Lembaga Penyalur KPR Bersubsidi Siapkan Aplikasi Untuk Menjamin Kualitas Perumahan

September 7, 2020

RumahCom – Lembaga penyalur KPR subsidi FLPP, PPDPP terus memperkuat layanannya dengan berbasis teknologi. Setelah aplikasi SiKasep dan SiKumbang, PPDPP tengah mempersiapkan aplikasi  SiPetruk untuk menjamin kualitas produk perumahan memiliki kualitas yang baik.

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merupakan lembaga yang menyalurkan KPR subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan  (FLPP) kepada perbankan maupun lembaga pembiayaan perumahan. Sejak PPDPP berdiri tahun 2010 lalu, lembaga ini terus memperkuat pelayanannya dengan berbagai aplikasi online untuk memudahkan semua pihak mendapatkan informasi maupun mengakses pembiayaan perumahan bersubsidi.

PPDPP misalnya, telah meluncurkan Sistem Aplikasi KPR Bersubsidi (SiKasep) untuk memudahkan kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mengakses FLPP maupun mendapatkan informasi perumahan. Ada juga Sistem Informasi untuk Pengembang (SiKumbang) untuk memudahkan kalangan pengembang memasarkan produk perumahannya sehingga bisa terdaftar dan dipilih di dalam sistem PPDPP.

Selain SiKasep dan SiKumbang, PPDPP juga melengkapi layanannya dengan website maupun portal selain terus melakukan penguatan dan pengembangan basis teknologi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Terkahir, PPDPP juga menggandeng Badan Siber Sandi Negara (BSSN) untuk penerapan IT Security Assesment (ITSA) dan implementasi digital signature.

Untuk terus meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat dan seluruh stakeholder di bidang perumahan, PPDPP terus mengembangkan berbagai sistem dan penguatan basis digitalnya. Saat ini PPDPP tengah mempersiapkan aplikasi lain untuk memudahkan dan menjamin keamanan produk perumahan yang dibangun oleh pengembang.

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, PPDPP tengah mengembangkan Sistem Pemeriksaan Struktur (SiPetruk) dan dalam waktu dekat akan segera me-launching aplikasi ini. “Kami sedang mempersiapkan proses bisnisnya sehingga ke depan melalui aplikasi ini bisa dilihat kelaikan fungsi bangunan rumah dan masyarakat bisa benar-benar nyaman dalam memilih rumah subsidi yang ada di SiKasep, SiKumbang, ditambah dengan aplikasi baru ini,” ujarnya.

Berbagai sistem yang dikembangkan oleh PPDPP telah membawa banyak kemudahan dan terbukti meningkatkan minat masyarakat untuk mencari maupun mengakses kebutuhan huniannya. Pada masa pandemi Covid-19 ini keberadaan berbagai aplikasi ini juga telah memudahkan masyarakat untuk tetap bisa mencari informasi hingga mengajukan aplikasi KPR bersubsidi dari rumahnya masing-masing.

Sebelum membeli tanah, sebaiknya Anda cek dulu legalitas atau keabsahan tanah tersebut. Caranya? simak penjelasan di video berikut ini.

Hingga saat ini, PPDPP telah menyalurkan sebanyak 86.683 unit rumah subsidi atau senilai Rp8,8 triliun. Pencapaian ini setara dengan 84,57 persen dari target penyaluran KPR subsidi tahun ini dari target 102.500 unit senilai Rp11 triliun. Sejak tahun 2010 lalu, dana FLPP yang telah disalurkan PPDPP mencapai 742.285 unit senilai Rp53,19 triliun.

Debitur yang mengakses aplikasi SiKasep juga terus meningkat dan telah mencapai 216.992 calon debitur, 88.427 orang telah lolos subsidi checking, dan 10.803 orang sudah dalam proses verifikasi bank pelaksana FLPP. Sedangkan pada aplikasi SiKumbang telah terdaftar sebanyak 11.409 lokasi perumahan dengan 500.363 unit rumah terdaftar, 257.632 unit rumah telah terjual.

“Dengan adanya aplikasi SiKasep, SiKumbang, dan nantinya SiPetruk sistem yang kami hadirkan semakin lengkap dan bisa lebih melindungi masyarakat untuk mendapatkan produk terbaik karena sudah diatur dengan berbagai sistem ini,” beber Arief.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Berbagai Alternatif Beton Ramah Lingkungan untuk Bangunan

RumahCom - Beton ramah lingkungan saat ini sudah banyak dicari. Industri beton sudah menyadari bahwa beton ramah lingkungan baik untuk kelestarian lingkungan dan menjaga alam dari lebih banyak kerusak

Lanjutkan membacaSeptember 7, 2020

Membangun Pilar yang Sesuai dengan Desain Rumah

RumahCom - Pilar memiliki fungsi sebagai penyangga rumah sekaligus menambah estetik sebuah rumah. Membangun pilar yang baik tentu harus selaras dengan desain dan penempatan yang diinginkan.Keberadaan

Lanjutkan membacaSeptember 7, 2020

Cara Membuat Bioskop Pribadi Di Rumah

RumahCom - Bagi sebagian orang yang hobi menonton film, mereka tentu akan melakukan berbagai hal supaya dapat menonton film-film terbaru yang sedang tayang, salah satunya dengan membuat bioskop di rum

Lanjutkan membacaSeptember 7, 2020

Strategi Pemerintah Benahi Kawasan Jabodetabek-Punjur

RumahCom – Kawasan Jabodetabek-Punjur membutuhkan pengelolaan sebuah kawasan besar lintas sektoral dan pemerintah daerah. Dibutuhkan koordinasi yang baik untuk mengurai berbagai permasalahan kawasan

Lanjutkan membacaSeptember 7, 2020

Masukan