelatihan, infrastruktur konektivitas, ketahanan sumber daya air, perumahan, dan infrastruktur perumahan.

“Kami akan melakukan redesain program kerja dengan menyederhanakan program dari semula 13 program pada tahun 2020 menjadi hanya lima program pada tahun 2021. Lima program ini akan difokuskan untuk prioritas pembangunan tahun 2020-2024 dengan dasar tujuh agenda pembangunan dalam RPJM 2020-2024,” ujarnya.

Beli rumah bekas atau ingin balik nama rumah warisan? Simak prosedur dan biaya balik nama sertifikat rumah di video berikut ini.

Adapun pagu indikatif Kementerian PUPR sebesar Rp115,58 triliun ini terdiri dari anggaran untuk Ditjen Sumber Daya Air sebesar Rp44,47 triliun, Ditjen Bina Marga Rp38,89 triliun, Ditjen Cipta Karya Rp22,23 triliun, Ditjen Perumahan Rp7,48 triliun, dan Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Rp2,41 triliun. Proses penganggaran untuk tahun 2021 berdasarkan pada PP No. 17 Tahun 2017 tentang sinkronisasi proses perencanaan dan penganggaran pembangunan nasional.

Basuki juga menambahkan, prioritas nasional rencana kerja Kementerian PUPR untuk tahun depan adalah mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial, fokus pembangunan akan dilaksanakan pada empat hal yaitu pemulihan industri, pariwisata dan investasi, reformasi sistem kesehatan nasional, sistem jaringan pengaman nasional, dan reformasi sistem ketahanan bencana.

“Prioritas lainnya yaitu untuk ketahanan ekonomi, pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan, pengembangan wilayah untuk mengurangi kesenjangan, dan SDM berkualitas dan berdaya saing. Selanjutanya adalah prioritas infrastruktur untuk perekonomian dan pelayanan dasar, lingkungan hidup, ketahanan bencana, perubahan iklim, dan pelayanan publik,” jelas Basuki.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Manfaat Penggunaan Panel Surya di Rumah

RumahCom - Panel surya menjadi salah satu pilihan tenaga listrik yang ramah bagi lingkungan. Selain itu ada segudang manfaat lainnya dari pemasangan panel surya di rumah.Pemerintah melalui Kementerian

Lanjutkan membacaJuni 24, 2020

Sistem Syariah Bikin Developer Bisa Lebih Bertahan Saat Pandemi

RumahCom – Sistem perbankan syariah memiliki beberapa kelebihan dibandingkan sistem konvensional. Saat pandemi Covid-19, pengembang maupun konsumen properti masih bisa bertahan dengan skema ini saat

Lanjutkan membacaJuni 24, 2020

Bukan Hanya FLPP, Aplikasi SiKasep Sudah Bisa Untuk Program SSB

RumahCom – PPDPP sebagai penyalur dana KPR subsidi FLPP terus mengembangkan berbagai aplikasi teknologi untuk kemudahan masyarakat yang mencari hunian. Ini hubungan kalangan pengembang dengan produk

Lanjutkan membacaJuni 24, 2020

Penyewa Ruang Kantor di Jakarta Masih Wait and See, Apa Sebabnya?

RumahCom – Apabila kuartal II/2020 pandei Covid-19 masih melanda, maka kinerja properti perkantoran di Jakarta diperkirakan mulai melorot. Namun, menurut konsultan properti JLL, kondisi tersebut aka

Lanjutkan membacaJuni 24, 2020

Bagaimana Menarik Dana Tapera Untuk Pekerja Yang Di-PHK?

RumahCom – BP Tapera yang mengelola dana pekerja akan mengembalikan seluruh manfaat kelolaan dananya untuk pekerja khususnya pembiayaan perumahan. Untuk pekerja yang di-PHK ada aturan yang telah dit

Lanjutkan membacaJuni 25, 2020

Masukan