Sinergi Perusahaan BUMN Garap Kota Baru Di Sumatera Utara

Juli 14, 2020

RumahCom – Perumnas dan PTPN, dua perusahaan BUMN akan berkolaborasi mengembangkan kota mandiri baru di Sumatera Utara. Sinergi BUMN ini akan menyediakan hunian untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di perkotaan.

Perusahaan BUMN yang fokus di sektor perumahan, Perumnas, akan mengembangkan township atau kota mandiri baru di Deli Serdang, Sumatera Utara. Pengembangan integrated new township baru ini dikerjakan bersama perusahaan BUMN lain yaitu PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II sebagai pemilik lahan.

Menurut Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro, pembangunan township baru ini tidak terlepas dari akan dibangunnya transportasi kereta yang lokasinnya berada tepat di depan kawasan perumahan. Proyek kereta ini akan dibangun pada bulan Juli ini juga.

“Total lahannya akan seluas 854ha yang akan dikembangkan dalam beberapa tahap. Untuk tahap pertama akan dikonsentrasikan untuk luas 50ha yang mencakup 2.175 unit rumah dan lebih dari 50 persennya nanti untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” ujarnya.

Nantinya, proyek kota baru ini bukan hanya mencakup perumahan tapi juga akan menyediakan zona komersial. Seluruh kawasan huniannya akan dipermudah dengan pengintegrasian dengan sarana transportasii masal sehingga aksesibilitas penghuni nantinya akan sangat mudah untuk ke berbagai lokasi tujuan.

Ketika sudah memutuskan beli rumah, penting untuk perhatikan pengembang perumahan tersebut. Seperti apa pengembang yang terpercaya? simak di video berikut ini!

Karena itu proyek ini bukan hanya bekerja sama dengan PTPN selaku pemilik lahan, tetapi menggandeng juga dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI/Persero). Sebelumnya, Perumnas telah bekerja sama dengan KAI untuk pengembangan perumahan di Parung Panjang, Bogor, yaitu Perumnas Parayasa. Konsep hunian yang terintegrasi transportasi masal ini akan terus diperbanyak di pusat-pusat hunian.

Pengembangan proyek kota mandiri di atas lahan PTPN ini juga sesuai dengan rekomendasi DPRD Sumatera Utara. Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) juga telah menerbitkan surat HGB untuk total luas sekitar 241 ha sebagai dasar pengembangan proyek tahap pertama.

“Untuk IMB-nya juga sedang berproses di Pemkab Deli Serdang dan semoga bisa segera terbit. Pengembangan kota mandiri seperti ini bisa menjadi jawaban atas permasalahan kebutuhan hunian dan harga lahan di perkotaan yang semakin mahal. Sinergi kerja sama BUMN bisa mengoptimalkan lahan idle dan ini bisa menjadi angin segar untuk menciptakan hunian di tengah kota khususnya bagi kalangan MBR,” tandas Budi.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

5 Tips Agar Dapur Selalu Bersih Bebas Dari Sampah

RumahCom - Dapur menjadi bagian penting dari sebuah rumah, oleh karena itu menjaga dapur tetap bersih adalah sebuah kewajiban.Dalam suatu rumah dapur menjadi pusat dari sebuah rumah. Mengapa demikian?

Lanjutkan membacaJuli 13, 2020

Begini Cara Rumah Pintar Melindungi Anda Dari Bencana Alam

RumahCom - Bencana alam memang sulit untuk diprediksi, namun kehadiran rumah pintar menjadi salah satu langkah pencegahan yang baik.Perlindungan menjadi salah satu hal utama yang dibutuhkan setiap ora

Lanjutkan membacaJuli 13, 2020

Ketahui Keuntungan Dan Kerugian Rumah Pintar

RumahCom - Smart home menjadi pilihan banyak orang karena kenyamanan dan kemudahannya, namun ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan.Smart home atau rumah pintar adalah rumah yang menggunakan

Lanjutkan membacaJuli 13, 2020

Saat Pandemi, Penyerapan KPR Subsidi Justru Tinggi

RumahCom – Saat pandemi Covid-19 minat masyarakat untuk mengakses perumahan subsidi tetap besar. Ini terlihat dari terus meningkatnya pengajuan KPR subsidi FLPP melalui sistem aplikasi SiKasep yang

Lanjutkan membacaJuli 14, 2020

Ini Segmen Properti Yang Tepat Saat Pandemi

RumahCom – Pelemahan bisnis properti dan pandemi Covid-19 membuat produk properti untuk segmen menengah justru makin menguat. Hal ini direspon oleh pengembang dengan mengeluarkan produk di segmen in

Lanjutkan membacaJuli 14, 2020

Masukan