Begini Caranya Mengusir Nyamuk dari Rumah

Oktober 5, 2020

RumahCom – Salah satu hewan yang paling mengganggu di rumah adalah nyamuk. Cara untuk mengusir nyamuk bisa menggunakan bahan kimia, alami, hingga selalu menjaga kebersihan.

Nyamuk menjadi hewan yang paling banyak tidak disukai di rumah. Kehadiran nyamuk memang sangat mengganggu, terlebih gigitannya yang bisa membuat kulit menjadi kemerahan, bentol, gatal, hingga menyisakan bekas yang sulit hilang. Selain itu, nyamuk juga menjadi salah satu penyebab penyakit mematikan seperti demam berdarah, malaria, ataupun virus zika.

Membasmi nyamuk perlu dilakukan untuk melindungi diri dan keluarga. Jika dibiarkan tentu akan menyebabkan gangguan kesehatan yang cukup fatal. Ada banyak cara yang dinilai ampuh dalam membasmi nyamuk di rumah. Berikut merupakan cara yang tepat untuk membasmi nyamuk yang bisa Anda lakukan.

1. Usir Nyamuk dengan Bahan Kimia

(Foto: Pexels.com)

(Foto: Pexels.com)

Jika Anda ingin memastikan Anda dan keluarga tetap bebas dari gigitan nyamuk, maka cara yang paling efektif adalah dengan bahan kimia pengusir nyamuk. Biasanya, bahan kimia pengusir nyamuk mengandung 30%-50% DEET untuk orang dewasa dan 10%-30% untuk anak di atas usia 2 bulan.

Pengusir nyamuk berbahan kimia terbukti paling efektif membasmi nyamuk di rumah. Beberapa bentuk pengusir nyamuk ada yang dilakukan dengan cara semprot, dibakar, elektrik, bahkan dioles pada kulit. Namun penggunaan bahan kimia tentu harus mengikuti aturan pakai. Selain itu jauhkan bahan-bahan kimia tersebut dari makanan dan jangkauan anak-anak.

2. Gunakan Kelambu Untuk Mengusir Nyamuk

(Foto: Unsplash.com)

(Foto: Unsplash.com)

Jika Anda tinggal di daerah yang banyak nyamuk dan memiliki anak kecil, maka kami sarankan menggunakan kelambu yang dipasang di area tempat tidur. Kelambu bisa melindungi bayi dengan usia kurang dari 2 bulan dari gigitan nyamuk yang berbahaya.

Jangan sekali-kali Anda menggunakan produk kimia pada bayi apapun alasannya. Karena bagi bayi produk kimia dianggap berbahaya dan harus dihindari. Jadi sebaiknya menggunakan kelambu untuk mencegah nyamuk masuk dan menggigit anak Anda.

3. Usir Nyamuk dengan Bahan Alami

(Foto: Pixabay.com)

(Foto: Pixabay.com)

Sebagian orang mungkin tidak suka dengan bahan kimiawi, mereka jauh lebih memilih menggunakan bahan alami untuk membasmi nyamuk. Selain jauh lebih aman, bahan alami biasanya lebih mudah sehat dan tidak memberi efek samping. Bagi Anda yang suka menggunakan bahan kimia, bisa membasmi nyamuk menggunakan minyak esensial. Penting untuk diperhatikan bahwa pengusir nyamuk alami mungkin efektif dalam mencegah datangnya nyamuk.

Beberapa bahan alami yang biasa digunakan seperti lavender. Bahan ini sudah banyak digunakan pada banyak produk pengusir nyamuk. Anda bisa menempatkan bunga lavender pada area yang paling banyak di rumah. Ada banyak bahan alami lain yang bisa Anda gunakan. Misalnya ada geranium, serai, hingga peppermint.

4. Gunakan Pakaian yang Tepat

(Foto: Pixabay.com)

(Foto: Pixabay.com)

Pakaian yang Anda gunakan juga berperan dalam melindungi diri dari nyamuk di rumah. Untuk menghindari nyamuk secara efektif, Anda harus menggunakan pakaian yang mampu menutupi seluruh bagian kulit, seperti pakaian lengan dan celana yang panjang. Pakaian jenis ini efektif melindungi Anda dari gigitan nyamuk baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Hindari pakaian berwarna gelap seperti hitam, biru tua, merah ataupun hijau karena pakaian gelap di cuaca hangat membuat nyamuk tertarik pada tubuh yang hangat. Hal ini menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak keringat dan gas yang disukai nyamuk. Disarankan juga untuk segera mandi dan mengganti baju setelah melakukan aktivitas berat yang membuat Anda berkeringat. Tujuannya agar nyamuk tidak muncul dan mengganggu Anda.

Sumber: Mosquitosquad.com

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

70 Persen Rumah Komersial Rata-rata Ada Di 4 Kota Besar Saja

RumahCom - Real Estate Indonesia (REI) menyatakan, 70 persen dari pangsa pasar rumah komersial masih terkonsentrasi di empat kota metropolitan."Untuk rumah komersial memang saat ini masih berkembang,

Lanjutkan membacaOktober 2, 2020

Inilah Penyebab Kebakaran di Rumah dan Cara Mencegahnya

RumahCom - Ada berbagai macam penyebab kebakaran di dalam rumah. Melakukan pemeriksaan secara rutin pada alat-alat yang berpotensi menyebabkan kebakaran adalah salah satu cara mencegah terjadinya keba

Lanjutkan membacaOktober 2, 2020

Cara Mencegah Kebakaran di Rumah

RumahCom - Kebakaran di rumah bisa dicegah dengan memasang detektor asap, melakukan pemeriksaan secara rutin pada rumah, hingga menjauhkan benda yang mudah terbakar dari kompor atau alat lain yang men

Lanjutkan membacaOktober 2, 2020

Ini yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membuat Sauna di Rumah

RumahCom - Membangun sauna di rumah tentu sangat menarik. Namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan mulai dari lokasi hingga material yang akan digunakan.Bagi sebagian orang, memanjakan diri u

Lanjutkan membacaOktober 2, 2020

Masukan