Saat Pandemi, Penyerapan KPR Subsidi Justru Tinggi

Juli 14, 2020

RumahCom – Saat pandemi Covid-19 minat masyarakat untuk mengakses perumahan subsidi tetap besar. Ini terlihat dari terus meningkatnya pengajuan KPR subsidi FLPP melalui sistem aplikasi SiKasep yang dikembangkan PPDPP Kementerian PUPR.

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali merilis penyaluran KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). PPDPP merupakan lembaga yang menyalurkan dana FLPP kepada perbankan untuk membiayai perumahan bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, per 30 Juni 2020, PPDPP telah menyalurkan dana FLPP sebesar Rp7,366 triliun. Dana sebesar ini untuk membiayai sebanyak 72.760 unit rumah. Ini artinya, dari anggran sebesar Rp11 triliun untuk membiayai 102.500 unit rumah, PPDPP telah menyerap anggaran mencapai hampir 71 persen dari total anggaran tahun ini.

“Rumah ini kebutuhan dasar manusia, makanya situasi pandemi Covid-19 tidak berpengaruh siginifikan pada minat masyarakat yang mencari hunian melalui sistem aplikasi SiKasep (sistem informasi perumahan subsidi). Realisasi untuk perumahan bersubsidi tetap tinggi dan minat masyarakat tidak berkurang,” ujarnya.

Beli rumah dengan cicilan KPR Ringan, bisa dan mudah kok. Simak video berikut ini untuk tau triknya!

Minat masyarakat yang tinggi juga terlihat dari yang mengakses aplikasi SiKasep yang terus meningkat. Hingga awal Juli 2020, ada 181.008 calon debitur yang telah mengakses SiKasep. Sebanyak 72.010 calon debitur telah dinyatakan lolos subsidi checking, 10.534 calon debitur dalam proses verifikasi bank, dan 2.161 calon debitur mengajukan dana FLPP ke PPDPP. Data terakhir, PPDPP telah menyalurkan sebanyak 74.885 debitur.

Untuk kemudahan masyarakat, PPDPP juga terus menyempurnakan berbagai aplikasi yang akan memudahkan masyarakat mengakses berbagai program perumahan. Ke depan, PPDPP bukan hanya menyalurkan KPR subdisi FLPP tapi juga berbagai program kemudahan pembiayaan perumahan lain yang dikeluarkan pemerintah.

“Kami terus meningkatkan layanan dari aplikasi SiKasep juga untuk program subsidi yang lain seperti subsidi selisih bunga (SSB), dan bantuan pembiayaan perumahan berbasis tabungan (BP2BT). Saat ini ada 4.929 calon debitur yang sudah masuk proses verifikasi bank pelaksana dan 3.414 dalam proses pengajuan dana ke Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR,” jelas Arief.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sumut Segera Punya Dua Kota Mandiri Kerja Sama Dua BUMN

RumahCom – Dua kota mandiri segera hadir di Deli Serdang, Sumatera Utama (Sumut). Kota-kota ini merupakan hasil kerja sama antara dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni Perusahaan Umum Pembangun

Lanjutkan membacaJuli 13, 2020

 Adaptasi ‘New Normal’, Ini Isu Utama Untuk Keamanan Hunian

RumahCom – Virus korona masih melanda berbagai negara di dunia dan menyebabkan bencana global alias pandemi. Sejumlah prediksi pun bermunculan terkait kondisi dunia usai pandemi Covid-19 atau di mas

Lanjutkan membacaJuli 13, 2020

5 Tips Agar Dapur Selalu Bersih Bebas Dari Sampah

RumahCom - Dapur menjadi bagian penting dari sebuah rumah, oleh karena itu menjaga dapur tetap bersih adalah sebuah kewajiban.Dalam suatu rumah dapur menjadi pusat dari sebuah rumah. Mengapa demikian?

Lanjutkan membacaJuli 13, 2020

Begini Cara Rumah Pintar Melindungi Anda Dari Bencana Alam

RumahCom - Bencana alam memang sulit untuk diprediksi, namun kehadiran rumah pintar menjadi salah satu langkah pencegahan yang baik.Perlindungan menjadi salah satu hal utama yang dibutuhkan setiap ora

Lanjutkan membacaJuli 13, 2020

Ketahui Keuntungan Dan Kerugian Rumah Pintar

RumahCom - Smart home menjadi pilihan banyak orang karena kenyamanan dan kemudahannya, namun ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan.Smart home atau rumah pintar adalah rumah yang menggunakan

Lanjutkan membacaJuli 13, 2020

Masukan