Kementerian PUPR Dorong Rumah Tidak Layak Jadi Homestay Di NTB

Juli 2, 2020

RumahCom – Kementerian PUPR terus mendorong program bedah rumah dengan menjadikannya homestay maupun tempat usaha di lokasi-lokasi wisata. Dengan begitu selain melakukan revitalisasi kawasan perekonomian masyarakat bisa meningkat dengan aktivitas wisata.

Pada masa pemberlakuan new normal terkait pandemi Covid-19, Ditjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN). Ada beberapa nilai lebih dari program ini selain mendukung kemajuan sektor pariwisata yang juga penting adalah peningkatan perekonomian di masa sulit pandemi ini.

Program KSPN sendiri terus disosialisasikan khususnya di kawasan-kawasan wisata untuk terus memajukan sektor pariwisata nasional, salah satunya dengan mengembangkan program sarana hunian pariwisata (Sarhunta). Untuk tahun ini, program KSPN dilaksanakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan program Sarhunta sebanyak 500 unit.

“Tahun ini kita gencarkan sosialisasi KSPN untuk program Sarhunta di Lombok sebanyak 500 unit. Semoga dengan program ini bisa meningkatkan sektor pariwisata di NTB khususnya pada era new normal ini,” ujar Rini Dyah Mawarty, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Wilayah NTB.

Program ini bekerja sama antara Kementerian PUPR dengan pemerintah setempat yang akan memberikan stimulan rumah supaya nantinyaa rumah masyarakat bisa berfungsi sebagai hunian yang layak juga dimanfaatkan sebagai homestay untuk wisatawan. Bisa juga rumahnya digunakan sebagai tempat usaha sehingga bisa meningkatkan perekonomian rumah tangga.

Investasi di kampung halaman bisa menjadi pilihan tepat yang menguntungkan. Lalu gimana caranya? simak videonya berikut ini.

Ada dua kabupaten di NTB, yaitu Lombok Tengah dan Lombok Utara yang akan dilaksanakan program ini. Jumlah alokasi untuk homestay atau kegiatan pariwisata berupa pembangunan baru sebanyak 59 unit dan peningkatan kualiitas sebanyak 63 unit. Selain itu ada juga 208 unit rumah yang posisinnya berada pada jalur utama menuju kawasan pariwisata yang juga akan mendapatkan bantuan program bedah rumah.

Adapun program Sarhunta yang akan dilaksanakan di Kabupaten Lombok Utara jumlahnya mencapai 54 unit dan pembangunan baru sebanyak 18 unit. Masih ada 98 unit rumah lain yang masih dalam tahap verifikasi. Program Sarhunta ini merupakan bantuan super prioritas rumah swadaya dari pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang berada di KSPN.

Kriteria rumah masyarakat yang mendapatkan bantuan yaitu warga negara Indonesia (WNI) yang sudah berkeluarga, memiliki rumah tidak layak huni, berpenghasilan paling tinggi senilai 1,5 kali dari upah minimum provinsi (UMP), dan masyarakat mampu berswadaya dan gotong royong.

“Kami telah melakukan sosialisasi KSPN di beberapa lokasi yaitu Gili Indah, Lombok Utara, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, KSPN Pantai Selatan Desa Kuta, Selong, Belanak, Desa Sengkol, Desa Sukadana, Desa Tanak Awu, Desa Ketara, dan Desa Mekar Sari Kabupaten Lombok Tengah. Masyarakat juga akan dibantu oleh tenaga ahli dari sipil dan arsitektur supaya rumah yang dibangun bisa menarik wisatawan dan mendukung kawasan wisata yang sudah ada,” jelas Rini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua b

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

6 Cara Membuat Rumah Mirip Hotel

RumahCom - Menciptakan suasana hotel dalam rumah tidak lagi sulit, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan suasana tersebut.Sebagian besar hotel memiliki desain yang menarik dan dii

Lanjutkan membacaJuli 2, 2020

Ini 5 Manfaat Punya Peliharaan di Rumah

RumahCom - Tidak disangka ternyata memiliki hewan peliharaan berdampak positif bagi kesehatan dan hubungan sosial Anda.Memiliki hewan peliharaan di rumah sangatlah menyenangkan. Hewan peliharaan, sela

Lanjutkan membacaJuli 2, 2020

Lampu LED Terbaik 2020 yang Siap Menerangi Seluruh Ruangan

RumahCom - Lampu LED dikenal memiliki daya tahan yang lama dan lebih ramah lingkungan karena penggunaan daya listriknya yang rendah tapi cahaya yang dihasilkan cukup terang.Setiap hunian dan setiap ru

Lanjutkan membacaJuli 2, 2020

Berapa Subsidi Yang Diterima MBR Dari Program FLPP?

RumahCom – Program KPR FLPP memberikan subsidi bunga KPR menjadi hanya 5 persen setiap bulan yang dibayarkan oleh masyarakat. Ditambah pembebasan PPN dan biaya-biaya lain, total hingga puluhan juta

Lanjutkan membacaJuli 2, 2020

Simpang Susun Sentul Selatan Sebentar Lagi Bisa Digunakan

RumahCom – Proyek jalan Simpang Susun Sentul Selatan sudah hampir rampung dan ditargetkan bisa segera beroperasi. Jalan simpang susun ini akan mempercepat arus lalu lintas dari Jakarta-Bogor maupun

Lanjutkan membacaJuli 2, 2020

Masukan