70 Persen Rumah Komersial Rata-rata Ada Di 4 Kota Besar Saja

Boy LeonardOktober 2, 2020

Developer Ini Bikin Kota Mandiri Baru Di Bogor, Apakah Itu

RumahCom – Real Estate Indonesia (REI) menyatakan, 70 persen dari pangsa pasar rumah komersial masih terkonsentrasi di empat kota metropolitan.

“Untuk rumah komersial memang saat ini masih berkembang, 70 persennya di empat kota metropolitan, antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Sekitar 70 persen pangsa pasar rumah komersial terdapat di empat kota ini,” ucap Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Tata Ruang dan Pengembangan Kawasan DPP REI, Hari Ganie dalam seminar daring di Jakarta, sebagaimana dikutip dari Antaranews.com, Jumat, 2 Oktober 2020.

Hari melanjutkan, untuk 20 persen pangsa pasar rumah komersial lainnya berada di kota-kota yang memiliki pertumbuhan ekonomi rata-rata di atas pertumbuhan ekonomi nasional, seperti Bogor, Tangerang, Bekasi, Makassar, dan Balikpapan.

Sementara 10 persen sisanya terkonsentrasi di kota-kota yang sumber daya alamnya relatif kuat seperti Palembang, Pontianak, dan Cirebon.

Selain itu, Wakil Ketua Umum REI tersebut pun menambahkan, terkait rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), para pengembang yang tergabung dalam REI rata-rata membangun rumah MBR sekitar 150 ribu-200 ribu unit per tahun. Sedangkan untuk rumah komersial rata-rata sekitar 100 ribu-150 ribu unit per tahun.

“Kalau untuk rumah MBR (subsidi) persebaran lokasinya relatif merata,” ujar Hari.

REI sendiri mencatat, tahun 2019 para pengembang perumahan telah membangun rumah MBR sebanyak 177.248 unit.

Dari jumlah tersebut, Jawa Barat merupakan provinsi dengan rumah MBR terbanyak yakni 34.371 unit, diikuti Sumatera Selatan sebanyak 28.752 unit, Kalimantan Barat sebanyak 11.710 unit, dan Jawa Timur sebanyak 10.198 unit.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi  seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah!

Sumber foto utama: Pixabay.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ritel Properti Komersial Turun 0,05%

RumahCom – Hasil survei triwulan II-2016 Bank Indonesia menunjukkan indeks harga properti komersial tercatat sebesar 167,66, lebih rendah dibandingkan 167,78 di triwulan I-2016, atau mengalami penur

Lanjutkan membacaAgustus 25, 2016

BI Catat Peningkatan Demand Properti Komersial

RumahCom – Indeks permintaan terhadap properti komersial pada triwulan IV-2016 tercatat naik sebesar 128,71 atau sebesar 0,39% (qtq), namun melambat dibandingkan pertumbuhan sebesar 0,46% pada triwu

Lanjutkan membacaFebruari 28, 2017

Tiga Konstruksi Tol Dibangun Di Tangerang Selatan, Ini Dampaknya Untuk Kawasan

RumahCom – Kementerian PUPR meresmikan pembangunan tiga jalan tol di wilayah Tangerang Selatan. Jalan tol ini memiliki banyak fungsi selain untuk memperlancar arus lalu lintas juga untuk antisipasi

Lanjutkan membacaOktober 2, 2020

Masukan