Restorisasi Arsip Tanah Pasca Banjir, Digitalisasi Arsip Harus Dipercepat

Januari 8, 2020

perbedaan notaris dan PPAT

RumahCom-Kantor pertanahan kota bekasi terendam banjir, dihimbau seluruh kantor pertanahan di Indonesia harus segera digitalisasi Arsip. Salah satu arsip sertipikat penting yang mengalami kerusakah adalah warkah dan buku tanah. 

Bencana banjir yang menerjang wilayah Jabodetabek di awal tahun 2020 menyebabkan kerusakan diberbagai aspek. Salah satunya kerusakan pada arsip sertipikat, seperti warkah dan buku tanah.

Kantor Pertanahan Kota Bekasi mengalami dampak banjir. Akibatnya beberapa arsip ikut terendam. Nurhadi Putra, Kepala Biro Umum dan Layanan Pengadaan Kementerian ATR/BPN mengatakan, banyak dokumen yang basah akibat banjir. Namun, sebagian besar sudah dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi. 

“Terdapat beberapa arsip sertipikat yang terendam akibat banjir. Untuk merestorasi ini, kami meminta bantuan ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia),” lanjutnya.

Diharapkan dengan kejadian tersebut, seluruh kantor pertanahan di Indonesia harus cepat mendigitalisasikan seluruh arsipnya. Jika sewaktu-waktu terjadi musibah serupa, seluruh data masyarakat dengan aman terselamatkan. 

Direktur Preservasi ANRI Kandar telah menjelaskan hal terpenting dan langkah awal yang harus dilakukan adalah evakuasi terlebih dahulu.

Baca selengkapnya: Cara Urus Sertifikat Laik Fungsi Dengan Mudah Dan Cepat

“Ada dua hal yang harus dilakukan saat ini dan sesegera mungkin. Pertama melakukan evakuasi arsip jangan sampai terkena sinar matahari,karena jika terkena maka akan hancur nantinya. Kemudian untuk arsip yang memiliki nilai guna tinggi akan diprioritaskan untuk diinventarisasikan terlebih dahulu,” ungkap Kandar. 

Lebih lanjut, Kandar menghimbau kepada seluruh warga korban banjir agar merestorasi dokumen yang basah. 

“ANRI juga memberikan layanan restorasi/perawatan arsip keluarga (Laraska) secara gratis bagi masyarakat yang terkena musibah bencana banjir. Dapat langsung mendatangi kantor ANRI,”tekannya.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Dampak Baik Ibu Kota Negara Baru (IKN) Gairahkan Sektor Properti

RumahCom-Peningkatan ekonomi dan investasi terlihat dari adanya penetapan Ibu Kota Negara baru di wilayah Kalimantan. Dua proyek yang menarik perhatian pemerintah adalah pembentukan Kawasan Industri K

Lanjutkan membacaDesember 30, 2020

Mengenal Para Pemenang Sayembara Lomba Desain Ibu Kota Negara (IKN)

RumahCom-Sayembara lomba desain ibu kota negara (IKN) baru telah usai. Lima konsep desain ditetapkan dengan pembagian pemenang 1, pemenang 2, pemenang 3, harapan 1 dan harapan 2. Pemenang dipilih sete

Lanjutkan membacaDesember 30, 2020

Yogyakarta Berpotensi Besar Kembangkan Aero City

RumahCom-Pengadaan lahan untuk Bandara di Kulon Progo dinilai bisa menumbuhkan pengembangan Aero City baru di Yogyakarta. Konsep Aerocity berprinsip pada pengembangan kawasan metropolitan.Belum lama

Lanjutkan membacaJanuari 3, 2020

Adanya Kemudahan Legalitas Lahan, Diharapkan Dorong Milenial Investasi Properti

RumahCom-Pemerintah telah memberikan kemudahan dalam mendaftarkan legalitas lahan. Dengan adanya kemudahan ini diharapkan milenial bisa investasi properti. Tanah sebagai investasi jangka Panjang dan m

Lanjutkan membacaJanuari 6, 2020

Banjir Jabodetabek, Pemerintah Gerakkan Penyelamatan Arsip Tanah

RumahCom-Banjir yang telah melanda Jabodetabek di awal tahun 2020 menjadi perhatian penting pemerintah. Terutama dalam penyelamatan arsip tanah yang telah rusak akibat banjir. Pemerintah mulai sigap d

Lanjutkan membacaJanuari 6, 2020

Masukan