Cara Mudah Membuat Rumah Tetap Nyaman di Segala Cuaca

Wahyu ArdiyantoOktober 1, 2020

Cara membuat rumah tetap nyaman di segala cuaca

RumahCom – Indonesia memiliki 2 musim, yakni hujan dan kemarau. Namun saat ini perubahan musim tidak begitu pasti. Terkadang musim panas bisa sangat panjang baru kemudian musim hujan atau bahkan sebaliknya. Tidak jarang bahkan saat musim panas namun hujan tiba-tiba muncul begitu saja.

Perubahan cuaca yang tidak menentu tersebut tentu berpengaruh besar pada kondisi rumah Anda. Tingkat kerusakan rumah akan semakin tinggi akibat kondisi cuaca yang tidak menentu. Hal ini tentu saja membuat Anda harus melakukan antisipasi dan langkah persiapan yang tepat.

Tujuannya agar rumah bisa bertahan dari segala cuaca, baik itu saat hujan maupun panas. Berikut ini adalah cara mudah yang bisa dilakukan untuk melindungi rumah dari perubahan cuaca.

1. Pasang jendela yang tepat

1. Pasang jendela yang tepat

Jika jendela rumah Anda sudah cukup lama dan rapuh, maka sebaiknya segera diganti. Pastikan juga jendela bisa tertutup dengan baik dan rapat. (Foto: Unsplash.com)

Pada musim hujan terkadang terjadi badai yang cukup kencang. Hal ini mengakibatkan rumah diterpa angin yang kencang. Jendela yang tidak kokoh akan rentan rusak dan membuat angin serta air hujan masuk ke dalam rumah. Masalah ini tentu membahayakan rumah Anda yang bisa berakibat pada masalah listrik bahkan melukai penghuni rumah.

Jika jendela rumah Anda sudah cukup lama dan rapuh, maka sebaiknya segera diganti. Pastikan juga jendela bisa tertutup dengan baik dan rapat. Selain itu jendela sebaiknya ditambah lapisan untuk insulasi. Tujuannya agar kondisi rumah tidak terlalu panas atau dingin.

2. Perbaiki kebocoran rumah

2. Perbaiki kebocoran rumah

Segera perbaiki rumah yang bocor agar air tidak masuk ke dalam rumah. (Foto: Unsplash.com)

Rumah yang bocor kerap kali menjadi sumber masuknya air pada musim hujan. Hal ini tentu berbahaya jika air yang masuk mengenai instalasi listrik di rumah Anda. Oleh karena itu segera perbaiki rumah yang bocor agar air tidak masuk ke dalam rumah.

Anda bisa melakukannya dengan mengganti atap atau melakukan penambalan. Dengan begitu air tidak masuk lagi ke dalam rumah.

3. Insulasi yang baik

3. Insulasi yang baik

Bagian rumah yang dapat diinsulasi biasanya adalah atap, jendela, pintu, dan dinding rumah. (Foto: Unsplash.com)

Insulasi merupakan cara yang tepat untuk membuat rumah menjadi tetap hangat di musim dingin dan tidak terlalu panas di musim panas. Insulasi bekerja dengan menahan panas pada bagian rumah yang dipasang alat insulator. Anda bisa menggunakan cara ini agar tetap nyaman saat musim hujan maupun musim panas.

Bagian rumah yang dapat diinsulasi biasanya adalah atap, jendela, pintu, dan dinding rumah. Anda bisa menggunakan bahan insulator yang diaplikasikan pada bagian-bagian rumah tersebut.

4. Menjaga suhu ruangan secara ideal

4. Menjaga suhu ruangan secara ideal

Manfaatkan jendela, pintu, dan ventilasi udara agar udara segar bisa masuk. Cara ini bisa mengurangi penggunaan AC secara signifikan. (Foto: Unsplash.com)

Ada banyak cara untuk membuat suhu di dalam rumah tetap ideal. Mulai dari memasang pendingin udara seperti kipas angin hingga AC, atau memasang thermostat yang bisa mengatur suhu ruangan secara otomatis. Jadi Anda tidak perlu lagi mengubah pengaturan suhu ruangan terus menerus dengan keberadaan thermostat.

Namun penggunaan pendingin udara seperti AC tentu tidak baik jika digunakan setiap saat. Ada kemungkinan gangguan kesehatan yang muncul akibat penggunaan AC secara non stop. Oleh karena itu Anda perlu beralih pada metode lain. Misalnya memanfaatkan jendela, pintu, dan ventilasi udara agar udara segar bisa masuk. Cara ini bisa mengurangi penggunaan AC secara signifikan.

5. Menambah penghangat ruangan

5. Menambah penghangat ruangan

Anda bisa menggunakan penghangat ruangan saat cuaca dirasa terlalu dingin di dalam rumah. (Foto: Unsplash.com)

Ada kalanya cuaca yang dingin yang begitu ekstrim bisa terjadi. Hal ini tentu sulit untuk diprediksi, sehingga Anda harus melakukan langkah persiapan yang tepat. Salah satunya adalah penghangat ruangan. Anda bisa menggunakan penghangat ruangan saat cuaca dirasa terlalu dingin di dalam rumah. Anda dan keluarga pun tetap nyaman walau kondisi cuaca sangat dingin.

Sumber: Greenoptimistic.com

Mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pemerintah Sebut Empat Keuntungan Kawasan TOD

RumahCom – Keterbatasan lahan di wilayah perkotaan membutuhkan pengembangan secara vertikal. Bukan hanya itu, kawasan hunian perkotaan juga harus diintegrasikan dengan sarana transportasi untuk menc

Lanjutkan membacaSeptember 30, 2020

Bank Ini Kembali Disuntik Rp5 Triliun Untuk Perbesar Pembiayaan Perumahan

RumahCom – Pemerintah kembali memberikan tambahan penempatan dana untuk Bank BTN sehingga bisa menyalurkan kredit perumahan (KPR) yang lebih besar lagi. Pembiayaan perumahan menjadi salah satu strat

Lanjutkan membacaSeptember 30, 2020

Akses Perumahahan Harus Juga Menjamin Kalangan Disabilitas

RumahCom – Akses ke sarana perumahan termasuk aksesibilitas pembiayaan perumahan harus memerhatikan juga penyandang disabilitas. Ini sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) sebagai aturan dari UU No

Lanjutkan membacaSeptember 30, 2020

Masukan