Tahun Tikus Logam, Properti Berjaya Ini Alasannya!

Januari 28, 2020

RumahCom-Tahun ini telah memasuki tahun tikus logam berdasarkan kalender Tiongkok yang jatuh di tahun 2020. Ada dua sektor yang diperkirakan baik di tahun tersebut, yaitu properti dan tambang logam.

Hans Kwee, Direktur PT. Anugerah Mega Investama mengatakan, tahun tikus logam memiliki unsur tanah paling dominan. Sektor propeti mendapat dukungan dari suku bunga acuan yang turun 100 basis poin (bps) pada tahun lalu dan beberapa pelonggaran di kebijakan Loan To Value (LTV).

Pada tahun lalu, orang masih banyak yang menahan diri berinvestasi properti karena masih dalam masa Pemilihan Umum (Pemilu). Sekarang saatnya di tahun ini orang-orang mulai berpikir untuk investasi.

Hans mengatakan juga bahwa goyangnya investasi di produk asuransi dan reksadana sedikit banyak membuka angin segar bagi investasi properti. Peluang orang mengalihkan investasi sangat terbuka. Investor akan berhati-hati dengan penawaran fixed rate industri asuransi akibat kasus JiwasRaya.

Berdasarkan kasus JiwasRaya itu, karakteristik produk dari beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan fixed rate lumayan tinggi. Namun, menempatinya di investasi saham dan pasar modal justru cenderung berisiko. Hal ini membuka kekhawatiran khusus sama seperti yang terjadi di beberapa perusahaan asuransi.

Industri reksadana juga terpukul akibat rontoknya lebih dari 35 produk reksadana pada akhir tahun lalu di beberapa manajer investasi. Selama ini investor percaya investasi reksadana berisiko lebih rendah dibandingkan dengan membeli sendiri saham.

Dia memperkirakaan investor akan memilih investasi yang menjajikan dan perlu waktu untuk memulihkan trauma yang ada. 

“Siklus properti kami perkirakan akan mencapai puncak di tahun 2012-2014 dan lalu berangsur turun maka dari tahun lalu kami melihat awal periode kenaikan sektor properti,” jelas Hans.

Dengan demikian, target puncak sektor poperti akan terjadi pada tahun 2023-2025 dengan awal kenaikan pada tahun 2020. Menurutnya, selain membeli properti langsung, investor juga dapat membeli beberapa saham atau produk turunnnya seperti Real Estate Investment Trust (REIT) melalui pasar modal.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Greenwoods Group Memenangkan Penghargaan Best Housing Development (Greater Jakarta) di PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019

RumahCom-Citaville Parung Panjang sebagai rangkaian proyek Greenwoods Groups berhasil meraih penghargaan sebagai Best Housing Development di ajang penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2

Lanjutkan membacaJanuari 20, 2020

Vasaka Nines oleh Waskita Karya Realty Raih Penghargaan di PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019 Dengan Pembangunan Apartemen Youthful

RumahCom-Keberhasilan Waskita Karya Realty dalam proyek Vasaka Nines meraih penghargaan. Proyek ini dinilai sesuai dengan lifestyle anak muda yang mengedepankan fasilitas indoor dan outdoor secara

Lanjutkan membacaJanuari 24, 2020

Perlukah Pengembang Beri Diskon Pembelian Properti?

RumahCom-Menggairahkan sektor properti pasca pemilu sudah dilakukan pemerintah. Saatnya para pengembang juga melakukan hal yang sama dan tidak hanya bergantung pada stimulus fiskal. Memberikan promo s

Lanjutkan membacaJanuari 23, 2020

Jadi Wisata Premium, Ini Konsep Penataan Kawasan Waterfront Labuan Bajo

RumahCom-Labuan Bajo di Pulau Flores adalah salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia. Ke depannya akan ada kegiatan penataan Kawasan Waterfront. Artinya, ada perubahan wajah baru di Kawasan ini.

Lanjutkan membacaJanuari 24, 2020

Mudah Cari KPR Subsidi, Ini Aplikasinya

RumahCom-Masyarakat sudah bisa mencari KPR Subsidi melalui aplikasi yang pemerintah sediakan. Tak hanya itu, aplikasi ini memberikan informasi secara real-time produk properti yang disediakan oleh pen

Lanjutkan membacaJanuari 23, 2020

Masukan