13.902 Unit Rumah Di Jawa Barat Akan Dibedah

Juli 7, 2020

RumahCom – Program bedah rumah untuk memperbaiki kualitas rumah yang tidak layak terus dikerjakan oleh Kementerian PUPR. Jawa Barat merupakan provinsi yang dikerjakan dalam program ini dengan anggaran mencapai lebih dari Rp243 miliar.

Program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau program bedah rumah yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus merambah ke berbagai daerah. Kali ini, program bedah rumah menyambangi wilayah Provinsi Jawa Barat untuk membedah sebanyak 13.902 unit rumah dengan anggaran mencapai Rp243,28 miliar.

Menurut Kiagoos Egie Ismail, Kepala Balai Pelaksana Penyedia Perumahan Jawa II (BP2PJ2), program bedah rumah ini merupakan salah satu program kerja Kementerian PUPR untuk mengurangi rumah-rumah tidak layak huni di daerah-daerah, sekaligus untuk menata kawasan menjadi lebih baik.

“Makanya kami membutuhkan dukungan khususnya dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat untuk kelancaran program ini di lapangan. Akan sangat baik kalau rumah-rumah di pelosok daerah yang tadinya kumuh menjadi lebih layak huni sekaligus itu juga perbaikan untuk kawasan lingkungannya,” ujarnya.

Pelaksanaan program bedah rumah di Jawa Barat ini akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama sebanyak 10.000 unit dan tahap kedua 3.902 unit. Seluruh program bedah rumah  yang dilaksanakan di Provinsi Jawa Barat ini adalah program peningkatan kualitas rumah swadaya (PKRS).

Bangun rumah tidak harus selalu mahal. Siasati trik bangun rumah dengan anggaran minim lewat video berikut ini.

Untuk tahap pertama sebanyak 10.000 unit sebarannya di Kabupaten Cianjur (2.190 unit), Kabupaten Tasikmalaya (2.575 unit), Kota Tasikmalaya (425 unit), Kabupaten Subang (210 unit), Kabupaten Sukabumi (1.960 unit), Kota Sukabumi (130 unit), Kabupaten Indramayu (1.070 unit), Kabupaten Sumedang (90 unit), dan Kabupaten Bandung (1.350 unit).

Sementara itu untuk tahap kedua akan dilaksanakan di Kabupeten Tasikmalaya (420 unit), Kabupaten Pangandaran (200 unit), Kabupaten Majalengka (200 unit), Kabupaten Garut (80 unit), Kota Bandung (350 unit), Kabupaten Ciamis (200 unit), Kabupaten Kuningan (100 unit), Kota Cirebon (100 unit), Kabupaten Cirebon (630 unit), Kabupaten Indramayu (370 unit), dan Kabupaten Cianjur (125 unit).

“Setiap unit rumah yang tidak layak dan akan dibedah akan mendapatkan bantuan sebesar Rp17,5 juta. Dana itu nantinya bisa dimanfaatkan untuk pembelian bahan material bangunan sebesar Rp15 juta dan Rp2,5 juta untuk biaya tukang. Membeli material maupun tenaga tukang seluruhnya harus dari lokasi sekitar untuk pemberdayaan perekonomian juga,” imbuh Kiagoos.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengembang Ini Optimistis Raih Rp150 Miliar Pada Kuartal II

RumahCom – Pandemi Covid-19 memang berdampak ke banyak sektor usaha, tak terkecuali bisnis properti. Namun, di tengah pandemi dan lesunya perekonomian, sejumlah pengembang terus bertahan dan berprod

Lanjutkan membacaJuli 6, 2020

Jalan Tol Depok-Antasari Akan Tersambung ke Salabenda, Bogor

RumahCom – Pembangunan Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) akan terus dilanjutkan hingga ke Salabenda, Kabupaten Bogor, sepanjang 6,5 kilometer. Hal ini dinyatakan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum

Lanjutkan membacaJuli 6, 2020

Kapan dan Dimana Memfokuskan Listing Anda di Bulan Juli

Dalam artikel kami sebelumnya, kami telah mengetahui bahwa orang-orang masih mencari properti impian mereka meskipun dalam situasi pandemi.Merujuk pada artikel kami sebelumnya. Kapan dan Di Mana Memfo

Lanjutkan membacaJuli 7, 2020

Pengembang Ini Raih Rp1,5 Triliun Selama Pandemi

RumahCom – Kalangan pengembang menerapkan berbagai strategi hingga kemudahan pembayaran untuk meraih penjualan saat situasi pandemi. Pengembang Sinarmas Land (SML) berhasil meraih penjualan yang cuk

Lanjutkan membacaJuli 7, 2020

Mengintip Rumah Selebritis Terbaik Sepanjang Masa

RumahCom - Para artis atau selebriti banyak yang memiliki rumah mewah dan unik. Kekayaan yang mereka punya tentu membuat mereka lebih bebas dalam mendesain rumah mereka sendiri.Pernahkah Anda membayan

Lanjutkan membacaJuli 7, 2020

Masukan